Home » , , , , , » Ditangan Syarif Fasha, Wajah Kota Jambi Tambah Mentereng

Ditangan Syarif Fasha, Wajah Kota Jambi Tambah Mentereng

Written By jambipos-online on Tuesday, May 16, 2017 | 14:49

Walikota Jambi H Syarif Fasha Duduk Santai di Taman Pedistrian Jomblo Kotabaru Jambi. Foto SAW

Bangkit Berdaya Jadi Tren Baru Bangun Infrastruktur 

Oleh: Rosenman Manihuruk 

Jambipos Online, Jambi-Sejak Syarif Fasha menjabat Walikota Jambi, hingga satu setengah tahun sisa kepemimpinannya, wajah Kota Jambi kini semakin mentereng (indah). Sejumlah taman dibanguan, jalan-jalan lingkungan dibangun dan penataan kota semakin rapih dan berkisinambungan. Komitmen kepemimpinan Syarif Fasha untuk merubah Kota Jambi menjadi kota besar harus diapresiasi semua pihak. 

Walikota Jambi Syarif Fasha sisa waktu 1,5 tahun jabatannya, Diriinya akan berusaha untuk merubah wajah Kota Jambi untuk jauh lebih baik lagi. Pembangunan saat ini dan juga akan berusaha untuk membuat masyarakat Kota Jambi bisa memanfatkan dari pembangunan-pembangunan yang telah dilakukannya. Inonavi Program “Bangkit Berdaya” menjadi tren baru dalam membangun infrastruktur perkotaan. (Baca: Ketika Taman Kota Jambi Jadi Sarana Hiburan Keluarga)

“Insa Allah nanti wajah Kota Jambi ini. Bisa berubah lagi dari saat ini dan juga bagaimana masyarakat bisa merasakan manfaat dari semua yang kami bangun,” kata Fasha dalam acara pemberian kursi roda kepada difabel di Kota Jambi, Senin (15/5/2017). Tidak hanya pembangunan prasarana saja, tetapi Fasha juga akan membangun tentang masalah akhlak, masalah pendidkan dan masalah kesehatan. 

“Kalau untuk masalah akhlak, kita berikan bantuan Guru Pahmi, Imam Masjid, Pemandi Jenazah, setelah itu juga penceramah," katanya. 

Fasha mengatakan bahwa program untuk kedepannya itu sudah ada, dengan sisa waktunya yang satu setengah tahun iya akan menuntaskan prasarana yang belum tersentuh olehnya. 

“Untuk kedepan, programnya juga sudah ada, jadi tetap kedepan dengan sisa waktu satu setengah tahun ini, kami akan tuntas juga prasarana yang belum tersentuh," katannya. 
Sarana Olahraga Taman Jomblo Kotabaru Jambi.
Fasha menambahkan, selama ini telah banyak pembangunan jalan maupun perbaikan jalan yang telah iya lakukan, tetapi banyak terdapat juga yang belum. Maka yang belum-belum itu akan diusahakannya disisa waktu jabatannya. Termasuk juga dalam penuntasan drainase. 

Fasha juga menyampaikan, bahwa berdasarkan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah dibuatanya, itu telah diselesaikannya dalam waktu tiga tahun. Selama tiga tahun juga, Fasha telah melaksanakan survei kepuasan publik terhadap pembangunannya dan hasilnya sangat signifikan. 

“Kalau dikatakan saya puas, saya tidak boleh puas, karena masih banyak yang belum saya lakukan. Target-targetnya sudah tercapai dalam tiga tahun. Dan capaian itu sudah hampir mendekati angka maksimal,” katanya. Program Bangkit Berdaya Inovasi kepala daerah saat ini sudah menjadi trend dalam sebuah pemerintahan. 

Bukan hanya tuntutan tapi sudah menjadi sebuah kebutuhan guna mempercepat tercapainya visi dan misi pembangunan. Inovasi Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam membangun kotanya dengan Program “Bangkit Berdaya” (Bangun Kecamatan Secara Intensif dan Terpadu Berazaskan Swadaya) akhirnya mendapat apresiasi dan menuai prestasi. Program yang diinisiasinya sejak 2014 lalu akhirnya kini mendunia. 

Inovasi yang terlahir dari kerja keras, ikhlas dan kerja cerdasnya itu menarik minat lembaga internasional penyelenggara penghargaan IOPD (International Observatory on Participatory Democracy), untuk mengkaji lebih dalam tentang program tersebut. Hal itu berawal saat dilakukan evaluasi permulaan oleh penyelenggaran IOPD pada Januari 2017 lalu. 

Program Bangkit Berdaya yang menekankan pada semangat partisipatif dan gotong royong itu akhirnya masuk nominasi penerima Best Citizen Participation. 
Pasukan Orange Kota Jambi.
Dan Kota Jambi termasuk di dalam 30 besar nominasi dari 7.000 kabupaten/ kota terbaik di dunia. Salah satu point dari penilaian selain program ini tepat sasaran dan hemat anggaran, Bangkit Berdaya juga dapat meningkatkan semangat kebersamaan, partisipasi dan gotong-royong yang notabene di lingkungan masyarakat perkotaan sudah memudar. Tim penilai IOPD melihat bagaimana program itu dapat memacu semangat kebersamaan dan bergotong royong yang saat ini sudah sangat susah ditemui. 

Mereka mengatakan bagaimana mungkin saat ini ada sistim yang mampu menggerakkan masyarakat yang berbeda strata, profesi, jenis kelamin, suku dan ras, namun bisa bersatu pada waktu yang sama dengan melakukan hal yang sama dengan tujuan yang sama pula. Wali Kota Fasha juga meningkatkan motivasi para Camat, Lurah dan Ketua RT se Kota Jambi yang merupakan fokus program Bangkit Berdaya itu. 

Bangkit Berdaya merupakan program membangun Kecamatan secara intensif yang berazaskan swadaya. Ini merupakan program percepatan pembangunan sarana prasarana dan utilitas lingkungan yang merata melalui bantuan bahan material/bangunan yang berbasis partisipasi masyarakat. Program Bangkit Berdaya ini, khusus diperuntukkan bagi lingkungan RT yang usulannya belum dapat diakomodir pada Musrenbang Pemkot. 

Meski begitu, program ini mampu menciptakan pembangunan yang merata berbasis kepada masyarakat di wilayah kecamatan dan kelurahan supaya fokus pada pengembangan sarana/prasarana dan utilitas masyarakat. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari program ini. 

Selain menumbuhkan semangat kebersamaan pada warga, kegiatan ini juga sekaligus menghemat anggaran. Karena dalam 1 tahun, Pemkot Jambi hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 7,5 miliar untuk membangun jalan-jalan lingkungan di kawasan RT. 

Itu karena pengerjaan jalan langsung dilakukan oleh masyarakat secara suka rela dan gotong royong tanpa digaji atau mendapatkan honor dalam jumlah tertentu. 

Filosofi Program Bangkit Berdaya 

Seperti dikutip dari jambikota.go.id, Filosofi Program Bangkit Berdaya (Bangun Kecamatan Secara Intensif dan Terpadu Berazaskan Swadaya) adalah untuk menciptakan pembangunan yang merata berbasis pengembangan utilitas lingkungan pada masyarakat dengan menumbuhkan semangat bergotong royong. 
 
Mobil Dinas Jadi Meja Kantor Mobile.
Penyelenggaraan Program BANGKIT BERDAYA dilaksanakan dalam bentuk pemberian bantuan material/bahan bangunan kepada kelompok RT yang telah memiliki rencana penggunaan bantuan dan wilayah kerja yang terdokumentasi dengan baik. 

Program Bangkit Berdaya ditujukan untuk mendorong percepatan pembangunan saran prasarana dan utilitas lingkungan rukun tetangga (RT) dalam wilayah Kota Jambi dan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan lingkungan. 

Sasaran bantuan material/bahan bangunan adalah kelompok rukun tetangga dalam wilayah kota Jambi yang telah mengusulkan rencana penggunaan bantuan material/bahan bangunan dimaksud dan telah terkompilasi dalam data pokok hasil usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Jambi, dan telah diverifikasi ulang oleh Camat pada masing-masing wilayah Kecamatan, serta secara khusus telah mengajukan dokumen usulan kepada Camat melalui Lurah pada masing-masing wilayah Kecamatan. 

Prinsip Pelaksanaan 

Sementara prinsip pelaksanaan Program Bangkit Berdaya adalah: Keadilan (Menekankan pada aspek pemerataan, tidak diskriminatif dan seimbang antara hak dan kewajiban), Kemanfaatan (Dilaksanakan dengan memperhatikan kegunaan atau fungsi dari barang/ruang/kondisi yang diperbaiki atau diganti), Keterpaduan (Mengintegrasikan berbagai komponen terkait sehingga dapat berjalan secara terkooordinir dan sinergis). 

Kemudian Kemitraan (Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dibutuhkan kemitraan dengan berbagai pihak), Keterbukaan (Pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan ini berhak mendapatkan informasi yang benar dan bersedia menerima masukan bagi keberhasilan pelaksanaan kegiatan). 

Selanjutnya Akuntabilitas (Berbagai sumber daya yang digunakan dengan penuh tanggung jawab dan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis maupun administratif), Partisifasi (Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan unsur masyarakat termasuk dunia usaha dengan mendayagunakan berbagai sumber daya yang dimiliki), Keberlanjutan (Dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mencapai kesejahteraan dan kemandirian). Organisasi pelaksana Program Bangkit Berdaya Tahun 2015 llau dilaksanakan oleh SKPD Kecamatan se Kota Jambi. 

Intansi teknis terkait pelaksanaan kegiatan dapat melakukan pendampingan kepada Tim Kecamatan demi kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Saran Prsarana dan Utilitas Lingkungan Program Bangkit Bardaya yaitu melakukan koordinasi, pembinaan serta melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan Kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana dan Utilitas Lingkungan Program Bangkit Berdaya di Kota Jambi. 

Raih Government Award Terbukti inovasi dan kreatifitas yang dilakukan Walikota Syarif Fasha sudah mengharumkan nama baik Kota Jambi di kancah nasional. 

Seperti berhasil masuk 30 besar sebagai kepala daerah berpengaruh lewat inovasi Bangkit Berdaya dari 7000 kabupaten/kota se dunia, kini Fasha dinobatkan sebagai kepala daerah terbaik dengan inovasi Layanan Kesehatan. 

Bahkan Syarif Fasha peraih inovasi Government Award tahun 2017 dari media massa terkemuka Sindo Weekly Magazine (MNC Media Group). Fasha juga merupakan satu-satunya kepala daerah di provinsi yang dinyatakan lulus seleksi oleh para pakar. 

Setelah dilakukan penilaian sepanjang tahun 2016 lalu, tim ahli dan pakar dari berbagai bidang keahlian menetapkan Bapak H. Syarif Fasha, ME, Wali Kota Jambi sebagai kepala daerah yang kreatif dan inovatif dengan inovasi layanan kesehatannya. 

Anugerah Government Award 2017 tersebut diserahkan secara langsung oleh Mendagri RI Tjahjo Kumolo, Menteri KPDT Eko Putro Sandjojo, Ketua DPD RI Mohammad Saleh serta Hary Tanoesoedibjo selaku CEO MNC Group pada tanggal 3 April 2017 lalu di Jakarta. Penghargaan itu yang kali ke-3 beturut-turut diraih Wali Kota Jambi H Syarif Fasha. 

Setelah sebelumnya ditahun 2015 meraih penghargaan yang sama untuk kategori Kreatifitas Peningkatan PAD, semantara pada tahun 2016 kita juga berhasil meraih Government Award untuk kategori Tata Kelola Pemerintahan (Good Governance) dan Wali Kota Syarif Fasha April 2017 kembali lagi terpilih sebagai kepala daerah inspiratif di Indonesia dengan Inovasi Layanan Kesehatan Terbaik. 

Penghargaan atas inovasi layanan kesehatan tersebut adalah bukti pengakuan kinerja terhadap berbagai inovasi dan kreatifitas yang telah banyak dilahirkan Wali Kota Syarif Fasha dalam pemberian layanan kesehatan masyarakat. 

Berbagai inovasi dan kreatifitas Wali Kota Syarif Fasha dalam aspek layanan kesehatan masyarakat diantaranya, pendelegasian kewenangan penerbitan SKTM oleh Ketua RT bagi masyarakat untuk berobat gratis di fasilitas kesehatan milik pemerintah, pembenahan sarana dan prasarana serta peningkatan status Puskesmas, peningkatan sarana dan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah H Abdul Manap. 


Kemudian layanan kesehatan di rumah (Home Care), Klinik Lansia, Wisuda ibu hamil dan balita, program kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas, dan program penanggungan biaya pengobatan lanjutan/rujukan gratis di luar Provinsi Jambi bagi pasien dan keluarganya. 

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha juga meraih Kstaria Bhakti Husada dari Kementerian Kesehatan RI itu juga berhasil meraih penghargaan TOP 25 untuk inovasi Layanan Klinik Lansia dari Kementerian PAN-RB. 
Inivasi Baru dengan pawai Perahu di Sungai Batanghari dalam rangka Hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Ke 616 dan HUT Pemerintah Kota Jambi Ke-71, Minggu 14 Mei 2017. IST

Inovasi Layanan Klinik Lansia itu juga kini diikutsertakan dalam penilaian inovasi internasional yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Inovasi dari sebuah kota mutlak dilakukan oleh seorang pemimpin. Langkah ini selain menunjukkan kapasitas dan kredibilitas pemimpin, juga berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. 

Di hari Jadi Kota Jambi Ke 616 Mei 2017 ini, Wajah Kota Jambi semakin indah dengan penuh inovasi pembangunan pro rakyat. Selama Hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Ke 616 dan HUT Pemerintah Kota Jambi Ke-71. (Berbagai Sumber/Penulis Redpel Jambipos Online)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos