Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Begini Kata Erwan Malik Soal Kanker Serviks dan Payudara



Jambipos Online, Jambi-Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Provinsi Jambi Drs H Erwan Malik MM menghimbau masyarakat untuk pro aktif dalam mendeteksi dini kanker. Jika masyarakat pro aktif datang memeriksakan diri secara dini (kanker) srviks dan payudara, maka respon terhadap hasil pemeriksaan bisa dilakukan lebih cepat. 

Himbauan tersebut disampaikan Erwan Malik dalam Pelantikan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Jambi Periode tahun 2017 – 202, bertempat di Hotel Odua Weston Jambi, Selasa (02/5/2017). 

Selain pelantikan kepengurusan, dalam acara yang diselenggarakan oleh YKI Cabang Jambi ini juga dilaksanakan Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara. Ketua terpilih YKI Cabang Jambi, Dr.Rudi Gunawan beserta jajaran pengurus dilantik dalam acara tersebut. 

Disebutkan, Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat melalui berbagai program, baik itu program terkait peningkatan sarana dan prasarana medis maupun peningkatan kualitas layanan atau sumberdaya manusia (SDM). 

“Oleh karena itulah, kami Pemerintah Provinsi Jambi sangat membuka diri menerima masukan dan saran yang membangun dari seluruh komponen pembangunan, termasuk dari Yayasan Kanker Cabang Jambi,” katanya. 

Erwan Malik mengungkapkan, permasalahan kanker bukan hanya masalah Yayasan Kanker Indonesia. Tetapi ini adalah masalah bersama, untuk itu, Erwan Malik mengajak setiap individu agar dapat memberikan perhatian terhadap penyakit kanker dan melakukan upaya deteksi dini guna menekan angka kematian akibat kanker. 

“Pemerintah Provinsi Jambi sendiri melalui visi Jambi TUNTAS juga telah meletakkan kesehatan sebagai prioritas dalam pembangunan,” katanya. “Kita semua mengetahui bahwa salah satu faktor pemicu penyakit kanker adalah menurunnya kualitas lingkungan dan prilaku hidup yang kurang sehat,” katanya. 

Erwan Malik mengakui bahwa pemilihan kepengurusan YKI Cabang Jambi ini telah melalui proses musyawarah dan demokrasi serta diskusi dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita yang diharapkan bersama. Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar para pengurus YKI Cabang Jambi dapat belajar untuk bersikap lebih rasional dalam menjalankan roda organisasi. 

“Sebagai bagian dari anggota organisasi, saudara juga harus belajar bersikap bahwa perbedaan-perbedaan yang ada bukanlah sumber perpecahan, akan tetapi itu semua merupakan kekuatan yang harus kita himpun dan kita satupadukan, sehingga langkah menjadi semakin mantap dan tetap relevan serta eksis dalam menyikapi berbagai perubahan,” terangnya. 

Erwan Malik menambahkan bahwa kanker serviks termasuk salah satu penyakit yang banyak menyerang para ibu, oleh karenanya Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jambi saat ini gencar melakukan sosialisasi pendeteksian secara dini. 

“Kalau masyarakat kita tahu dan bisa mendeteksi secara dini, maka mudah-mudahan bisa kerumah sakit segera dan dapat tertolong,” katanya. 

Ketua YKI Pusat, Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, Sp PD KHOM FACP dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan meningkatkan sosialisasi pendeteksian secara dini terhadap kanker maka dapat menurunkan angka kematian. 

Sementara itu, ketua panitia penyelengara Seminar, dr. Suhair Quzwain, SpOG melaporkan, dengan mensosialisasikan mendeteksi secara dini gejala-gejala dan tanda-tanda kanker serviks dan payudara maka dapat mengurangi secara signifikan angka kematian khususnya para ibu di Indonesia. (JP-Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar