Home » , , , , » Pemerintah Bangun Balai SAD dan Salurkan PKH

Pemerintah Bangun Balai SAD dan Salurkan PKH

Written By jambipos-online on Tuesday, May 16, 2017 | 13:29

Jambipos Online, Sarolangun-Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Provinsi Jambi, setelah meresmikan Rumah Pintar SAD di Desa Sialang Kecamatan Pamenang, dan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-21 di Kabupaten Merangin, Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Hj.Khofifah Indar Parawansa melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Balai Sosial Komunitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam (KAT SAD) Sungai Surian di Desa Pulau Lintang Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun. Kemudian dilanjutkan dengan Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH), bertempat di GOR KONI Kabupaten Sarolangun, Senin (15/5/2017) sore sampai malam. 

Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun, Arif Munandar beserta rombongan turut mendampingi Mensos dalam kedua acara tersebut. Dalam peletakan batu pertama pembangunan Balai Sosial Suku Anak Dalam Sungai Surian di Desa Pulau Lintang Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun, Mensos menyatakan, balai sosial yang sedang dibangun merupakan tempat warga SAD Sungai Surian untuk berkumpul, setelah pemerintah membangun rumah bagi SAD di desa Pulau Lintang. 

Pada kesempatan tersebut, Mensos memberikan 18 akte kelahiran bagi anak-anak Suku Anak Dalam, serta memberikan bantuan secara simbolis berupa perangkat solar cell (listrik tenaga matahari) yang bisa hidup selama 6 sampai 8 jam sehari, yang merupakan bantuan CSR dari Bapak Dwi Putranto. 

Khofifah menyatakan, penerangan listrik tenaga surya yang bisa dihidupkan dari malam sampai pagi sangat membantu anak-anak SAD untuk belajar, terlebih listrik tersebut tidak berbayar, yang ditargetkan selama 8 tahun. 

Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia, Hartono Laras menuturkan, Kementerian Sosial memberikan bantuan bagi KAT SAD di Desa Pulau Lintang berupa: balai sosial SAD senilai Rp50 juta, pengerasan jalan setapak senilai Rp200 juta, 100 paket sembako senilai Rp15 juta, 23 paket peralatan solar cell (listrik tenaga matahari), termasuk TV, parabola, dan genset senilai Rp75 juta (CSR dari Bapak Dwi Putranto). 

Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai PKH Setelah peletakan batu pertama pembangunan Balai Sosial KAT SAD di Desa Pulau Lintang, Mensos RI, Gubernur Jambi, dan Pj. Bupati Sarolangun dan rombongan menyalurkan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di GOR KONI Kabupaten Sarolangun. 

Arif Munandar menyatakan, pada tahun 2017, terdapat 5.571 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH di Kabupaten Sarolangun, dan data KPM terus diupdate oleh para pendamping PKH yang berjumlah 34 orang di Kabupaten Sarolangun. Bantuan sosial non tunai PKH senilai Rp500.000 per bulan per KPM tersebut disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Pada kesempatan tersebut, Mensos juga memberikan bantuan secara simbolis sberupa sembako dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi PKM, dan bantuan uang bagi 10 anak KPM yang berprestasi di sekolah, senilai Rp250.000 per orang. 

Mensos, Gubernur Jambi, dan Pj.Bupati Sarolangun juga menyaksikan langsung perwakilan KPM menarik uang secara tunai di ATM mobil keliling BRI. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos