Home » , , , » Ivan Wirata Sambut Baik Penambahan Jumlah Kursi DPR RI Dapil Provinsi Jambi

Ivan Wirata Sambut Baik Penambahan Jumlah Kursi DPR RI Dapil Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Monday, May 1, 2017 | 06:42

Jambipos Online, Jambi-Ketua Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Organisasi Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Jambi H Ivan Wirata ST MM MT menyambut baik penambahan jumlah kursi DPR RI Dapil Provinsi Jambi. Penambahan kursi itu tertuang dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang ada penambahan jumlah kursi DPR RI. Yakni dari 560 menjadi 579. Pertambahan ini berdampak pada kuota kursi DPR RI daerah pemilihan Provinsi Jambi. 

Karena jika sebelumnya hanya memiliki jatah 7 kursi kini bisa mendapatkan tambahan satu kursi lagi menjadi 8 kursi. Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi kepada wartawan, Senin (1/5/2017) mengatakan, penambahan jumlah kursi terungkap dalam pembahasan RUU pemilu di DPR RI. Hasil simulasi keputusan sudah hampir disepakati. 

Keputusan rapat terbatas pansus RUU Pemilu tinggal menunggu Paripurna DPR RI. “Kursi DPR RI bertambah menjadi 579. Untuk Jambi, dari 7 kursi pada Pemilu 2014 bertambah 1 kursi sehingga menjadi 8 kursi untuk pemilu 17 April 2019,"katanya. 

Ia menjelaskan, selama ini alokasi kursi Dapil didasarkan pada jumlah penduduk, tanpa mempertimbangkan hal lain. Penambahan berdasarkan cakupan luas wilayah serta munculnya daerah pemakaran baru. “Untuk kepastiannya kita masih menuggu. Tapi kalu sudah di Pansus, biasanya sudah tidak ada masalah,” katanya. 

Ia menjelaskan, jika data pemilih sekitar 2,4 juta, maka harga satu kursi 432.410. Ini Berdasarkan keputusan rapat terbatas pansus RUU Pemilu. 

“Tapi tergantung partisipasi pemilu. Tapi jika partisipasi sekitar 70 persen berarti suara sekitar 1.680.000 berarti harga satu kursi sekitar 210.000. Yang jelas peluangnya lebih besar,"katanya. 

Menanggapi hal itu, H Ivan Wirata yang juga mantan Kadis PU Provinsi Jambi itu menyambut baik penambahan kursi tersebut. Hal itu lebih memberikan peluang bagi orang-orang yang ingin menjadi Caleg dan tulus membangun Provinsi Jambi di Senayan. 

Disebutkan, jumlah 8 kursi untuk DPR RI Dapil Provinsi Jambi lebih memberikan ruang kepada kandidat dan memberikan pilihan yang lebih banyak kepada masyarakat Provinsi Jambi untuk memilih wakilnya di Senayan. 

H Ivan Wirata sendiri kini berniat untuk maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi untuk Pemilu 17 April 2019 mendatang. Niat tulusnya untuk membangun Provinsi Jambi sudah ditekadkan sejak aktif jadi PNS dan kini terjun ke dunia politik.


Saat ini 7 Anggota DPRRI dapil Provinsi Jambi berasal dari Partai Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, PKB dan PPP. (JP-Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos