Home » , , » Elviana: Predikat WTP Bukan Jaminan Bersih dari KKN

Elviana: Predikat WTP Bukan Jaminan Bersih dari KKN

Written By jambipos-online on Friday, June 2, 2017 | 09:53

Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Provinsi Jambi Hj Dra Elviana MSi bersama salah satu anggota BPK RI yang dilantik April 2017 lalu. Dok Jampos.
Jambipos Online, Jambi-Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Provinsi Jambi Hj Dra Elviana MSi menanggapi euforia kepala daerah yang meraih prediket Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan hasil pemeriksaan anggaran pemerintah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi baru-baru ini memberikan opini WTP kepada Pemprov Jambi, Pemkot Jambi, Pemkab Muarojambi. Tentunya opini WTP ini suatu kebanggaan kepala daerah yang menerimanya. 

Menanggapi hal itu, Elviana seperti dilansir http://jamberita.com mengatakan, predikat WTP bukanlah jaminan jika tidak ada penyimpangan dalam pengelolaan keuangan, apalagi disebut sebagai indikator kesuksesan. 

Kata Elviana, WTP itu hanya sebatas pemeriksaan laporan keuangan apakah sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Data laporan yang diambil pun sampling, tidak semua.

"Jadi tidak perlu dibanggakan karena itu sudah kewajiban pemda membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan. Tidak ada hubungannya dengan kesejahteraan rakyat," kata politisi PPP ini.

Elviana juga menambahkan jika predikat WTP bukan jaminan jika kepala daerahnya terbebas dari korupsi. Karena BPK sendiri mengatakan tidak menjamin kepala daerahnya bersih dari korupsi. "Jangan sampai jadi pembodohan buat rakyat," katanya. 

Elviana-pun menceritakan pengalamannya saat melakukan fit and proper tes terhadap calon Anggota BPK RI. "Satu calon anggota BPK RI yang kami fit and propertes di komisi XI Bulan April kemarin mengatakan memang tidak ada hubungan antara WTP dengan kesejahteraan rakyat," katanya.

Makanya, WTP adalah kewajiban pengguna anggaran membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan, bukan suatu penghargaan atas raihan prestasi kepala daerah. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos