Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


PU Provinsi Jambi “Turun Tangan” Tangi Banjir Payo Lebar Kota Jambi



Kadis PU Provinsi Jambi Dodi Irawan (pakai topi biru) saat mendampingi Gubernur Jambi H Zumi Zola saat meninjau saluran air di di Kelurahan Payo Lebar Sabtu lalu.
Jambipos Online, Jambi-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi harus turun tangan untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di Kelurahan Payo Lebar, Kota Jambi. PU Provinsi Jambi mengerahkan alat berat untuk membersihkan sampah di sungai yang membelah Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. 

Satu unit excavator dan 1 unit dumptruck diopeasikan untuk melakukan pekerjaan ini. Pembersihan sampah dilakukan atas perintah Gubernur Jambi Zumi Zola usai mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Payo Lebar Sabtu lalu. Sebelumnya, akibat hujan yang lebat beberapa jam mengakibatkan banjir di sungai tersebut. 

Akibatnya, sekitar 700 rumah di sejumlah RT tergenang air banjir. Upaya yang dilakukan oleh Dinas PUPR Provinsi Jambi adalah membuang sampah-sampah serta normalisasi endapan pasir dan tanah dari saluran drainase, box culvert yang melintang jalan untuk memperlancar aliran air saat terjadi intensitas curah hujan yang tinggi. Normalisasi saluran drainase dilakukan untuk mengurangi tinggi serta lamanya genangan air saat banjir. 

Pembersihan sampah ini dilakukan secara gotong royong yang melibatkan pegawai Dinas PUPR Provinsi Jambi, Dinas PU Kota Jambi, dan warga setempat. Gotong royong direncanakan dilaksanakan selama sepekan. 

Menurut Kadis PUPR Provinsi Jambi, Dody Irawan, banjir di daeah ini diakibatkan penyempitan saluran dan diperkirakan debit air yang melalui crossing jalan sudah tidak lagi seimbang dengan air yang datang. “Sampah yang dibersihkan sebanyak 8 dump truck lebih,” ujar Dody. (JP-Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar