Home » , » Menuju Koperasi dan UKM Berkualitas Serta Berprestasi

Menuju Koperasi dan UKM Berkualitas Serta Berprestasi

Written By jambipos-online on Wednesday, August 23, 2017 | 17:56

Sejalan Visi-Misi Jambi Tuntas 2021 


Jambipos Online, Jambi- Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi menuju koperasi dan UKM berkualitas serta berprestasi seiring dengan Visi-Misi Jambi Tuntas 2021. 

Tema Kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018 hingga 2021 “JAMBI TUNTAS: MENUJU KOPERASI BERKUALITAS DAN BERPRESTASI. Program prioritas TERWUJUDNYA SATU KECAMATAN, SATU KOPERASI dan UKM BERKUALITAS DAN BERPRESTASI. 

Konsep ini diselaraskan dengan potensi unggulan lokal yang ada di sebelas Kabupaten/Kota dan berbasis unggulan daerah, komoditi ekspor, berdaya saing, menyerap tenaga kerja dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan Provinsi Jambi. 

Insha Allah, target akan tercapai, di Tahun Akhir Pemerintahan Jambi Tuntas 2021, yang mana saat ini sudah terbentuk 141 Koperasi yang tersebar di sebelas Kabupaten/Kota, minimal satu kecamatan satu Koperasi berkualitas dan berprestasi. 

Pada prinsifnya, sesuai arahan Bapak Gubernur Jambi, “Kita tidak perlu kuantitas ( baca : Jumlah unit ), akan tetapi lebih penting yang berkualitas dan berprestasi”. 

Koperasi berprestasi menurut Gubernur adalah yang memiliki corre business atau bisnis inti dan berdaya saing, khususnya menghadapi era globalisasi. 

Untuk program ini kita harus kejar tayang, pada Triwulan IV sisa Anggaran, DIPA Tahun 2017, paling sedikit sudah tebentuk 10 Koperasi, dengan target harus berkualitas dan berprestasi. 

Gerakan KOPERASI TUNTAS ini, perdananya adalah terbentuknya Koperasi Karet “KUMPON JAYA TUNTAS” pada Selasa, 22 Agustus 2017, di Desa Lubuk Sibontan, Kecamatan Muaro Pepalik, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan program unggulan Hilirisasi komuditi Karet. 

Selanjutnya Target diarahkan ke Wilayah Barat Provinsi Jambi yaitu di Kecamatan Gunung Raya, dan Bukit Kerman, Kabupeten Kerinci. Kedua Kecamatan ini bersentuhan secara langsung dengan DESA WISATA Provinsi Jambi. 

Pada dua kecamatan ini juga, akan kita bentuk koperasi yang berbasis potensi unggulan lokal yaitu komuditi holtikultura dengan corre bisnis Kayumanis. 

Ke depan kita akan bina pelaku usaha yang berbasis pada produk turunan kayoemanis, seperti obeng gigi, aneka souvinir, aneka makanan kering, beras payo, saus tomat, dan aneka produk lainnya. 

Sinergitas, sherring program bersama, Organisasi Perangkat Daerah baik provinsi, maupun dengan OPD Koperasi Kabupaten/Kota, bahkan dengan semua pihak yang berkompeten adalah kata kuncinya. 

Program prioritas ini kita luncurkan bukan berarti kita meninggalkan Koperasi yang sudah ada, cuma saja program ini merupakan pailot projet JAMBI TUNTAS menuju Koperasi berkualitas dan berprestasi. 

Melalui bidang kelembagaan dan Perizinan, Bidang Pemberdayaan dan Bidang UKM terus diupayakan membentuk Koperasi yang baru, mengaktifkan kembali yang sudah beku, memberdayakan melalui peningkatan kualitas SDM pengurus, pengelola dan pengawas dan peningkatan live skill pelaku usaha melalui program Bina UKM. 

Kita berharap ke depan, angka koperasi yang tidak aktif di Provinsi Jambi secara kuantitatif akan menurun. Semoga. (Penulis: Drs. Harmen Rusdi, ME-Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos