Home » , , » Pemprov Jambi Gelontorkan Dana Bansos Rp 1,2 Miliar untuk Bangun Asrama TNI yang Terbakar

Pemprov Jambi Gelontorkan Dana Bansos Rp 1,2 Miliar untuk Bangun Asrama TNI yang Terbakar

Written By jambipos-online on Tuesday, August 22, 2017 | 16:16


Sekda Provinsi Jambi Erwan malik saat menyerahkan bantuan.
Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Provinsi Jambi menggelontorkan dana bantuan sosial (bansos) senilai Rp 1,2 Miliar untuk membangun kembali Asrama TNI di kawasan Beringin, Pasar atau persisnya di depan Masjid Agung Alfalah, Kota Jambi, yang terbakar, Selasa (22/8/2017). Dari kerugian yang didata Dinas PUPR Provinsi Jambi, bedeng lima pintu yang ludes terbakar diperkirakan mencapai Rp 1,2 miliar. 

Gubernur Jambi Zumi Zola yang mendengar peristiwa tersebut itu ikut prihatin dan memerintahkan Pj Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik untuk menghitung jumlah kerugian dan segera memberikan bantuan. 

“Pak Gubernur mendengar asrama TNI Benteng ini terbakar, beliau langsung memerintahkan saya untuk turun langsung ke lokasi dan mempertanyakan apa saja yang dibutuhkan oleh korban kebakaran,” kata Erwan Malik, Selasa (22/8/2017) saat memberikan bantuan. 

Kata Erwan Malik, Pemprov Jambi akan membantu membangun kembali asrama yang hangus terbakar dengan menggunakan dana APBD. 

“Usai menghitung secara global oleh teknisi dari Dinas PUPR Provinsi Jambi, kerugiannya mencapai sekitar Rp. 1,2 miliar. Pak Gubernur memerintahkan saya untuk membantu rehap ini Mudah-mudahan dalam waktu satu atau dua bulan ini, sudah ada aksinya (membangun). Dananya kurang lebih Rp. 1,2 miliar. Tadi hitungan dari PU maksimal Rp. 1,2 miliar. Kita ambil dari dana APBD, Bansos,” ujar Erwan. 

Pemprov Jambi pada kesempatan itu juga memberikan bantuan kepada korban kebakaran, seperi makanan siap saji, dan pakaian serta bantuan lainnya. 

Pj Sekda juga didampingi oleh Asisten III Saipuddin, Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf Jasman Bangun, Kasdim 0415/Batanghari Mayor Benny, Kepala BPBD Provinsi Jambi Bayu dan unsur lainnya. 

Kronologis Kebakaran 

Koronoligis Asrama TNI di kawasan Beringin, persis di depan Masjid Agung Alfalah, Kota Jambi, ludes terbakar diamuk si jago merah, Selasa (22/8/2017) sekitar Pukul 10.00 WIB. 
 
Belum diketahui secara pasti penyebab asal api, sehingga lima pintu yang dihuni anggota TNI habis terbakar meski dalam guyuran hujan di Kota Jambi dan sekitarnya. Api baru diketahui sekitar pukul 10.00 WIB dan sudah mengepul asap hitam yang tinggi. 

Sejumlah korban yang panik langsung berhamburan keluar rumah menyelamatkan harta benda yang bisa dibawa. Beruntung petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), Kota Jambi yang mendapatkan laporan segera meluncur ke lokasi kejadian. 

Setidaknya lima unit mobil damkar dikerahkan petugas. Dibantu warga sekitar, termasuk sejumlah anggota TNI, baik dari Kodim 0415/Batanghari dan Korem 042/ Garuda Putih Jambi. 

Satu jam kemudian api berhasil dijinakkan. Kabid Operasional dan Penyelamatan Damkar, Kota Jambi Darmawi, belum bisa memastikan asal api. Tapi diduga akibat korsleting listrik dari salah satu rumah. 

“Kerugian mencapai miliaran Rupiah. Ada tangan dari salah satu anggota TNI mengalami luka bakar akibat kejadian ini,” kata Darmawi. (JP-04)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos