Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ekonomi Triwulan I 2017 Meningkat

Jambipos Online, Jambi-Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2017 tercatat sebesar 5,01% (yoy), membaik dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 4,94 % (yoy). Pertumbuhan tersebut juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016 yang sebesar 4,92% (yoy). 

Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2017 didorong oleh kinerja ekspor yang membaik, investasi yang meningkat, dan konsumsi yang tetap kuat. Perbaikan kinerja ekspor terutama dipengaruhi oleh membaiknya harga komoditas, seperti batubara dan minyak kelapa sawit, serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi dunia. 

Kinerja investasi membaik terutama didukung oleh investasi bangunan sejalan dengan berlanjutnya proyek infrastruktur pemerintah dan mulai meningkatnya pembangunan konstruksi sektor swasta. Sementara itu, kinerja investasi non bangunan tetap ditopang oleh penjualan mesin dan perlengkapan, serta kendaraan. 

Disisi lain, pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada triwulan I 2017 tetap kuat meskipun sedikit melambat dibandingkan periode sebelumnya. Ke depan, Bank Indonesia memperkirakan ekspansi perekonomian terus berlanjut pada triwulan II 2017. 

Perkembangan harga komoditas yang diperkirakan masih tetap tinggi dan membaiknya perekonomian dunia akan berdampak positif bagi kinerja ekspor Indonesia. 

Sejalan dengan itu, investasi diperkirakan juga terus membaik didukung oleh upaya Pemerintah untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif melalui percepatan reformasi struktural. Sementara itu, pelonggaran kebijakan moneter yang telah ditempuh diharapkan juga akan semakin memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi. 

Bank Indonesia akan terus mencermati berbagai perkembangan domestik dan eksternal, sekaligus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi. 

Dengan stabilitas makroekonomi yang terjaga, perekonomian Indonesia diharapkan dapat tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi secara berkesinambungan. (JP-Rel)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar