Home » , , , » Zola Bahas Potensi Kerjasama Dengan Tiongkok

Zola Bahas Potensi Kerjasama Dengan Tiongkok

Written By jambipos-online on Friday, April 7, 2017 | 09:02


Gubernur Jambi Zumi Zola dalam Pertemuan dengan Konjen Tiongkok untuk Wilayah Sumatera, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (6/4/2017).

Jambi Punya Banyak Potensi untuk Dikerjasamakan

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli mengatakan, kedatangan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok yang mewakili pemerintah Tiongkok ke Jambi adalah untuk membahas potensi-potensi yang bisa dikerjasamakan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dengan Pemerintah Tiongkok. 

Hal ini disampaikan Zumi Zola dalam Pertemuan dengan Konjen Tiongkok untuk Wilayah Sumatera, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (6/4/2017). Zola menyampaikan, Jambi memiliki banyak potensi untuk dilakukan kerjasama, seperti bidang pertanian, perkebunan dan perikanan. 

“Sudah ada perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Jambi, contohnya Petrochina di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang mengelola minyak dan gas (migas). Kita terus mempromosikan Jambi, supaya investasi-investasi dari luar banyak yang datang ke Jambi ini,” ujar Gubernur Zola.

“Kita mengundang dunia usaha dari negara negara luar untuk datang ke Jambi, kita akan mempermudah perizinan, pembebasan lahan untuk membangun pabrik-pabrik di suatu lahan dan meminta dukungan dari masyarakat guna menyambut kedatangan investor,” kata Zola.

Zola mengungkapkan, potensi untuk kerjasama pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung sangat besar. “Pelabuhan Ujung Jabung memang harus dibangun dengan bantuan investor, karena luas area Pelabuhan Ujung Jabung sanagat luas, seluas 4.200 hektare yang tidak mungkin dibangun hanya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terbatas,” ungkap Zola.

“Potensi sangat besar yang dimiliki Provinsi Jambi bisa menjadi daya tarik investor. Pertemuan selanjutnya akan mendatangkan perusahaan-perusahaan besar untuk membicarakan lebih khusus mengenai investasi apa yang akan diberikan kepada Provinsi Jambi,” pungkas Gubernur Zola.

Konjen Tiongkok untuk Wilayah Sumatera, Zhu Honghai mengungkapkan, kedatangannya ini untuk menawarkan kerjasama perusahaan-perusahaan asal Tiongkok dengan Pemerintah Provinsi Jambi.  Zhu menambahkan, Konjen Tiongkok Wilayah Sumatera ini bertempat di Sumatera Utara dengan wilayah kerja di 10 Provinsi termasuk Provinsi Jambi.

Zhu mengatakan, kunjungan ini merupakan tahap awal untuk terjalinnya kerjasama. “Konjen Tiongkok menangani bidang ekonomi, pertambangan dan kebudayaan. Kami ingin mendorong lebih banyak proyek untuk pembangunan di Jambi, serta mengharapkan Pemprov Jambi memberikan dukungan terhadap niat kami ini,” tutur Zhu.

“Kami mengharapkan Pemprov Jambi mengunjungi Tiongkok dan pihak kami akan memfasilitasinya. Setiap tahunnya di Tiongkok mengadakan expo dan menyambut baik jika Pemprov Jambi bisa mengikutinya, untuk memperkenalkan Jambi kepada masyarakat Tiongkok,” ujar Zhu.

Zhu mengajak Pemprov Jambi untuk melakukan penataran di Tiongkok, penataran yang dilakukan terkait bidang perdagangan, pertanian dan pengelolaan industri  serta akan difasilitasi oleh Pemerintah Tiongkok. “Saya mengajak Pemprov Jambi untuk datang ke Tiongkok pada bulan Juli, karena akan ada penataran terkait bidang pengembangan industri, pelabuhan dan pelayaran,” jelas Zhu.

“Kami akan mengajak perusahaan-perusahaan dari Tiongkok untuk bekerjasama dengan Pemprov Jambi, kami akan memfasilitasi Pemprov Jambi jika ada usulan yang akan disampaikan kepada perusahaan-perusahaan Tiongkok dan memberikan kesempatan untuk berkunjung tiap tahunnya ke Tiongkok,” pungkas Zhu. (Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos