Home » , » Jambi Himpun Dana Rp 418 Juta untuk Etnis Rohingya

Jambi Himpun Dana Rp 418 Juta untuk Etnis Rohingya

Written By jambipos-online on Monday, September 11, 2017 | 18:50


Salah satu ibu pengungsi Rohingya menidurkan bayinya di bawah tenda setelah tiba di kamp pengungsian dekat Teknaf, Bangladesh, 5 September 2017. (AFP/K.M Asad)
Jambipos Online, Jambi-Aksi solidaritas berbagai elemen atau komunitas masyarakat Jambi untuk etnis Rohingya di Myanmar berhasil menghimpun bantuan atau donasi sekitar Rp 418 juta. Bantuan tersebut bersumber dari penggalangan dana dari masyarakat umum yang dihimpun di jalan raya dan dari sumbangan berbagai komunitas. Bantuan dana untuk etnis Rohingya tersebut sudah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. 

Pengiriman bantuan tersebut kepada etnis Rohingya diserahkan kepada Pemerintah Pusat. Ketua Persatuan Umat Buddha Jambi, Rudi di Jambi, Sabtu (9/9/2017) menjelaskan, umat Buddha dan Yayasan Kesejahteraan Sentosa Buddha Jambi berhasil menghimpun dana bantuan untuk etnis Rohingya sebesar Rp 150 juta. Sekitar Rp 100 juta sumbangan tersebut sudah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi seusai zikir dan doa bersama untuk etnis Rohingya di Masjid Agung Al-Falah Kota Jambi, Jumat (8/9) sore. 

Sedangkan Rp 50 juta bantuan umat Buddha Jambi untuk etnis Rohingya tersebut diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. “Kami menyerahkan bantuan tersebut kepada Pemprov Jambi dan Pemkot Jambi sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia mendukung dan membantu penyelesaian konflik Rohingya,” kata Rudi. 

 Sementara itu, Gubernur Jambi, Zumi Zola pada zikir dan doa bersama untuk etnis Rohingya di Masjid Agung Al-Falah Kota Jambi, Jumat sore mengatakan, total sumbangan berbagai elemen masyarakat Jambi untuk etnis Rohingya yang terhimpun selama beberapa hari terakhir sudah mencapai Rp 418 juta. 

“Sumbangan untuk etnis Rohingya tersebut masih bertambah karena berbagai elemen masyarakat di Jambi masih terus melakukan aksi solidaritas terhadap etnis Rohingya,”katanya. 

Menurut Zumi Zola, sumbangan yang dihimpun Pemprov Jambi untuk etnis Rohingya mencapai Rp 100 juta. Kemudian Pemprov Jambi juga menerima sumbangan dari umat Buddha Jambi sekitar Rp 100 juta. Berbagai elemen masyarakat Jambi, baik itu organisasi keagamaan, kepemudaan, mahasiswa, dan sekolah juga berhasil menghimpun sumbangan untuk etnis Rohingya hingga Rp 170 juta. 

 “Saya mengapresiasi tingginya kepedulian seluruh elemen masyarakat Jambi membantu etnis Rohingya yang mengalami tindak kekerasan di Myanmar. Penggalangan dana dan aksi solidaritas terhadap etnis Rohingya bisa terus dilakukan. Namun konflik di Myanmar tersebut saya harapkan tidak sampai mengganggu kerukunan umat beragama di Jambi,” kata Zumi. (JP-SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos