Home » , , , » Zumi Zola Dukung UKW PWI Jambi

Zumi Zola Dukung UKW PWI Jambi

Written By jambipos-online on Sunday, May 7, 2017 | 18:19

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli STP MA mendukung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi untuk meningkatkan profesionalitas wartawan dengan program Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di Jambi. Zola juga mengajak pers untuk memerangi berita-berita hoax (berita-berita bohong), dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. 

Hal itu disampaikan oleh Zola dalam PembukaanKonferensi Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi, bertempat di Ruang Raden Mattaher Hotel Novita Jambi, Sabtu (06/05/2017) malam. 

Dalam konferensi yang mengambil tema "PWI Kuat, Pers Sehat, Negara Hebat” tersebut, Zola menekankan maraknya berita hoax akhir-akhir ini yang justru sangat merugikan Indonesia. 

Zola menyampaikan, suatu kekuatiran yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi, saat ini demokrasi di Indonesia sudah kebablasan, berkenaan dengan banyak pihak merasa berhak untuk membuat berita yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan, atau berita-berita hoax (berita bohong), mengatasnamakan hak asasi manusia untuk berpendapat. 

"Berita-berita hoax yang penuh dengan fitnah, lebih banyak memprovokasi dan menebarkan kebencian didalamnya yang mengatasnamakan rakyat. Hal ini dapat membahayakan, karena berita hoax ini akan membodohi masyarakat. Suatu negeri tidak akan maju, apabila masyarakatnya sudah terjebak dalam kebencian dan kebodohan," terang Zola. 

"Saya mengajak semua teman-teman wartawan dan PWI untuk memerangi berita hoax, dengan berita-berita yang menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Kita harus melindungi masyarakat dari kebodohan dan kebencian, ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua untuk melawan berita hoax," Zola. 

Zola menyatakan, dewasa ini, pers semakin memegang peranan penting, baik sebagai rekan kerja pemerintah dalam proses pembangunan dan juga dalam kehidupan berdemokrasi masyarakat. 

"Saya memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh wartawan Jambi, yang telah membangun pondasi PWI sehingga bisa maju seperti ini di Provinsi Jambi. Semoga ini menjadi semangat untuk kita semua, bukan hanya wartawan Jambi saja tapi juga kepala daerah seperti saya," ujar Zola. 

Gubernur Zola mengungkapkan, pers juga berperan dalam melayani kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi, apalagi di era sekarang ini dengan teknologi yang semakin canggih dan ini merupakan tantangan. “Dalam kondisi seperti ini, wartawan semakin dituntut kualitas dan profesionalismenya,” ungkap Zola. 

"Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung upaya PWI dalam menghasilkan wartawan yang bekerja secara profesional dan mandiri melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

Manfaat dari UKW ini banyak sekali, selain untuk meningkatkan kualitas wartawan itu sendiri, juga dapat meningkatkan kesejahteraan wartawan," ungkap Zola. 

Gubernur Zola mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan akses kemudahan bagi wartawan, untuk dapat mengonfirmasi berita secara langsung. 

“Kedepannya, untuk dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan wartawan, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Bagian Humas Setda Provinsi Jambi, saat ini sedang melakukan upgrading media center dengan harapan bisa menjadi penghubung antara pemerintah daerah, jurnalis, dan masyarakat dalam penyebarluasan informasi pembangunan di Provinsi Jambi" pungkas Zola. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos