Home » , , » Merangin Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Merangin Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Written By jambipos-online on Friday, June 2, 2017 | 07:23

 
Jambipos Online, Merangin-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Kamis (1/6/2017), memperingati hari lahirnya Pancasila, 01 Juni 1945 – 01 Juni 2017. Acara difokuskan pada upacara bendera di halaman depan Kantor Bupati Merangin. 

Pada upacara yang dikuti satuan Polisi, Brimob, TNI, Satpol PP dan Korpri tersebut, tampil sebagai inspektur upacara Wakil Bupati (Wabup) H A Khafid Moein. Pada pengarahannya wabup membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo. 

‘’Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 01 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Soekarno, Piagam Jakarta 22 Juni dan rumusan final Pancasila 18 Agustus 1945,’’ujar Wabup. 

Semua itu lanjut wabup adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara, sehingga semua lapisan masyarakat bisa membangun kesepakatan bangsa dan bersatu. Diakui wabup, bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan atas keberagaman. 

Dari Sabang sampai Meroke adalah keberagaman dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah ke-Bhineka Tunggal Ika-an Indonesia. Sekarang ini jelas wabup, ke-Bhinneka-an itu sedang diuji. 

 Ada pandangan dan tindakan yang mengancam ke-Bhinneka-an dan keiklasan, ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial. 

"Kita bisa terhidar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotongroyong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia aalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,’’terang Wabup. 

Dilaksanakannya upacara bendera memperingati hari lahirnya Pancasila tersebut lanjut wabup, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016 tetang hari lahir Pancasila. 

"Ini merupakan upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila kali pertama kita lakukan, karena Kepresnya tahun 2016. Untuk berikutnya upacara bendera hari lahir Pancasila ini akan terus kita lakukan setiap tahunnya pada 01 Juni,’’tegas Wabup. (JP-Yah)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos