Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Rencana Relokasi Dua Puskesmas Disoal

Sekda Tanjabar Ambok Tuo.
Jambipos Online, Kualatungkal-Rencana Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) untuk memindahkan dua Puskesmas yang berada dalam kota Kualatungkal mendapat tanggapan serius dari tokoh masyarakat Kualatungkal. 

Pasalnya, dua puskesmas dalam kota yakni puskesmas I yang berlokasi di parit 3 Kelurahan Tungkal II dan puskesmas II yang berlokasi di jalan Srisoedewi Maschun Kecamatan Tungkal ilir itu dianggap sudah tepat berada di lokasi yang saat ini. 

“Rencana pemkab untuk memindahkan puskesmas itu apakah sudah di kroscek terlebih dahulu. Seperti puskesmas satu saya rasa sudah tepat berada di parit III karena dekat dengan pasar dari pada dipindahkan ke Parit V yang jauh dari kepadatan penduduk," ungkap Indra Sjafari, warga Tungkal Ilir, Rabu (26/4/2017). 

Selain itu, dijelakan dia, bahwa di Parit lima juga sudah ada Pustu (puskesmas pembantu) dan RSUD KH Daud Arif yang juga lebih dekat. “Intinya posisi puskesmas swkarang sudah tepat, dan pemkab harus kroscek lagi soal pemindahan puskesmas 1 maupun Puskeamas II yang sudah berada di Jalan Srisoedi parit gompang saat ini. Selain itu puakesmas 1 saat ini kan sedang dalam persiapan untuk akreditasi, jadi sayang kalau di pindahkan lagi," terangnya. 

Indra juga mempertanyakan terkait misi bupati untuk membangun rumah sakit terapung yang bisa di datangi oleh daerah tetangga selain Tanjabbar seperti dari Riau dan Tanjabtim. “Meskipun tidak boleh ada dua RSUD dalam kota, setidaknya pemkab bisa mencari solusi tanpa harus memindahkan puskeamas yang sudah ada," ujar Indra Sjafari. 

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kabupaten Tanjabbar, Faisal Riza menyebutkan bahwa itu baru rencana atau belum ada pembahasan oleh legealatif dan eksekutif. “Itukan baru perencanaan, harus dibhas dulu di DPRD. Nanti kita juga akan mendengar lansung bagaimana pendapat dari masyarakat setempat. Jika nantinya maayarakat tidak keberatan, selagi itu bagus akan kita setujui," jelas Icol, sapaan akrab Ketua DPRD di Kualatungkal, Rabu. 

Sementara itu, untuk mempertegas pernyataan bupati tanjabbar terkait rencana pemindahan Puskesmas, Sekda Kabupaten Tanjabbar, Ambok Tuo mengungkapkan rencana tersebut sudah menjadi keputusan pemkab dengan berbagai alasan. 

“Kalau sudah dipindahkan dan menjadi Puskesmas rawat inap 24 jam, nantinya puskesmas I di parit 3 kita jadikan untuk pengembangan pasar. Sementara puskesmas II di parit gompong akan kita tata menjadi lahan parkir," tegas Sekda. Dijelaskan Sekda, bahwa Tanjabbar perlu melakukan pengembangan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap. 

“Kapasitas RSUD kita yang ada sdah tdak sesuai dengan kepadaatan penduduk. Sebenarnya RSU juga akan kita kembangkan akan tetapi harus perlahan, kita prioritaskan dulu puskesmas mana yang perlu ditingkatkan, selain dua puskeamas di Tungkal ilir ada juga Satu peskesmas di Tungkal Ulu juga akan kita tingkatkan menjadi rawat inap," terang Ambok Tuo Usai menghadi aidang paripurna keempat di Gedung DPRD Kabupaten Tanjabbar. (JP-Ken)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar