Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Drs Syahril Samingin Calon Kuat Sekda Kota Jambi

Enam Calon Paparkan Program
 
Drs Syahril Samingin.
Jambipos Online, Jambi- Drs Syahril Samingin yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pemerintah Kota Jambi dan mantan Kadispenda Kota Jambi diprediksi calon kuat untuk menjadi Sekda Pemkot Jambi. 

Menurut sumber Jambipos Online, Drs Syahril Samingin sudah penuh pengalaman bidang birokrasi dan juga manejerial birokrasi. Dia sukses menjadi Kadispenda Kota Jambi yang meningkatkan PAD Kota Jambi dari pajak dan retribusi lainnya. 

Kemudian sebagai Kadis UMKM Pemkot Jambi, dia juga melakukan berbagai strategi dan inovasi dalam membina para pelaku Pedagang Kali Lima (PKL) dan pelaku UMKM di Kota Jambi untuk mandiri dalam usaha. 

“Untuk posisi Sekda Pemkot Jambi sangat cocok bagi Syahril Samingin yang sudah berpengalaman dan juga senior dalam pemerintahan. Saya yakin dia mampu menjabat Sekda Kota Jambi untuk memanegeman birokrasi Pemkot Jambi,” ujar sumber ini. 

Sementara itu Ketua Panitia Seleksi Sekda Pemkot Jambi, Syamsyurizal Tan kepada wartawan, terkait dengan tahap seleksi calon Sekda Pemkot Jambi tersebut mengatakan, seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, 6 nama dari 7 orang pendaftar yang sebelumnya telah berhasil lulus seleksi administrasi dan telah mengikuti assessment oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jatinangor, Jawa Barat. 

Selanjutnya enam calon ini kini diwajibkan untuk mengikuti tahapan presentasi makalah dan wawancara. Bertampat di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Jambi, 6 orang calon Sekda Kota Jambi, yaitu Syahril Samingin, Budidaya, Ridwan, Subhi, Masherudin, Erwansyah diwajibkan mempresentasikan makalah yang telah dibuat kepada Tim Panitia Seleksi, Selasa (29/8/2017). 

Secara bergantian dihadapan Tim Pansel, mereka mempresentasikan stretegi dan pemikirannya dalam bentuk makalah yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi jabatan sebagai seorang Sekda Kota Jambi. 

Seluruh peserta yang mengikuti tahapan tes tersebut, dinilai kemampuan terbaiknya dalam tehnik mempresentasikan makalah, penyajian materi, sistematika dan alur pikir dalam penyajian makalah, keterkaitan substansi makalah dengan tupoksi sebagai seorang Sekda, serta efektifitas dalam penggunaan waktu. 

Selain presentasi makalah, pada hari itu juga seluruh peserta juga langsung menghadapi tahapan wawancara dengan Tim Pansel. Dari hasil wawancara, akan diketahui dan dinilai kemampuan terbaik dalam bidang penganggaran, kepegawaian/SDM, legislasi, maupun keseimbangan kemampuan birokrasi dan wawasan lainnya. 

Sebagai seorang calon Sekda Kota Jambi, salah satu kota besar yang memiliki segudang kompleksitas dan tantangannya, tentu saja seorang Sekda sudah tentu akan menjadi andalan dalam mendampingi tugas Kepala Daerah sesuai dengan tupoksinya. Oleh karena itu, kompetensi tambahan mutlak dimiliki oleh seorang Sekda di Kota Jambi. 

Untuk menjawab tantangan tersebut, dalam sesi presentasi mengemukan, Syamsulrizal Tan sebagai Ketua Pansel lebih menekankan sesi wawancara pada aspek Best Practice yang akan diimplementasikan oleh seluruh peserta dalam menjalankan tugasnya dimasa yang akan datang. 

Selain itu, Syamsulrizal Tan juga melayangkan pertanyaan dalam bahasa Inggris kepada peserta dan tentu saja, wajib dijawab dengan penguasaan bahasa internasional ini. (JP-Asenk Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar