Home » , , , » Zola: Peran PKK Dalam Pemberdayaan Keluarga Terus Ditingkatkan

Zola: Peran PKK Dalam Pemberdayaan Keluarga Terus Ditingkatkan

Written By jambipos-online on Thursday, May 4, 2017 | 07:23

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengemukakan, peran PKK dalam pemberdayaan keluarga terus ditingkatkan. Hal itu dikatakan oleh Zola dalam Pembukaan Jambore Kader PKK Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di halaman Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi, Rabu (03/05/2017). 

Zola menghimbau seluruh Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk lebih pro aktif dalam melaksanakan serta mensosialisasikan program, termasuk mempublikasikan program tersebut di tengah masyarakat. 

Zola mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya untuk mencapai target-target pembangunan khususnya pemberdayaan keluarga, namun demikian, Pemprov tidak bisa melaksanakan sendiri karena keterbatasan. 

"Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh kader PKK dan mengajak seluruh kader PKK untuk bahu-membahu dengan pemerintah dalam mewujudkan berbagai target yang telah disepakati termasuk dalam mewujudkan Jambi TUNTAS 2021," ujar Zola. 

Zola berharap dengan dilaksanakan Jambore PKK dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh anggota dan bermanfaat untuk pembinaan dan penguatan institusi keluarga di pemrov. 

"Saya berharap melalui Jambore PKK ini, para kader PKK dapat menyatukan kekuatan dan memperkuat komitmen untuk melaksanakan program kesejahteraan keluarga sebagaimana tertuang dalam 10 Program Pokok PKK," harapnya. "Harus kita akui, tidak mudah bagi semua kader untuk mewujudkannya, namun saya yakin dengan kebersamaan dan kerjasama yang baik semua program pokok PKK dapat kita wujudkan," sambung Zola. 

Zola menjelaskan, Tim Penggerak PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan pemberdayaan keluarga. "Kita mengetahui PKK merupakan organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga, memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui para kadernya," jelas Zola. 

"Saya memotivasi seluruh kegiatan kader PKK yang bersemangat dalam memberikan sumbangan aktivitas kreatif, ide guna peningkatan UMKM serta peningkatan perekonomian masyarakat dan inovasi baru untuk potensi daerah. Tadi sudah kita lihat bersama, kuliner khas daerah yang sangat berpeluang besar untuk dikembangkan, seperti tadi ada kue yang dibuat dari buah sawit, setelah kita cicipi ternyata enak sekali, yang seperti inilah yang perlu kita kembangkan untuk mendorong kuliner khas daerah," tutur Zola. 

Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola mengatakan, Jambore PKK merupakan wadah untuk menjalin silaturrahmi antar kader PKK serta sebagai tempat menambah wawasan, pengetahuan serta untuk meningkatkan kemampuan kader di Provinsi Jambi. 

"Tujuan untuk menambah wawasan pengetahuan dan persahabatan yang dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera, serta meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para kader PKK untuk menjalankan 10 Program Pokok PKK dan saling memberikan pengalaman antar kader se Provinsi Jambi, dalam mewujudkan keluarga sejahtera yang beriman dan bertaqwa " kata Sherrin. 

"Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada dasarnya menjadi perekat dan memperkuat tali silaturrahmi antara sesama kader dalam melaksanakan tugas," sambung Sherrin. 

Sherrin Tharia menegaskan bahwa kader PKK harus berkerja lebih keras lagi untuk mengaktifkan kembali berbagai kegiatan program peningkatan kesejahteraan keluarga, terutama mensinergikan 10 program pokok PKK dengan program Jambi TUNTAS dan Program NAWACITA. 

Sebelumnya, Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Chairunnisa Erwan Malik melaporkan, Jambore Kader PKK merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat pusat, provinsi, hingga ke tingkat kabupaten/kota. 

"Jambore yang dilaksanakan merupakan ajang kreativitas dan unjuk kinerja para kader PKK serta forum silaturrahmi dan pembinaan juga dalam pemberian penghargaan kepada para kader yang berprestasi," ujar Charunnisa. 

"Jambore Kader PKK sudah dilaksanakan sejak tanggal 2 sampai 4 Mei 2017 yang diikuti oleh kabupaten/kota se Provinsi Jambi sebanyak 800 orang kader PKK dari kecamatan/kelurahan," lanjut Charunnisa. 

Jambore Kader PKK, lanjut Chairunnisa, dalam jambore ini digelar berbagai macam Lomba diantaranya parade (defile) dari masing-masing kontingen kabupaten/kota serta lomba, penyuluhan, produk UP2K, lomba penyuluhan kader pangan, lomba pakaian Melayu Jambi, dan lomba cerdas cermat serta banyak lagi perlombaan lainya. 

Kegiatan Pembukaan diakhiri dengan peninjauan stand pameran UMKM oleh Gubernur Zola, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, yang didampingi oleh seluruh kader PKK Provinsi Jambi dan para bupati/walikota, seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/kota se Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos