Home » , , » Harga Daging Sapi di Kota Jambi Melejit

Harga Daging Sapi di Kota Jambi Melejit

Written By jambipos-online on Saturday, May 27, 2017 | 09:03

Jambipos Online, Jambi-Harga daging sapi di Kota Jambi mulai melejit beberapa hari menjelang bulan Puasa atau Ramadan 1438 Hijriyah. Kenaikan harga daging sapi di kota itu mencapai Rp 15.000/kilogram (kg). 

Pantauan di Pasar Handil Jaya, Jelutung, Kota Jambi, Sabtu (27/5/2017) pagi, harga daging sapi mencapai Rp 140.000/kg atau naik dari harga pekan lalu Rp 120.000/kg. Menurut para pedagang, kenaikan harga daging sapi tersebut disebabkan meningkatnya permintaan dan naiknya harga sapi menjelang Ramadan. 

“Kami menaikkan harga daging sapi menjelang Ramadan ini karena harga pembelian sapi juga naik. Kemudian permintaan daging sapi beberapa hari menjelang Ramadan meningkat, sedangkan pasokan daging sapi ke pasaran tetap,”kata Yusdi (40), pedagang daging sapi di pasar Handil Jaya. 

Sementara itu, warga Kota Jambi mengeluhkan tingginya kenaikan harga daging sapi menjelang Ramadan. Kenaikan harga daging sapi yang diikuti kenaikan harga daging ayam maupun kebutuhan pokok lainnya menyusahkan warga masyarakat kurang mampu. 

“Kami terpaksa membeli daging sapi Rp 140.000/kg karena daging sapi beku yang harganya katanya Rp 90.000/kg belum ada di pasar Angsoduo Kota Jambi. Kami mengharapkan pasokan daging sapi beku segera masuk ke Jambi agar warga kurang mampu bisa membeli daging dengan harga murah,” katanya. 

Kenaikan harga daging sapi di Kota Jambi juga diikuti kenaikan harga daging ayam ras. Harga daging ayam ras di kota itu Sabtu (27/5) sudah mencapai Rp 35.000/kg atau naik dari harga pekan lalu Rp 30.000/kg. 

Harga daging ayam tersebut diperkirakan masih naik memasuki bulan Ramadan hingga Idul Fitri nanti. Sementara harga daging ayam kampung dibadrol Rp 60.000/kg naik dari sebelumnya Rp 50.000/kg. 

Sementara itu, Gubernur Jambi, Zumi Zola ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di pasar tradisional Angso Duo Kota Jambi, Kamis (25/5/2017) mengatakan, kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok di kota itu menjelang Ramadan masih dalam batas normal. Kemudian ketersediaan daging sapid an berbagai kebutuhan pokok lainnnya di kota itu masih terjamin. 

“Pantauan saya di lapangan, belum ada gejolak harga dan kelangkaan kebutuhan pokok di Jambi. Kalau pun terjadi kenaikan harga daging sapi, ayam, dan kebutuhan pokok lain masih dalam batas wajar. Untuk mengendalikan kenaikan harga dagingsapi, saya meminta dinas pertanian dan perternakan kota,kabupaten dan provinsi di Jambi mempermudah izin bagi pedagang yang ingin memasok daging sapi kepada para pedagang,” katanya. 

Zumi Zola juga meminta Bulog Jambi segera mendistribusikan daging beku ke pasar-pasar di Kota Jambi mencegah terjadinya gejolak harga daging sapi. Pasokan daging sapi beku ke pasar di Kota Jambi bisa bisa membantu masyarakat mendapatkan daging sapi murah dan berkualitas selama Ramadan hingga Idul Fitri nanti. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos