Home » , , » Gubernur dan Kapolda Jambi Bahas Soal Penanggulangan PETI, Karhutla, dan Satgas Pangan

Gubernur dan Kapolda Jambi Bahas Soal Penanggulangan PETI, Karhutla, dan Satgas Pangan

Written By jambipos-online on Monday, May 8, 2017 | 20:28



Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli menerima kunjungan Kapolda Jambi Brigjen Pol Drs Priyo Widyanto MM di rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (8/5/2017) pagi. Pertemuan tersebut merupakan koordinasi kerja antar kedua pimpinan itu yang juga merupakan representasi koordinasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi bersama Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi. 

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda didampingi oleh Karo Operasional (Ops), Kombes Pol. Taufiq Tri Atmojo, Dirsabara, Dirkrinsus, Kabid Propam, dan Kabid Humas Polda Jambi. Penanggulangan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan pembentukan satuan tugas (Satgas) Pangan merupakan titik berat pembahasan dalam pertemuan tersebut. 

“Agenda dan koordinasi antara Pemprov Jambi bersama Polda serta Danrem 042 Gapu dan jajarannya, dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan pertemuan yang akan melibatkan, Kades, lurah dan camat, kalau bisa bupati/walikota ikut hadir. Yang kita bahas masalah PETI kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan pembentukan satgas Pangan. Aada beberapa hal yang akan disampaikan langsung oleh Bapak Kapolda," jelas Zola. 
 
“Kita targetkan rapat koordinasi ini sebelum puasa ini sudah siap, rapat koordinasi ini sangat penting sekali. Untuk itu, nantinya Sekda agar mengoordinasikan dengan kabupaten/kota se Provinsi jambi," katanya. 

“Dalam rapat nanti akan dibahas rencana aksi langkah-langkah pencegahan, penghentian, dan penyelesaian masalah, serta upaya pemulihan kawasan hutan dan lahan bekas PETI," ujar Zola. 

Disebutkan, Provinsi Jambi masuk daerah yang diminta untuk mempersiapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sesuai intruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). “Untuk itu, kita perlu bisa mengendalikan pencegahan sedini mukin, dengan cara membentuk pos-pos dan petugas yang berada di lapangan," jelasnya. 

Selain itu, guna mengantisipasi lonjakan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) terutama menjelang Bulan Puasa dan Lebaran tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Kepolisian Daerah (Polda) Jambi segera akan membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi dan akan diikuti kabupaten/kota. 

Tujuannya adalah untuk mengontrol harga komoditi di pasaran dan bila di Jambi ini ada satu komoditi yang naik, maka Pemerintah Daerah akan cepat melaporkan dan minta dukungan ke kementerian. 

Sementara Kapolda Jambi Brigjen Pol Drs Priyo Widyanto MM mengatakan, diantara permasalahan yang dibahas dan menjadi fokus perhatian soal pemberantasan PETI di sejumlah daerah di Provinsi Jambi, serta permasalahan lainnya seperti peredaran gelap narkotika. 

Selain PETI, pencegahan terhadap terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (karhula) juga akan menjadi fokus perhatiannya. Priyo tidak ingin saat musim kemarau nanti terjadi Karhutla di Jambi. 

“Karhutla juga akan kita antisipasi. Kita berharap mudah-mudahan kemarau tahun ini tidak panjang. Saya akan melanjutkan program serta kebijakan yang telah dibuat oleh Kapolda Jambi Pak Brigjen Yazid Fanani. Saya mohon dukungan dan kerja sama dari semua pihak, agar tugas yang kita emban ini dapat dilaksanakan dengan lancar,” katanya. (JP-Lee) (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos