Home » , , , » Elviana: Kreativitas Kelompok Tani Mekar Jaya Buat Kompos Melawan Kemiskinan

Elviana: Kreativitas Kelompok Tani Mekar Jaya Buat Kompos Melawan Kemiskinan

Written By jambipos-online on Thursday, May 11, 2017 | 09:10

 
Jambipos Online, Tanjabar-Kreatifitas Kelompok Tani Mekar Jaya Desa  Desa Dataran Kempas, Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam mengolah tandan kosong sawit dicampur kotoran ternak menjadi kompos harus diapresiasi. Pasalnya di tengah kemiskinan warga, mereka tidak menyerah namun berkreasi dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan membuahkan hasil. Program yang terintegrasi benar-benar dapat menolong rakyat bangkit dari kemiskinan.

“Setelah lebih kurang satu jam menempuh jalan tanah dan koral kebun PT WKS, ketemu desa di tengah kebun sawit. Pidato Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya benar-benar menggugah hati. (“Ditengah kemiskinan kami, kami mencoba bertahan hidup dengan mengolah tandan kosong sawit ini yang dicampur dengan kotoran ternak sapi untuk dijadikan kompos"),” kata Hj Dra Elviana Msi Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Provinsi Jambi saat masa Reses di Jambi, Rabu (10/5/2017). 

“Melihat kegiatan usaha masyarakat ini bisa mensejahterakan rakyat dan berpotensi menekan laju inflasi. Maka kita salurkan dana PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) untuk membantu usaha peternakan sapinya,” tulis Elviana. 

“Alhamdulillah produksi kompos rakyat Desa Dataran Kempas ini diborong semuanya oleh PT WKS. Sekarang 55 orang warga desa yang tergabung dalam kelompok tani tani ini sudah punya penghasilan tetap hingga Rp 3 Juta per bulan,” kata Elviana. 
Vielloeshant Carlusa (kiri), Elviana (kedua dari kiri).
Disebutkan, ternyata program terintegrasi benar-benar dapat menolong rakyat bangkit dari kemiskinan. Terintegrasi usahanya (kebun sawit dan ternak sapi) serta terintegrasi lembaga yang mensupportnya (Pemkab Tanjung Jabung Barat , Bank Indonesia, PT WKS dan LPPM UNJA).

 “Semoga program ini menular ke daerah lain se Provinsi Jambi. Proggram Sosial Bank Indonesia siap kita dorong untuk memberikan bantuan,” ujar Elviana.
Kunjungan itu juga dihadiri Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi Vielloeshant Carlusa. (JP-Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos