Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Zola: Transformasi IAIN Jadi UIN, Langkah Maju Pendidikan Jambi

Jambipos Online, Muarojambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan bahwa transformasi Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin (IAIN STS) Jambi menjadi Universitas Islam negeri (UIN) merupakan langkah maju pendidikan Provinsi Jambi. Hal itu dinyatakan Zola dalam Tasyakuran Transformasi IAIN menjadi UIN STS Jambi yang berlangsung di Auditorium Chatib Quzwein UIN Jambi, Kampus mendalo, Kabupaten Muaro jambi, Rabu (24/5/2017). 

"Langkah maju yang sangat baik sekali untuk dunia pendidikan di Provinsi Jambi, apresiasi kepada Rektor dan jajaran yang telah berjuang luar biasa sehingga mendapat perubahan dari IAIN menjadi UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi," ungkap Zola. 

 Zola berharap anak-anak Jambi yang kuliah di UIN STS Jambi bukan hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan akademis tetapi juga punya basic (dasar) ilmu agama dan akidah yang kuat. 

"Apapun ilmu yang dimiliki akan menjadi berkah dan bermanfaat untuk masyarakat luas, dan saya optimis rektor dan jajaran para dosen setelah menjadi UIN ini akan memberi manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," harap Zola. 

 Zola mengatakan, perubahan status dari institut menjadi universitas telah membuka ruang dan program studi yang lebih luas menyangkut berbagai jenis disiplin ilmu umum maupun agama, kemajuan ini dinilai memberi harapan tempat pembelajaran dan menuntut ilmu bagi individu di luar Provinsi Jambi. 

"Kita promosikan juga dari luar Jambi bisa kuliah di UIN STS Jambi. Dua tahun kedepan pembangunan fisik dengan dana IDB akan dilaksanakan artinya fasilitas bagus, dosen juga rektor punya perhatian dan bisa lebih maju lagi," jelas Zola. 

Rektor UIN STS Jambi, Dr. Hadri Hasan menyampaikan, tasyakuran dilaksanakan sebagai ungkapan rasa kebahagiaan civitas akademika UIN STS Jambi bersama seluruh lapisan masyarakat Jambi yang mendambakan kemajuan pada bidang pendidikan bagi generasi penerus pembangunan, juga upaya awal pemaknaan atas nikmat anugerah Allah SWT. 

"Dikukuhkan secara resmi melalui Perpres Nomor 37 Tahun 2007 tertanggal 3 April 2017," ujar Hadri Hasan. 

 Lebih lanjut, Dr. Hadri Hasan menyampaikan transformasi ini telah menempuh proses yang panjang atas cita-cita untuk memiliki universitas Islam di Provinsi Jambi telah menguras tenaga, pikiran, dan finansial yang tidak sedikit, serta dukungan yang tidak henti-hentinya dari seluruh komponen masyarakat. 

"Lika likunya terekam dengan jelas oleh tim universitas dan menjadi bagian tidak terpisahkan dan tentunya tercatat dalam tinta emas transformasi IAIN menjadi UIN STS Jambi," ujar Hadri Hasan. 

Hadri Hasan menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan seluruh komponen masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi, DPR Jambi, Kementerian Agama RI, unit internal universitas yang setia membantu dengan koordinasi dan kerjasama serta sinergisitas antara dosen senior dan junior. 

“Dalam kurun waktu lima tahun terlihat kemajuan yang signifikan dengan besarnya animo masyarakat terhadap pendidikan putra putrinya ke UIN STS Jambi naik dengan kisaran 120 persen. 

Untuk itu, beberapa komitmen yang dilakukan UIN STS Jambi membangun sarana pendidikan yang berkualitas melalui dana pinjaman sebesar Rp650 milyar dari Islamic Development Bank. 

Sudah selesai tahap lelang perencanaan, 2018 akan dilaksanakan pembangunan fisik yang ditargetkan akhir 2019 pembangunan selesai secara total, 2020 sarana perkuliahan sudah dapat dipergunakan dengan baik, serta kita siapkan Saintek, Sospol, Dakwah, dan Komunikasi Islam, juga lima prodi baru satu diantaranya adalah Teknologi Informatika, Biologi Murni, Fisika, Kimia dan Matematika, termasuk melakukan penguatan dibidang riset sesuai dengan cita-cita perguruan tinggi," papar Hadri Hasan. 

Majunya dunia pendidikan di Provinsi Jambi menjadi tugas bersama antara pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat dalam upaya mencetak generasi berilmu, beriman, dan berakhlak mulia yang tentunya harapan besar itu juga tertuju pada Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi. (JP-Humas)
Tasyakuran Transformasi IAIN menjadi UIN STS Jambi yang berlangsung di Auditorium Chatib Quzwein UIN Jambi, Kampus mendalo, Kabupaten Muaro jambi, Rabu (24/5/2017).












Tasyakuran Transformasi IAIN menjadi UIN STS Jambi yang berlangsung di Auditorium Chatib Quzwein UIN Jambi, Kampus mendalo, Kabupaten Muaro jambi, Rabu (24/5/2017).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar