Home » , » Berikan Contoh, Zola Tunaikan Zakat

Berikan Contoh, Zola Tunaikan Zakat

Written By jambipos-online on Wednesday, June 14, 2017 | 09:16

Zola saat Memberikan Zakat Mal Atas Nama Pribadi Kepada Ketua Baznas Provinsi Jambi, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (13/06/2017) sore. Humas

Zola Himbau Masyarakat Segera Tunaikan Zakat 

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi dalam melaksanakan pengambilan zakat kepada Masyarakat Jambi. 

“Pembayaran zakat ini, dimulai dari saya dan nantinya akan dilaksanakan juga oleh semua Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Provinsi Jambi serta masyarakat Provinsi Jambi khususnya. Saya telah menghimbau kepada semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi untuk membayar zakat, bukan hanya diri pribadi, tetapi juga keluarga dan beserta jajarannya diajak untuk menunaikan zakat,” ujar Zola saat Memberikan Zakat Mal Atas Nama Pribadi Kepada Ketua Baznas Provinsi Jambi, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (13/06/2017) sore. 

Gubernur Zola mengatakan, zakat merupakan salah satu Rukun Islam yang memiliki makna, kewajiban bagi setiap muslim yang mampu untuk membayar zakat dan suatu perintah dari Allah SWT yang wajib hukumnya bagi setiap muslim, serta merupakan suatu bentuk dalam membersihkan harta yang dimiliki. 

“Zakat juga merupakan bagian dari Hablum Minannas, hubungan antar sesama manusia yang juga merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan, yaitu kaum dhuafa fakir miskin, dan yatim piatu,” ujar Zola. 

“Kita telah melakukan berbagai upaya, namun harus diakui bahwa kesadaran dalam membayar zakat masih belum maksimal, ini semua mungkin adanya anggapan masyarakat bahwa membayar zakat itu sunnah, padahal membayar zakat itu sendiri merupakan salah satu dari Rukun Islam,” terang Zola. 

Gubernur Zola mengungkapkan, rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar zakat adalah salah satu tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jambi untuk membantu Baznas Provinsi Jambi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, dan juga telah menjadi perhatian oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). 

“Beberapa waktu yang lalu, saya juga telah banyak berdiskusi dengan Wakil Ketua Baznas Pusat mengenai program penyaluran zakat ini, bahwa harus ada perhatian yang lebih, agar zakat dapat tersalurkan dengan baik. Pemerintah Provinsi Jambi siap mendukung program tersebut, seharusnya hari ini, Bapak Jokowi juga melaksanakan penyerahan zakat di istana negara, namun karena berbagai hal, penyerahan zakat yang akan dilakukan Bapak Jokowi, diundur menjadi besok,” tutur Zola. 

Lebih lanjut, Gubernur Zola juga menghimbau seluruh bupati dan walikota di Provinsi Jambi untuk menyampaikan kepada jajarannya masing-masing dalam menunaikan pembayaran zakat, serta menghimbau seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk segera menunaikan zakat. 

Sebelumnya, Ketua Baznas Provinsi Jambi, Drs.H.Amirullah Amid,SH,MH menjelaskan, acara penyerahan zakat yang dilaksanakan Gubernur Zola merupakan refleksi dari acara penyerahan zakat mal kepada Baznas Pusat di Istana Negara yang dilakukan oleh Bapak Presiden Jokowi beserta jajaran Kabinet pada jam 10.00 pagi ini, namun karena ada sesuatu dan lain hal, akan dilaksanakan besok pagi. Presiden Jokowi dan Baznas Pusat mengharapkan agar gubernur beserta jajarannya dapat melaksanakan pembayaran zakat mal juga. 

“Alhamdulillah, Gubernur Zola memberikan respon positif atas anjuran dari Presiden Jokowi untuk membayarkan zakat mal, walaupun dari Bapak Presiden diundur satu hari, Gubernur Zola tetap melaksanakannya pada hari ini, dan selanjutnya akan diikuti oleh semua jajaran yang ada di Pemerintah Provinsi Jambi,” ujar Amirullah. 

Amirullah mengungkapkan, sebagian zakat dari Presiden Jokowi beserta jajaran kabinetnya akan diserahkan kepada beberapa Provinsi di Indonesia, terutama Provinsi yang ada Suku Anak Dalam-nya, termasuk Provinsi Jambi, dan Baznas Provinsi Jambi telah melakukan koordinasi dengan Baznas Kabupaten yang ada Suku Anak Dalamnya untuk segera menyalurkan zakat dari Bapak Presiden Jokowi beserta kabinetnya kepada Suku Anak Dalam. 

“Nantinya, kami akan mendaftarkan semua kepala OPD Pemerintah Provinsi Jambi untuk melaksanakan zakat mal ini sesuai dengan harta yang dimiliki, tidak lupa pula kami akan melaporkan kepada Baznas Pusat bahwa Gubernur Zola beserta jajaran Pemerintah Provinsi Jambi telah melaksanakan anjuran yang disampaikan oleh Bapak Presdien Jokowi,” pungkas Amirullah. (JP-Humas)

Zola saat Memberikan Zakat Mal Atas Nama Pribadi Kepada Ketua Baznas Provinsi Jambi, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (13/06/2017) sore. Humas


Zola saat Memberikan Zakat Mal Atas Nama Pribadi Kepada Ketua Baznas Provinsi Jambi, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (13/06/2017) sore. Humas


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos