Home » , , » Kemajuan Pembangunan dan SDM Merangin Signifikan

Kemajuan Pembangunan dan SDM Merangin Signifikan

Written By jambipos-online on Wednesday, May 3, 2017 | 14:26

 
Bupati Sampaikan LKPJ Tahun 2016 

 Jambipos Online, Merangin-Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wakil Bupati Merangin H A Khafid Moein, Selasa (2/5/2017) hadir di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Merangin. 

Pada kesempatan ini Bupati menyampaikan langsung Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Merangin Akhir Tahun Anggaran 2016. 

Dihadapan anggota DPRD Merangin, Bupati Merangin H Al Haris memaparkan secara keseluruhan terkait dengan penggunaan anggaran, serta peningkatan sumber keuangan dan pencapaian kinerja pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Merangin. 

 Diuraikan Bupati, secara garis besar pendapatan daerah tahun 2016 mengalami peningkatan menjadi Rp 1.158 Triliun. 

Realisasi anggaran ini diperoleh dari PAD yang terealisasi Rp 75.1 Miliar, kemudian dana perimbangan yang terealisasi Rp 1.3 Triliun, serta pendapatan lain-lain yang sah dengan realisasi Rp 197.8 Miliar. Selanjutnya, Pemkab Merangin juga melakukan efisiensi anggaran belanja daerah yang diamanatkan pada Permendagri. Efisiensi tersebut dari Rp 1.377 Triliun terealisasi Rp 1.302 Triliun. 

 “Tidak tercapainya target belanja daerah ini mengindikasikan bahwa anggaran yang sudah dialokasikan telah dilakukan berbagai efisiensi terhadap pengeluaran yang benar-benar kurang bermanfaat dan kurang dibutuhkan. Sisa hasil pengeluaran tersebut dapat dijadikan pemasukan bagi penerimaan daerah kemudian dialokasikan ke berbagai kegiatan pada tahun yang akan datang,” urai Bupati. 

Selanjutnya, Bupati menyampaikan jika ada beberapa isu yang mempengaruhi pada Aspek Ekonomi Makro, yakni laju pertumbuhan ekonomi yang meningkat, PDRB Perkapita yang meningkat, capaian indeks pembangunan manusia IPM. 

Selain itu juga dipaparkan berbagai kemajuan dibidang pendidikan baik sektor SDM dengan peningkatan mutu, akses dan pemerataan pelayanan pendidikan. Persentase guru tingkat pendidikan sarjana mencapai 70.83 persen, serta hasil UAS dari 15.710 siswa yang lulus sebanyak 98.02 persen. 

Kemudian juga pembangunan sarpras pendidikan yakni USB 3 Unit, rehab bangunan sekolah 126 unit, Pada bidang kesehatan pertama menitik beratkan pada pelayanan kesehatan serta sarpras. 

Di tahun 2016 juga disalurkan beasiswa Keluarga Miskin (Gakin) putra putri Merangin yang berdomisili di desa terpencil untuk mengikuti pendidikan D3 Kebidanan, Analisis Kesehatan dan Farmasi di Poltekes Jambi. Selain itu juga peningkatan sarana pelayanan kesehatan masyarakat, tenaga medis. 

“Bidang infrastruktur pada tahun 2016 dilaksanakan penanganan pengaspalan jalan sepanjang 48,748 KM, perkerasan, 26,010 KM, pembangunan jembatan pracetak/konvensional 3 unit. Sampai akhir 2016, 68,37 persen jalan dalam kondisi mantap yang terdiri dari baik dan sedang. Dan seluruh desa telah dialiri listrik,” ungkap Bupati. 

Tidak itu saja, sejumlah pencapaian kinerja bidang lainnya juga dipaparkan bupati, baik dari sektor produksi padi, pertanian dan UMKM, swasembada pangan, perbantuan APBN. (JP-Yah)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos