Home » , » Gubernur BI Resmikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Utara

Gubernur BI Resmikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Utara

Written By jambipos-online on Monday, July 31, 2017 | 15:14

Jambipos Online, Tarakan-Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo, meresmikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (KPw BI Kaltara). Peresmian dilakukan Jumat (28/7/2017), di Tarakan, Kalimantan Utara. Keberadaan Bank Indonesia di Provinsi Kaltara merupakan wujud komitmen Bank Indonesia untuk menjaga laju inflasi di seluruh Indonesia. 

Secara geografis, Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Untuk itulah, kehadiran Bank Indonesia di Kalimantan Utara menjadi semakin penting dalam menjaga kedaulatan ekonomi nasional. 

Pemilihan Tarakan sebagai lokasi kantor dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan dan potensi ekonomi masyarakat Tarakan yang cukup pesat. Kalimantan Utara, provinsi termuda di Indonesia, memiliki potensi ekonomi yang cukup besar baik dari sektor pertambangan dan penggalian, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. 

Pada Triwulan I 2017, ekonomi tumbuh mencapai 6,17%. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya, maupun rata-rata pertumbuhan wilayah Kalimantan pada periode yang sama. 

Ekonomi diharapkan dapat tumbuh semakin kuat seiring ditetapkannya Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Tanah Kuning sebagai Proyek Strategis Nasional oleh Presiden RI. KPw BI Provinsi Kaltara beroperasi dengan fungsi penuh. 

Selain menjalankan fungsi kas dan sistem pembayaran, KPw juga menjalankan fungsi ekonomi moneter dan stabilitas sistem keuangan di daerah. Lebih jauh lagi, Bank Indonesia akan terus melaksanakan peran sebagai mitra strategis Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/Kabupaten di Kalimantan Utara dalam menjaga inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Utara. 

Kerja sama antara lain dilakukan dalam bentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Bantuan diserahkan dalam bentuk tata pamer di balai adat serta alat musik tradisional. 

Selain itu, dilakukan pula penyerahan bantuan fasilitas produksi bagi kelompok tani budidaya rumput laut di Sebatik. Dengan mendukung pengembangan pariwisata dan produksi tani, peran Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi Kalimantan Utara diharapkan semakin terasa.(JP-Rel)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos