Home » , » Ketua Ombudsman: Seleksi CPNS Tingkatkan Kepercayaan Publik

Ketua Ombudsman: Seleksi CPNS Tingkatkan Kepercayaan Publik

Written By jambipos-online on Thursday, September 21, 2017 | 10:34

Proses Pengumuman Hasil Tes Ujian di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi Saat Tes dasar CPNS Kanwilhumham Prov Jambi baru-baru ini. Hasil ujian peserta langsung ditayangkan langsung disebuah monitor secara online. Photo Asenk Lee Saragih.
Jambipos Online, Jakarta- Ketua Ombudsman Amzulian Rifais mengatakan bahwa sistem seleksi CPNS yang dilakukan lima tahun terakhir sudah menunjukkan perbaikan. Dengan perbaikan tersebut, kata Rifai, rekrutmen CPNS menjadi kredibel. 

"Sudah mulai muncul kepercayaan masyarakat terhadap rekrutmen CPNS," ujarnya dalam pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur di Jakarta, Rabu (20/9/2017). 

Amzulian Rifai yang didampingi Anggota ORI Alvin Lie merupakan tamu Menteri PANRB pertama yang diterima di Command Center, sejak dilaunching beberapa waktu silam. Kunjungan ini dilakukan untuk mempererat kerjasama antara kedua belah pihak khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di tanah air. 

"Terima kasih atas respon positif bekerjasama untuk LAPOR,” ujar Menteri Asman. 

Dalam kesempatan itu, Menteri Asman didampingi oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Rini Widyantini, Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmadja dan sejumlah pejabat eselon I dan II Kementerian PANRB. 

Menteri Asman mengatakan, dengan menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT), pelaksanaan seleksi CPNS kini semakin objektif, transparan dan bebas dari KKN. 

"Saya yakin sudah tidak ada celah lagi untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktek percaloan," tegas Asman. 

Ketua Ombudsman Amzulian Rifai menambahkan, untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik, harus dilakukan perbaikan birokrasi. Menurut Rifai, tidak mungkin memperbaiki pelayanan publik tanpa memperbaiki birokrasi. 

"Pemerintah mempunyai tantangan besar untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Disamping memperbaiki kualitas SDM, rekrutmen CPNS yang berjalan dengan baik juga akan mengubah stigma negatif masyarakat," pungkas dia. (JP)

Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos