Home » , , » Zumi Zola: Halalbihalal Adalah Tradisi Baru Pemprov Jambi

Zumi Zola: Halalbihalal Adalah Tradisi Baru Pemprov Jambi

Written By jambipos-online on Friday, July 21, 2017 | 23:25


Jambipos Online, Muarojambi-Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menyampaikan bahwa Halalbihalal yang dirangkai dengan Tabligh Akbar merupakan tradisi baru Pemerintah Provinsi Jambi dalam menjalin silaturahmi dengan masyarakat. Acara Halalbihalal hanya ada di Indonesia, di negara Saudi Arabia pun tidak ada kebiasaan Halalbihalal. 

Kegiatan Halalbihalal merupakan sebuah tradisi yang telah dilakukan oleh pendahulu-pendahulu kita yang terus dilakukan sampai saat ini, dan ini sangat baik sekali untuk saling memaafkan. 

Hal itu disampaikan Gubernur Jambi Zola saat Halalbihalal dan Tabligh Akbar bersama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Muarojambi, bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman, Desa Muara Sebapo, Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi, Jum'at (21/07/2017) sore. 
 
Zola mengatakan, Halal Bi Halal dan Tabligh Akbar yang diadakan di Kabupaten Muarojambi, sama seperti Halalbihalal dan Tabligh Akbar yang telah dilaksanakan di kabupaten/kota lainnya. 

Pada tahun ini, Halalbihalal yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dikemas dengan Tabligh Akbar, dengan mendatangkan penceramah yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jambi untuk memberikan siraman rohani kepada masyarakat Jambi. 

“Halalbihalal adalah momen yang baik untuk kita saling meminta dan memberi maaf kepada sesama, kadang kita tidak menyadari tentang pentingnya arti kata maaf ini," katanya. (Baca: Ini Kata Ustad Zaky Mirza Soal Pancasila)

Katanya, hanya dengan meminta dan memberikan maaf seseorang bisa menjadi penghuni surga seperti yang telah disebutkan dalam salah satu hadits, namun juga dengan tidak melupakan menjalankan segala perintah dari Allah SWT dan meninggalkan apa yang telah dilarang oleh Allah SWT, serta menjadikan Al-Qur'an dan Hadist sebagai pedoman dalam kehidupan sehari hari. 

Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro,SE menyampaikan, acara Halalbihalal dan Tabligh Akbar yang diselenggarakan di Kabupaten Muarojambi merupakan wujud dari silahturahmi dan menjadi penyempurnaan ibadah puasa yang telah dilaksanakan selama satu bulan penuh. 

“Ibadah puasa yang telah kita laksanakan merupakan hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan sekaranglah saatnya kita membina hubungan antara sesama manusia dengan bersilahturahmi untuk saling memaafkan," katanya. 
Disebutkan, agar melalui acara tersebut dapat memberikan manfaat yang besar dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Muaro Jambi, serta tidak menciptakan paham radikal yang bisa menghambat proses pembangunan suatu daerah, khususnya di Kabupaten Muarojambi. 

Dalam memberikan siraman rohani kepada masyarakat Kabupaten Muarojambi, Ustadz Zaki Mirza menyampaikan, untuk selalu meningkatkan kualitas diri sebagai seorang Muslim, terutama dengan meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT dan ibadah sesama manusia. 

Ustadz Zaki menerangkan, dalam hadist riwayat Imam Bukhori, Baginda Rasulullah SAW mengatakan, barang siapa yang menginginkan dua hal yang berharga dan mahal dalam hidup yaitu 1. Barang siapa yang menginginkan rezekinya luas dalam hidup, 2. Barang siapa yang ketika meninggal dunia, kebaikannya tidak akan pernah habis. 

Syarat untuk mendapatkan 2 hal itu cuma satu yaitu menyambung tali silahturahmi. Lebih lanjut, Ustadz Zaki menjelaskan, ada 2 kerukunan dalam hidup ini, yang pertama adalah kerukunan antar umat beragama dan yang kedua adalah kerukunan antar umat seagama, dan semua itu dinaungi dalam sebuah payung yang bernama Pancasila. 

“Kita harus menjaga itu semua untuk menciptakan kehidupan yang damai di negara yang kita cintai ini," ujar Ustadz Zaki. Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno (BBS) beserta istri, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Muarojambi dan ribuan Santriawan/Santriawi dan masyrakat turut hadir dalam acara tersebut.(JP-Lee)
Gubernur Jambi Zola saat Halalbihalal dan Tabligh Akbar bersama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Muarojambi, bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman, Desa Muara Sebapo, Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi, Jum'at (21/07/2017) sore. Humas




 







Gubernur Jambi Zola saat Halalbihalal dan Tabligh Akbar bersama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Muarojambi, bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman, Desa Muara Sebapo, Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi, Jum'at (21/07/2017) sore. Humas
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos