Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


SLI Bisa Tingkatkan Produktivitas Pertanian


Jambipos Online, Muarojambi-Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar mengharapkan agar Sekolah Lapang Iklim (SLI) dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para petani khususnya dan dapat berkontribusi dalam upaya pembangunan pertanian di Provinsi Jambi pada umumnya. Lewat kajian SLI bisa melakukan pola tanam meningkatkan produktivitas pertanian. 

Harapan tersebut dikemukakan Wagub dalam Pembukaan Sekolah Lapang Iklim Tahap 3 Tahun 2017, bertempat di Desa Pematang Pulai Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (8/6/2017).

 “Saya sangat mengapresiasi Stasiun Klimatologi Muaro Jambi yang telah melaksanakan kegiatan SLI ini,” ujar Wagub.

Penyelenggaraan SLI ini memang sangat dibutuhkan oleh para petani yang dalam aktivitasnya sangat bergantung kepada kondisi iklim. SLI ini juga menjadi salah satu bentuk kontribusi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap upaya percepatan pembangunan pertanian di Provinsi Jambi.

“Saya harap para petani dapat makin memahami informasi iklim BMKG, sehingga kerugian yang terjadi akibat iklim ekstrim yang dipicu oleh perubahan iklim dapat diminimalisir, karena sektor pertanian merupakan salah satu sektor penggerak utama perekonomian di Provinsi Jambi dan sebagian besar masyarakat masih menjadikan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian utama,” tuturnya.

Disebutkan, besarnya peran pada sektor pertanian, berdasarkan pada karakteristik wilayah Provinsi Jambi yang sebagian besar sangat baik untuk pertanian, baik lahan basah maupun lahan kering. Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk mendorong dan mengoptimalkan potensi sektor pertanian sebagai salah satu prioritas pembangunan di Provinsi Jambi, untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

“Perubahan iklim berdampak pada curah hujan yang menyebabkan banjir serta berdampak pada fluktuasi suhu dan kelembapan udara semakin meningkat yang mampu menstimulasi pertumbuhan, perkembangan organisme pengganggu tanaman. SLI merupakan langkah strategis dalam persiapan menghadapi perubahan iklim yang menjadi salah satu ancaman ketahanan dan kedaulatan pangan di Provinsi Jambi,” katanya.

Dikatakan, melalui SLI, para petani dapat memahami dan memanfaatkan informasi iklim secara efektif serta menjadi wahana untuk menyesuaikan produk informasi iklim dengan kebutuhan petani dan aktivitas pertanian khususnya di Provinsi Jambi.

Fachrori Umar juga menyerahkan bantuan benih dan peralatan pertanian kepada Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno berupa: 1) Benih untuk kegiatan budidaya jagung untuk lahan seluas 5.000 Ha, 2) Benih untuk kegiatan budidaya padi seluas 20 Ha, 3) 3 (tiga) unit Combine Harvester, 4) 12 (dua belas) unit hand traktor, 5) Biji Kedelai untuk 100 Ha, 6) 10 (sepuluh) unit pompa air, 7) 4 (empat) unit UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik), 8) 3 (tiga) Cultivator. (Richi, foto: Agus, video: Latib).

Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno,SP,MM menyampaikan, pengaruh iklim terhadap sektor pertanian dapat membatasi dalam proses pertumbuhan dan produksi tanaman, oleh karena itu, kajian klimatologi dalam bidang pertanian sangat diperlukan karena dampak perubahan iklim dapat menyebabkan kerentanan pangan.

“Tidak teraturnya iklim dan perubahan awal dan akhir musim, seperti musim penghujan dan musim kemarau membuat para petani begitu susah untuk merencanakan musim tanam dan musim panen. Melalui SLI ini, para petani dapat memantau cuaca dan informasi iklim yang berguna untuk usaha pertaniannya,” kata Bambang.

Deputi Klimatologi BMKG, Drs Mulyono Rahadi Prabowo,M.Sc mengatakan, BMKG memiliki tugas untuk menyiapkan informasi iklim dan cuaca yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat khususnya para petani dalam melaksanakan kegiatan pertanian. Kegiatan SLI akan berlangsung sepanjang musim tanam yaitu selama 3 bulan, yang mana setiap 10 hari akan diadakan evaluasi dan perencanaan untuk 10 hari kedepan sampai musim panen tiba.

Pembukaan Sekolah Lapang Iklim Tahap 3 Tahun 2017 ditandai dengan pelepasan balon ke udara yang dilakukan Wagub, didampingi oleh Wakil Bupati Muaro Jambi, Deputi Klimatologi BMKG, Kepala Balai Wilayah II BMKG, Kepala Stasiun Klimatologi Muaro Jambi, Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Jambi dan Jajaran Forkompida, dilanjutkan dengan Tanam Padi Perdana di kawasan Sekolah Lapang Iklim Tahap 3 Tahun 2017. (JP-Humas)

 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar