Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Wagub Minta Sarjana Tingkatkan Kompetensi




Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H Fachrori Umar menghimbau para wisudawan dan wisudawati Universitas Batanghari (Unbari) untuk terus meningkatkan kompetensi dengan berinovasi, kreatif dan inovatif, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). 

Himbauan tersebut disampaikan Wagub saat menghadiri Rapat Terbuka Universitas Batanghari Jambi Dalam Rangka Wisuda Sarjana ke-41 Tahun Akademik 2016/2017, bertempat Abadi Convention Center (ACC), Selasa (23/05/2017). 

Tema wisuda tersebut adalah "Melalui Wisuda Sarjana Universitas Batanghari ke-41, Kita Tingkatkan Kemampuan Lulusan yang Enterpreneurship, Kreatif, dan Inovatif." Disebutkan, tantangan yang akan dihadapi kedepan semakin berat dan membutuhkan SDM yang handal dan profesional, apalagi dengan telah berlakunya pasar bebas Asia Tenggara atau yang lebih dikenal dengan Istilah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 

“Tantangan ini perlu menjadi perhatian bagi Unbari untuk terus meningkatkan kualitas kelulusan yang sudah seharusnya memacu tidak hanya untuk kepentingan daerah semata, melainkan juga untuk kepentingan nasional dan internasional,” ujar Wagub. 

“Pendidikan tinggi nasional pada hakekatnya adalah membentuk sistim pendidikan tinggi yang sehat dan bermutu, menghasilkan insan bermutu, bertaqwa, cerdas dan terampil. Oleh karena itu, pendidikan tinggi nasional Indonesia harus bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional dan dapat berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa khususnya di Provinsi Jambi,” katanya. 

Katanya, bahwa wisuda merupakan momentum yang sangat penting dalam kehidupan pendidikan lebih-lebih di perguruan tinggi, wisuda juga merupakan momentum sangat bermakna bagi lulusan peserta wisuda. 

“Momentum itu harus diartikan sebagai akhirnya tugas dan tanggung jawab dalam mengantar secara formal mahasiswa menjadi lulusan sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia serta siap meniti profesi dan karir dengan andalan ilmu sesuai dengan bidang keahlian, bagi wisudawan/wati di tengah masyarakat,” katanya. 

Fachrori Umar berpesan kepada para wisudawan/wisudawati agar dapat menguasai teori dan terus menggali pengalaman lebih mendalam melalui praktek dalam kehidupan sehari-hari. “Ingatlah proses wisuda ini bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi justru merupakan permulaan kehidupan yang sebenarnya," ungkapnya. 

“Atas nama pribadi maupun mewakili Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Kepada orang tua mahasiswa, saya juga ucapkan selamat atas keberhasilan anak-anak kita ini dalam menyelesaikan studinya. Mudah-mudahan momentum ini merupakan langkah awal untuk mendorong anak-anak kita menjadi lebih mandiri dan kelak bisa menjadi pemimpin di tengah masyarakat," ujarnya. 

Sebelumnya, Rektor Unbari H Fachruddin Rozi SH MH menyampaikan, untuk meningkatkan daya saing lulusan dalam menghadapi era globalisasi, maka pada tahun ini Unbari melakukan pengembangan kurikulum pada semua Program Studi, sebagaimana diatur dalam Permenristekdikti nomor 44 Tahun 2015 pasal 1 menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. 

“Pada wisuda kali ini, Unbari menwisuda sebanyak 546 orang lulusan, dari 5 Fakultas, terdiri lulusan jenjang pendidikan Strata 2 (S2) sebanyak 56 orang, jenjang pendidikan Strata S1 sebanyak 488 orang, dan jenjang pendidikan Diploma TIga (D3) sebanyak 2 orang. Pada jenjang pendidikan S2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum sebanyak 47 orang dan lulusan Program Magister Manajemen sebanyak 9 orang. Pada jenjang pendidikan pendidikan S1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 119 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 182 orang, Fakultas Hukum sebnyak 134 orang, Fakultas Teknik ebanyak 22 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 31 orang, sedangkan untuk jenjang pendidikan Diploma tiga sebanyak 2 orang dari Program Studi Teknik Listrik," tutur Fachruddin Rozi. (JP-Humas)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar