Home » , , , , » Zola Minta Masyarakat Kerinci Sadar Wisata

Zola Minta Masyarakat Kerinci Sadar Wisata

Written By jambipos-online on Thursday, July 27, 2017 | 07:40


Keramahtamahan, Kejujuran, dan Kesopanan Menjadi Kunci



Jambipos Online, Kerinci-Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengajak masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. Zola mengemukakan, keramahtamahan, kejujuran, dan kesopanan masyarakat menjadi kunci untuk membantu mensuksekan wisata Kerinci dan sekitarnya. 

Hal tersebut dikemukakan Zola dalam Pembukaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) XVI Tahun 2017, bertempat di Anjungan di tepi Danau Kerinci, Rabu (26/07/2017). 
Dalam menarik minat wisatawan untuk datang ke Kerinci, Zola ajak masyarakat untuk menanamkan sikap sopan santun, keramahtamahan, dan kejujuran, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh wisatawan yang datang. 

Zola menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui berbagai kegiatan pembangunan termasuk salah satunya melalui pembangunan bidang pariwisata. 
"Kegiatan FMPDK merupakan upaya pemerintah meningkatkan perekonomian masyarakat, berikanlah rasa aman dan nyaman kepada pengunjung yang datang ke Kerinci ini," ajak Zola. Selain itu, Zola menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak keamanan dan penegak hukum yang telah berkerja keras bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen penegak hukum dan masyarakat, yang mana kita ketahui, Provinsi Jambi sampai saat ini masih dikatakan Provinsi relativ aman di Indonesia," ungkap Zola. 

“Tugas kita saat ini adalah bagaimana memberikan rasa aman dan nyaman tersebut, dengan membina masyarakat untuk bersikap sopan santun dan ramah serta jujur kepada tamu yang berkunjung ke daerah kita," sambungnya.

“FMPDK adalah salah satu even kepariwisataan unggulan Kabupaten Kerinci bahkan di Provinsi Jambi yang juga sudah menjadi agenda even nasional sebagai penarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Kerinci sebagai Branding Pariwisata Provinsi Jambi. Mari sama-sama kita jaga kenyamanan para wisatawan yang datang berkunjung ke Kerinci ini," jelas Zola. 
Zola menegaskan, untuk penunjang pariwisata di Kabupaten Kerinci, Pemprov Jambi terus berupaya memperbaiki infrastruktur dengan pelebaran jalan dan pembebasan 30 hektar lahan masyrakat yang masuk dalam pelebaran Bandara Departi Parbo Kerinci. 

"Pemprov sudah anggarkan pembebasan lahan 30 hektar tanah masyarakat untuk Bandara Departi Parbo serta perbaikan infrastruktur jalan semuanya tahun ini akan terus kita kerjakan," terang Zola. 

Zola mengakui, geliat kinerja kepariwisataan di Provinsi Jambi sudah mulai menunjukan hasil yang menggembirakan, ini terlihat dari perkembangan objek dan daya tarik wisata serta even-even yang diselenggarakan, baik berskala nasional maupun Internasional. 
"Saya yakin dan percaya semua ini akan berjalan sebagaimana yang kita harapkan, apabila kita semua bahu-membahu dan berkerja sama dalam meningkatkan citra kepariwisataan daerah Jambi, mulai dari masyarakat, swasta, dan para pejabatnya," tutur Zola. 

“Keanekaragaman etnik dan budaya serta alam yang kita punya, merupakan aset dan potensi daerah yang sangat langka, dan harus kita lestarikan. Diperlukan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan Jambi menjadi daerah tujuan wisata," pungkas Zola.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Provinsi Jambi mewakili Menteri Pariwisata RI, Ikbal Alamsyah menyampaikan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab Kerinci dalam rangka melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Kerinci. 

“Tidak bisa dipungkiri keindahan alam, senibudaya Kerinci sudah menjadi modal utama dalam mengembangkan sektor pariwisata Kerinci. 

Keragaman seni dan budaya Kerinci tidak bisa dipisahkan dengan keunikan dari turun-temurun yang bisa kita pertahankan menjadi khas daerah yang merupakan menjadi bagian keragaman budaya Nusantara dan akan mampu menggerakan perekonomian masyarakat," ujar Ikbal Alamsyah. 

Sebelumnya Bupati Kerinci, Dr.H.Adi Rozal menyampaikan, Sakti Alam Kerinci mempunyai maknai daya pikat ragam budaya banyak sekali, ada bahasa di setiap desa, adat yang masih terpakai setiap hari, adat tale dan nyayi yang dilantunkan oleh pemuda dan pemudi. 

“Masyarakat kerinci pada umumnya banyak yang bertani, dan 40 ribu perantau dengan digalakkan sektor pariwisata diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," sambung bupati. 

Adi Rozal menjelaskan, Kerinci merupakan branding wisata Provinsi Jambi, dengan limpahan kekayaan alam sangat lua rbiasa mulai keindahan Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, ait terjun, Air Panas Semurup, Air Panas Sungai Medang Kubun Teh, Danau,Kerinci, Danau Tujuh, Danau Kaco, Lembah Masurai dan banyak air terjun lainnya. 

“Semua keindahan objek wisata yang dimiliki alam Kerinci mempunyai ciri-ciri khas masing-masing, disamping alam yang indah, Kerinci mempunyai budaya di setiap daerah, baik yang bergerak seperti tari dan silat maupun yang berupa kerajinan dan lukis, lagu dan pantun, itu ada ditengah masyarakat yang mempunyai khas masing-masing,” terang Adi Rozal. 
Usai pembukaan FMPDK, dilakukan pelepasan benih ikan di Danau Kerinci, yakni 30 ribu ikan Semah dan ikan Medik oleh Gubernur Jambi yang didampingi Kapolda Jambi dan Bupati Kerinci. 

Kemudian, gubernur yang didampingi ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola dan rombongan menuju Desa Pulau Tengah dan memberikan bantuan senilai Rp20 juta, dilanjutkan peninjauan pelebaran jalan Pulau Tengah menuju batas Kota Sungai Penuh dengan rigid beton sepanjang 3,2 kilometer. 

Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Kepala OJK Perwakilan Jambi, bupati/walikota atau yang mewakili se Provinsi Jambi, beberapa orang kepala OPD atau yang mewakili dari Pemprov Provinsi Jambi Pemkab Kerinci, putra putri keerinci yang merantau ke Singapura dan Malaysia, serta para undangan lainya turut hadir dalam acara tersebut. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos