Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Jokowi Puji Keragaman Kerajaan Nusantara

 19 September 2017. Foto: Biro Pers Setpres,
Jambipos Online-Indonesia adalah negara dengan jejak sejarah peradaban yang besar dan gemilang. Sejarah mencatat kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Samudera Pasai, Demak, Mataram, Maluku, dan lain-lain. 

Semuanya mewariskan kepada kita bukan hanya nilai adiluhung, tetapi juga cipta dan karya seni budaya. Naskah-naskah kuno, benda-benda pusaka, dan juga aset-aset budaya lainnya yang tidak ternilai harganya. 

Kepada para sultan, raja, pangeran, permaisuri, serta pemangku adat keraton yang mengikuti Festival Keraton Nusantara di Kota Cirebon 19 September 2017, saya berharap agar aset-aset budaya itu dijaga dan dirawat dengan baik. 

Jangan sampai kita justru ke luar negeri untuk mengapresiasi karya-karya adiluhung itu. Banyak negara yang sektor pariwisatanya berkembang pesat hanya dengan mengangkat kekayaan tradisinya, narasi atau cerita yang menarik tentang daerah itu. 

Padahal, peninggalan kita jauh lebih bagus. Masalahnya karena kita kurang merawatnya, kurang bagus cara mengemasnya. Aset-aset keraton Nusantara seharusnya bisa memberikan kesejahteraan bukan hanya bagi para sultan tetapi juga bagi masyarakat di sekitar keraton, dari Sabang sampai Merauke. (FB: Presiden Joko Widodo)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar