Home » » Mengintip Jadwal Liburan Obama di Indonesia

Mengintip Jadwal Liburan Obama di Indonesia

Written By jambipos-online on Friday, June 23, 2017 | 20:05

Barack Obama akan berlibur di Bali selama sepekan dari 23-28 Juni 2017. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jambipos Online, Bali-Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama akan berlibur ke Indonesia. Ini merupakan ‘pulang kampung’ pertama Obama ke Indonesia, setelah lepas dari jabatan presiden. Dia tiba di Bali pada Jumat (23/6/2017). Dia akan bertandang ke Pulau Dewata bersama istrinya Michelle Obama dan kedua putrinya, Sasha dan Malia. 

Hal itu dikonformasi Gubernur Bali Made Mangku Pastika. “Sudah ada informasi, Beliau [Obama] akan datang tanggal 23 Juni 2017 sore, khusus untuk liburan,” kata Pastika di Denpasar, Bali, seperti dikutip Detikcom. 

Soal pengamanan, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose menyebut tidak ada permintaan khusus dari ‘Anak Menteng’ tersebut. “Tidak ada permintaan khusus, pengamanan pariwisata tetap [sama],” kata Petrus. Obama dikabarkan akan berada di Bali selama 6 hari, mulai 23-28 Juni 2017. Soal penginapan, sejauh ini masih belum ada kabar yang pasti. 

“Baru berita burung, tanggal 23-28 Juni 2017, tapi kami belum tahu apakah di Nusa Dua, atau di Kuta atau di Gianyar. Untuk personel (pengamanan VVIP) belum tahu karena belum ada,” kata Pangdam Udayana Mayjen TNI Komaruddin. 

Usai berlibur di Bali, Obama dikabarkan akan bertandang ke Yogyakarta kemudian bertolak ke Jakarta pada tanggal 30 Juni, guna memenuhi undangan Presiden Joko Widodo. Juru Bicara Presiden Jokowi Johan Budi memastikan Obama diundang makan siang di Istana Bogor. 

“Katanya diundang makan di Istana Bogor, sekitar 30 Juni,” ujar Juru Bicara Presiden Johan Budi ketika dikonfirmasi, Selasa (13/6/2017). Selanjutnya, Obama juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato dalam Konvensi Diaspora Indonesia di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, pada Sabtu (1/7/2017). 

Acara itu dikabarkan berlangsung tertutup, terbatas bagi peserta dan undangan. “Biasanya pidatonya akan disarikan oleh kantornya Obama. Kemudian kami nanti akan menyampaikan isi pidatonya ke media,” ujar Ketua Board of Trustees Indonesia Diaspora Network (IDN) Dino Patti Djalal. 

Hubungan Obama dan Indonesia terbilang cukup erat. Pria kelahiran Hawaii, 4 Agustus 1961 itu pernah tinggal di kawasan Tebet dan Menteng, Jakarta Pusat, dari usia 6-10 tahun. 

Obama kecil bersekolah di Sekolah Katolik Santo Fransiskus Asisi selama dua tahun, kemudian melanjutkan di Sekolah Dasar Besuki, yang kini dikenal dengan nama Sekolah Dasar Negeri Menteng 01. Meski hanya sempat tinggal selama 4 tahun, Obama menganggap Indonesia sebagai rumah ke-dua. Dia juga menyukai makanan Indonesia seperti bakso dan sate. 

Saat menjabat sebagai Presiden AS, Obama juga sempat mengunjungi Indonesia pada 2010. Dia pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal, Taman Makam Pahlawan Kalibata, serta berpidato di Universitas Indonesia. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos