Home » , » Kebakaran Hutan Mulai Terjadi di Muarojambi

Kebakaran Hutan Mulai Terjadi di Muarojambi

Written By jambipos-online on Thursday, July 27, 2017 | 14:42

Satgas Karhutla Turunkan Helikopter Water Bombing 
 
Kebakaran Lahan lokasi diseputaran Desa Suko Berajo dan Petanang disekitaran Desa Pematang Raman, Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muarojambi, Kamis (27/7/22017). (Istimewa)
Jambipos Online, Muarojambi-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kini mulai terjadi di Kabupaten Muarojambi tepatnya pada lokasi Koordinat BT 103.55.52-LS 1.29.10. Saat ini, kondisi api masih manyala dan berupaya untuk dipadamkan oleh Satgas Karhutla dengan menurunkan Helikopter “Water Bombing”, Kamis (27/7/2017). 

Kebakaran hutan dan lahan itu diketahui setelah mendapat Informasi dari karyawan PT. Wana Seponjen Indah, dari pantauan menara pemantau api. 

Ada Kebakaran Lahan lokasi diseputaran Desa Suko Berajo dan Petanang disekitaran Desa Pematang Raman, Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muarojambi. Hal ini diutarakan Kasi Kedaruratan BPBD Muarojambi Amril Burhanudin kepada wartawan, Kamis (27/7/22017). 

Menurut dia, saat ini Personil Satgas Kabupaten Muarojambi juga menuju kelokasi dan bantuan Helikopter “Water Bombing” sudah ke lokasi untuk memadamkan api. 

Satgas Karhutla Kabupaten Muarojambi juga meminta bantuan kepada Satgas Karhutla Provinsi Jambi, karena akses jalan darat untuk membawa peralatan sangat kesulitan. Kemudian Satgas Karhutla Provinsi mengirim Helikopter “Water Bombing”. 

Disebutkan, kebakaran lahan sekitar lahan dan hutan itu diperkirakan terjadi Pukul 12:29 WIB. Api diduga akibat pembakaran yang disengaja oleh petai.

Dua Helikopter

Dua Helikopter water bombing di Jambi.
Sebelumnya, status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi yang berakhir pekan lalu diperpanjang kembali mulai Senin (24/7/2017) hingga tiga bulan mendatang. Perpanjangan status siaga darurat karhutla di daerah itu dilakukan menyusul meningkatnya jumlah hot spot (titik api) di daerah itu.

“Jika kebakaran hutan dan lahan di Jambi terus meluas hingga sampai menimbulkan bencana asap, status siaga darurat karhutlah di Jambi sewaktu-waktu bisa ditingkatkan menjadi tanggap darurat karhutla,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Hamdan.

Menurut Hamdan, pihaknya selama dua hari terakhir meningkatkan patroli udara dan pemadaman beberapa hot spot di beberapa kabupaten. Sebanyak tiga unit helikopter water bombing (pengebom air) disiagakan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi mengantisipasi karhutla di daerah itu.

“Satu helikopter dikerahkan memadamkan beberapa hot spot di Kabupaten Tebo, Senin (24/7) lalu. Rencananya helikopter tersebut juga dikerahkan memadamkan beberapa hot spot di Kabupaten Batanghari, Muarojambi," ujarnya.

Dijelaskan, berdasarkan pantauan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, jumlah hot spot di Jambi meningkat dua hari terakhir. 

Sejak Minggu, terpantai puluhan hot spot di Jambi. Titik api tersebut tersebar di Kabupaten Tebo, Bungo, Muarojambi, Tanjungjabung Barat dan Batanghari. (JP-04)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos