Home » , , » Zola : Izin Kementerian Terbit, Geothermal Kerinci Dibangun

Zola : Izin Kementerian Terbit, Geothermal Kerinci Dibangun

Written By jambipos-online on Friday, June 16, 2017 | 23:41

Alam Kerinci.
Jambipos Online, Jambi-Pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) di Kabupaten Kerinci tinggal menunggu waktu terbitnya izin dari kementerian terkait terutama Kementerian Kehutanan untuk segera dikerjakan oleh pihak yang bekerjasama dengan Pertamina, guna menghasilkan listrik dengan kisaran kapasitas 50 Megawatt, yang sangat dibutuhkan untuk menambah suplai energi listrik di Provinsi Jambi. 

Pembangunan geothermal Kerinci yang menunggu izin dari kementerian dikatakan oleh Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA dalam Pertemuan Gubernur jambi dengan PT Pertamina Geothermal Energy, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum'at (16/6/17) siang. 

Provinsi Jambi sangat membutuhkan tambahan pasokan energi listrik, dimana sampai saat ini listrik seringkali mati, baik di kabupaten maupun di kota, bahkan, Kota Jambi juga ikut merasakan mati lampu beberapa waktu yang lalu di Bulan Ramadhan 1438 H/2017 M. 

“Pemkab dan Pemprov mendukung penuh pembanguan geothermal di Kerinci dan sekitarnya, dan tahapan ada di kementerian terkait. Kita harap cepat, ini kapasitas 55 MWe, selama ini kita koordinasi dengan PLN, kurung teganganlah dan segala macam," ungkap Zola. 

Panas bumi yang ada di Provinsi Jambi khususnya daerah Kerinci termasuk Jangkat Merangin masih menunggu untuk segera dieksploitir, panas bumi merupakan sumber daya energi terbarukan dari proses alam yang berkelanjutan dapat dinikmati secara terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

“Sumber kita ada dan yang mengerjakan juga ada, bahkan sudah disampaikan ke Pak Wapres, Jusuf Kalla sudah ada quota dan regulasinya, tinggal jalan sebenarnya," jelas Zola. 

Zola menyatakan bahwa pembangunan pembangkit listrik, termasuk energi panas bumi tentunya menjadi harapan masyarakat Provinsi Jambi untuk segera terealisasi, mengingat listrik yang tidak memadai memenuhi kebutuhan masyarakat sampai saat ini. 

“Kalau ada kendala segera komunikasikan dan kita siap bantu mengenai target tergantung terbitnya izin, sedangkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) sudah ada, jadi tinggal action (pengerjaan)," tutup Zola. 

Asisten II Sekda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, dan pejabat terkait dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, turut serta dalam pertemuan dengan PT Pertamina Geothermal Energy tersebut. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos