Home » , » Jelang Puasa, Warga Jambi Ramai-Ramai Ziarah dan Berdoa

Jelang Puasa, Warga Jambi Ramai-Ramai Ziarah dan Berdoa

Written By jambipos-online on Friday, May 26, 2017 | 17:09

Ziarah kepada sanak saudara atau orang terkasih yang mendahulia mereka. Ziarah dengan membersihkan makam dan menabur kembang serta memanjatkan Doa baca Yasin tampak di TPU Kebun Jahe, Kota Jambi, Jumat (26/5/2017). Foto Asenk Lee Saragih.



Jambipos Online, Jambi-Ramai-ramai mendatangi kuburan dan membersihkannya serta berziarah sembari memanjatkan Doa merupakan tradisi setiap tahunnya jelang datangnya bulan puasa. Pemakaman umum selalu ramai didatangi warga dan melakukan Doa. Bahkan penjual kembang untuk ziarah juga selalu ramai. 

Pengamatan Jambipos Online, Jumat (26/5/2017) di Pemakaman Kebun Jahe, TPU Singkawang Telanaipura, TPU Puncak Jelutung suasana khusuk tampak dilakukan oleh warga Kota Jambi saat melakukan ziarah dan memanjatkan Doa. Tiga TPU di Kota jambi itu sangat ramai di kunjungi warga Kota Jambi. 

Ratusan makam didatangi pihak keluarganya yang masih hidup dan memanjatkan Doa. Selain saling membersihkan makam keluarga masing-masing, mereka juga membaca surat Yasin dan doa kepada arwah keluarganya yang telah mendahului. 

Menurut Sabrina, warga Puncak Jelutung, kegiatan ini sudah dilakukan setiap tahunnya. Selain untuk gotong-royong membersihkan makam juga untuk mendoakan arwah keluarganya. 

“Rumahnya tidak ada yang dekat dengan lokasi makam. Jadi bisa juga untuk silaturahmi sesama keluarga setelah satu tahun tidak pernah bertemu. Moment ziarah ini atau nyekar salah satu tradisinya,” katanya. Sabrina yang datang dengan anaknya, mengaku datang ke kuburan untuk berziarah ke makam datuk dan ayahnya yang sudah mendahului puluhan tahun silam. 

 “Kami kakak dan adik serta anak saya setiap tahun berziarah. Ya kita mendoakan semoga arwah datuk dan ayah serta keluarga lainnya amal ibadahnya diterima disisi Allah,” ujar Sabrina. 

Selanjutnya, sejumlah keluarga besar lainnya banyak berdatangan ke pemakaman keluarga TPU Singkawang, Puncak Jelutung. Usai melakukan doa bersama dan menabur bunga, mereka kembali he rumah masing-masing untuk persiapan malam pertama sholat terawih dan puasa Ramadhan di hari pertama. (JP-Lee)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos