Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pemprov Jambi Berikan Bantuan Alsintan Kepada Petani Padi Sawah Muarojambi

Gubernur Jambi H Zumi Zola mencoba mesin pemanen padi sawah disela-sela acara Panen Raya Padi Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahap III Tahun 2017, bertempat di Desa Pematang Pulai Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi, Senin (11/9/2017) siang. Humas
Jambipos Online, Muarojambi- Pemerintah Provinsi Jambi melalui Gubernur Jambi H Zumi Zola memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada petani padi sawah Muarojambi. Pemberian itu diserahkan secara simbolis kepada Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro. 

Alsintan yang diserahkan Gubernur Jambi itu akan diserahkan kepada kelompok tani, berupa: 12 unit hand tractor, 10 unit pompa air, 3 unit cultivator, 3 unit combine harvester, dan 1 unit traktor roda 4. 

Penyerahan dilakukan disela-sela acara Panen Raya Padi Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahap III Tahun 2017, bertempat di Desa Pematang Pulai Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi, Senin (11/9/2017) siang. (Baja Juga: Zola Panen Raya Padi di Muarojambi)

Pemberian bantuan yang dilakukan Provinsi Jambi ini, merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas para petani, sehingga berimbas pada meningkatnya kesejahteraan para petani yang ada di Provinsi Jambi. 

Sementara Hj Masnah Busro,SE menyampaikan, panen raya padi seluas lebih kurang 150 hektare dengan 500 hamparan ini merupakan hasil kerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui SLI, dengan adanya SLI ini membuat masyarakat menjadi terbantu dalam mengetahui musim hujan dan musim kemarau yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan bercocok tanam. 

“Alhamdulilllah, hasil panen padi pada tahun ini juga meningkat berkat SLI yang diselenggarakan oleh BMKG, dari hasil yang biasanya 3 ton per hektare, menjadi 5 – 6 ton per hektarenya. Jadi, SLI ini sangat membantu sekali bagi petani, khususnya petani di Desa Pematang Pulai ini,” ujar Masnah. 

Acara panen raya padi bersama masyarakat Desa Pematang Pulai turut dihadiri Deputi Klimatologi BMKG RI, Drs R Mulyono Rahadi Prabowo,M Sc, Direktur Jenderal Irigasi Kementerian Pertanian RI, Ir Tunggul Iman Panudji,M.Sc, Kepala Stasiun Klimatologi Jambi, Syafrinal SH. (JP-Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar