Home » , , » Tingkatkan Kinerja OPD, Pembinaan Terus Dilakukan

Tingkatkan Kinerja OPD, Pembinaan Terus Dilakukan

Written By jambipos-online on Monday, April 10, 2017 | 14:44


Drs H Erwan Malik MM


Jambipos Online, Jambi- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya meningkatkan kinerja. Untuk itu, pembinaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara berkelanjutan. Senin (10/4) pagi, mewakili penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Jambi, Drs H Erwan Malik MM Asisten III Sekda, H Saipudin melakukan pembinaan ke Dinas Pertanian, Peternakan, dan Hortikultura Provinsi Jambi, di Paal 10, Kota Jambi.

Saipudin menjelaskan bahwa tujuan utama pembinaan dan pengarahan yang dilakukannya di Dinas Pertanian tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja OPD yang bersangkutan, teretama pasca pelantikan Eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi beberapa wajtu yang lalu, karenaa tujuan penggantian dan reposisi pejabat pada intinya adalah untun meningkatkan kinerja.

“Langkah-langkah ini diambil untuk menyikap pasca pelantikan Eselon III dan IV. Filosofi penggantian pejabat, tentu yang diharapkan adalah kinerja yang lebih baik. Tujuan Pak Gubernur mengganti, mengurangi, dan mereposisi pejabat adalah supaya kinerja para OPD akan lebih baik. Oleh karena itu, melalui Pak Sekda disampaikan kepada saya bahwa beberapa pejabat dari OPD terkait ikut hadir mengambil apel untuk menginventarisir permasalahan-permasalahan yang ada di Dinas Pertanian, sekaligus kita memberikan informasi yang terbaru tentang aturan-aturan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi kerja,” ujar Saipudin. 

Berkaitan dengan pembekalan yang perlu diberikan kepada para Eselon III dan IV dalam pelaksanaan pekerjaan, Saipudin mengatakan bahwa dia mengikutkan pejabat terkait dari Inspektorat, Badan Keuangan Daerah, Biro Aset, Biro Hukum, BKD, dan Satpol PP.

“Dalam pertemuan, masing-masing mereka menyampaikan pokok-pokok pikiran yang harus dilaksanakan, karena kita sadar, kita harus mengejar target, waktu berjalan terus. Kita berikan motivasi, kita harapkan melalui motivasi ini, semua OPD tidak lagi berlengah-lengah, tidal lagi bersantai-santai. Saya akan tekankan, sesuai pesan dari Pak Sekda, bagi mereka yang menempati jabatan sekarang, jangan euphoria, ayo segera bekerja, sesuai dengan dengan filosofi, satu pejabat diganti dengan pejabat yang baru, tentu yang diharapkan adalah kinerja yang lebih baik,” lanjut Saipudin.

“Ketiaka dievaluasi nanti, jika mereka yang baru tidak memiliki kinerja yang lebih baik dari yang lama, itu gagal. Itu merupakan evalusi dari pak Sekda, yang kemudian akan disampaikan kepada gubernur,” tambah Saipudin.

 “Hari ini, kita mengawali di Dinas Pertanian, Peternakan, dan Hortikultura. Persoalan yang lebih komplek adalah di Dnas (OPD) yang bergabung, pasti ada persoalan, terutama menyangkut asset, kepegawaian, mungkin gedung, makanya kita start dari sini. Direncanakan pada hari Kamis, dlakukan pengarahan di Dinas ESDM, jadi kita terus maraton kepada dinas-dinas, dan meraka yang hadir ini menyampaikan apa tugas yang diminta untuk dilaksanakan, misalnya inspektorat meminta apa yang harus dikerjakan dalam persiapan untuk meraih WTP, hukum juga minta menjelaskan tata laksana semua aturan-aturan yang ada, terutama pengelolaan keuangan, kerjasama, dan lain sebagainya,” jelas Saipudin.

Selain itu, Saipudin menegaskan supaya Pelaksana Tugas Kepala OPD bekerja maksimal, dan tidak ada keragu-raguan “Yang jelas, Pelaksana Tugas ini harus betul-betul maksimal, jangan ada keraguan, makanya kita support,” tegas Saipudin. (Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos