Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ivan Wirata Rindu Membangun Provinsi Jambi Dari Senayan





Ivan Wirata Menuju Senayan 2019

Jambipos Online, Jambi-Ada Pepatah Mengatakan, Kegagalan Adalah Kesuksesan Yang Tertunda. Tentunya apa yang diusahakan seseorang untuk meraih cita-cita tak selamanya berjalan mulus. Tentu ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Tapi kegagalan yang dihadapi, merupakan pemacu semangat untuk bekerja keras dalam mencapai kesuksesan itu.

Dalam dunia politik memang tak semudah membalikkan tangan. Namun dunia politik membuat orang bisa untuk mengaktualisasikan buah pikiran dalam suatu kebijakan dalam pemerintahan. Hal ini juga yang bakal diupayakan seorang H Ivan Wirata ST MM MT. Meski belum beruntung untuk mencapai niat Bupati Muarojambi di Pilkada 15 Februari 2017 lalu, dirinya tidak akan patah arang.

Seorang Ivan Wirata adalah pejuang tangguh dan militansinya terhadap Provinsi Jambi tak diragukan lagi. Rela meninggalkan jabatan strategis sebagai Kadis PU Provinsi Jambi, hanya ingin punya niat untuk berbuat lebih kreatif dan bijak dalam membangun Jambi. Dan itu juga niatnya saat maju di Pilkada Muarojambi. 

Namun fakta berkata lain, Ivan Wirata belum mendapatkan simpatik lebih dari setengah penduduk Kabupaten Muarojambi. Namun kegagalan di Muarojambi menjadikan Ivan Wirata untuk membulatkan tekad untuk berbuat lagi untuk Provinsi Jambi.

Upaya untuk mewujudkan hal itu dengan terjun kedunia Politik secara total. Lewat partai politik adalah pintu masuk menuju Senayan 2019 mendatang. Dengan latar belakang Birokrasi di Bidang Ke Puan, tentunya sangat membuka peluang untuk terjun menuju Senayan dan membenahi infrastruk Provinsi Jambi lewat lobi-lobi politik di Senayan.

Mengutip perbincangan Ivan Wirata kepada brandanews.co.id, Senin (3/4/2017), masih banyak cerita negarawan lainnya yang belakangan sukses setelah menuai berbagai tantangan karena kegagalannya. 

Kenyataan inilah yang dialami Ivan Wirata, ST MMMT. Kekalahannya di Pemelihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muarojambi tahun 2017 lalu, bukanlah satu ganjalan yang dapat meghentikan dirinya. “Tiada kata berhenti untuk membangun negeri Jambi,” kata Ivan Wirata Senin (3/4-2017).

Ivan Wirata mengungkapkan, kalau yang dicari hanya duit – duit, dan seterusnya bertujuan untuk memperkaya diri, sebenarnya sudah dicapainya ketika menjalani karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan (Kadis) Dinas Pekerjaan Umum.
 
“Karier di PNS sudah berada dititik atas kalau di daerah dengan jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi. Tetapi sanggup semua itu saya lepaskan karena berkeinginan membaktikan apa yang ada demi tujuan membangun negeri itu,” kata Ivan Wirata yang juga Ketua SOKSI Jambi.

Karena itulah, dalam setiap langkahnya termasuk keinginannya maju sebagai calon Bupati Muarojambi yang lalu, tujuan itu dilandasi: Khairunnas Anfa’uhum Linnas, artinya (Sebaik-baiknya manusia yang membawa kemaslahatan buat manusia). Makanya, ketika kalah menghadapi Pilkada Muarojambi, bukan berarti menjadi terhenti untuk membangun negeri supaya dapat dinikmati masyarakat.

“Masih banyak yang dapat dilakukan, kalau cita-citanya seperti yang saya bawa selama ini. Buktinya, saya terus saja diundang untuk memberikan masukan sebagai tokoh masyarakat dalam Musrembang Kota Jambi yang baru-baru ini dilaksanakan. “Saya mantan Kadis PU Jambi, saya sudah memberikan masukan kepada Pemerintah Kota Jambi, terkait pentingnya pembangunan infrastruktur sebagai urat nadi perekonomian rakyat,” ujarnya.

Lantas, apa langkah Ivan Wirata selanjutnya setelah gagal memenangkan Pilkada Muarojambi, setidaknya, kata Dia, dirinya tetap memberikan masukan yang baik untuk rakyat kepada kepala daerah yang terpilih, sedangkan selanjutnya, mungkin saja akan maju menjadi wakil rakyat, entah itu di DPRD Jambi, entah itu DPR-RI, tentu kita lihat nanti. 

“Tetapi saya tidak muluk-muluk soal mau kemana nanti, tetapi yang jelas saya akan tetap berbakti dengan mengatakan tidak pernah berhenti membangun negeri ini,” terangnya.

Menyinggung soal kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Muarojambi, tentu kondisi sekarang merupakan tantangan berat siapapun yang memimpin daerah itu. Makanya, saya berfikir sebelumnya jika terpilih, tentunya itu merupakan ujian sedangkan ketika kalah jelas saya menyadari itu merupakan cobaan. “Dasar itulah, sehingga ketika menang bukanlah berarti kita hebat, dan kalah bukan berarti kita lemah,” ujarnya.

Persoalan membangun Muarojambi, sebenarnya dikatakan Ivan Wirata, bagaimana kita bisa melaksanakan tugas membangun negeri, sulit kita banyangkan kalau pemimpinnya tidak memiliki kekuatan multidimensi, jalan yang rusak di daerah itu tak mungkin dapat dibiayai hanya mengandalkan APBD daerah itu, dan belum lagi kondisi masyarakat khususnya petani, seperti sawit dan kelapa sawit yang sudah saatnya dilakukan replenting.

“Kita lihat saja nanti, apakah pemimpin daerah itu mampu mengatasi kondisi yang serba sulit itu, atau tidak, tetapi yang jelas rakyat sedang menguji mereka,” katanya.

Gelontorkan Dana Pusat

Menurut Ivan Wirata, persoalan yang dihadapi Provinsi Jambi dalam meningkatkan perekonomian terbentur pada infrastruktur. Pasalnya infrastruk merupakan urat nadi perekonomian, khususnya ke sentra-sentra perekonomian masyarakat dan juga obyek-obyek wisata di Provinsi Jambi.

Kata Ivan Wirata, upaya-upaya yang dilakukan Senator Jambi di Senayan hingga kini belum maksimal dalam melobi dana Pusat, khususnya bidang pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi. Jaringan dalam Politis harus dibangunh di Senayan dan juga di Kementarian PU-PERA dalam mengupayakan alokasi dana Pusat ke Provinsi Jambi.

Kerinduan itulah yang akan diwujudkan Ivan Wirata jika nantinya masyarakat Provinsi Jambi merestua dan mendoronya sebagai wakil rakyat (DPR RI) di Senayan. Dengan cara politis di Senayan tentunya akan mebuahkan hasil dalam melobi dana-dana Pusat untuk Provinsi jambi.

Kemampuan membangun jaringan-jaringan di Senayan dan Kementerian tentunya sebagai langkah kongkrit dalam melobi dana Pusat ke daerah. Tentunya ini bukan pekerjaan mudah, namun dibutuhkan strategi-strategi khusus namun dalam koridor Politik yang santun.

Pembangunan infrastruk di Provinsi Jambi membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pembangunan Kereta Api Trans Sumatera, Pelabuhan Ujung Jabung, Kawasan Ekonomi Wilayah Timur Provinsi Jambi, Peningkatan Tiga Bandara di Provinsi Jambi adalah Pekerjaan Besar dalam menentukan kemajuan Perekonomian Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi yang memiliki luas wilayah 53.435 kilometer persegi termasuk salah satu daerah di Sumatera yang memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, belum ditunjang pembangunan infrastruktur yang maksimal. Provinsi Jambi yang berpenduduk 3,5 juta jiwa tentunya dapat menjadi magnet ekonomi di wilayah Sumatera dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu beragam. Semoga H H Ivan Wirata ST MM MT Mendapat Dorongan Dari Masyarakat Provinsi Jambi Menuju Senayan 2019 Mendatang. Semoga. (Asenk Lee Saragih)
  

Profilnya H Ivan Wirata ST MM MT

Mundur sebagai Kapala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi karena merasa terpanggil membangun Muarojambi. Dengan kebulatan tekad, Ivan ngin membenahi kawasan yang kaya akan potensi sumber daya alam itu agar lebih maju ke depannya. Namun nasib belum diuntung. Kini H Ivan Wirata ST MM MT fokus ingin berbuat untuk Provinsi Jambi lewat Senayan (DPR RI).

Ivan Wirata merupakan pria kelahiran Air Tiris, Riau 27 Maret 1968 silam. Ia adalah menantu dari Ahmad Ripin, mantan Bupati Muarojambi pertama. Berikut ini Profile Lengkapnya.

KETERANGAN DIRI                                                                     
•Nama (Lengkap)-H. Ivan Wirata, ST, MM, MT           
•N I P-19680327 199703 1 002                  
•Pangkat Gol. Ruang Pembina ( IV/c ) TMT. 01/04/2013              
•Tempat & Tgl. Lahir-Air Tiris, 27 Maret 1968                   
•Jenis Kelamin-Laki-laki                   
•Agama-Islam            
•Status Perkawinan-Kawin    
                   
RIWAYAT JABATAN                                                                    
•1995 – 1997 : Staf Bagian Proyek Irigasi Wilayah Kerinci                   
•1997 – 1999 : Kepala TU Bag.Proyek Wilayah Batanghari - Tanjung Jabung
•1999 – 2000 : Koordinator lapangan Bag. Proyek Irigasi Wilayah Sarko - Bute                      
•2001 – 2002 : Assisten Pembinaan dan Pelaksanaan (Binlak) Proyek Irigasi Jambi                  
•2002 – 2003 : Kasi Pembangunan Pada Subdin Bina Marga Dinas PU Kab. Muaro       Jambi
•2004 - 2005: Pemimpin Bagian Proyek Pembangunan Tata Guna Air              
•2006 : Kepala SNVT Irigasi dan Rawa Jambi             
•2007 : PPK. Pengembangan Rawa                 
•2008 : Kepala SNVT Pelaksana Pengelolaan SDA Sumatera VI Provinsi  Jambi
•2009 : Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI                   
•2010 - 2011: Sekretaris Dinas PU Prov. Jambi           
•2011 – 2014 : Kepala Dinas PU Provinsi Jambi   
. 2016-Peserta Pilkada Calon Bupati Muarojambi   
                
 PENDIDIKAN
Pendidikan Umum                                     
•1975 – 1981 : SD No. 29 Pekan Baru            
•1982 – 1984 : SMPN 2 Pekan Baru               
•1985 – 1987 : SMAN 2 Pekan Baru              
•1987 – 1994 : Sarjana Teknik Jurusan Teknik Sipil Univ. Bung Hatta Padang  
•1999 – 2001 : Magister Management (MM) Labora Jakarta               
•2008 – 2009 : Magister Teknik Sipil (MT) Univ. Diponegoro Semarang
Latihan Jabatan (Km III, Km IV, SESPA dan lain-lain)                                                     
•1999 : Diklat ADUM  
•2004 – 2005 : Diklat PIM Tk. III                   
•2012 : Diklat PIM TK.II-                                                 
Penataran (P4, TARPADNAS, PEMILU, dan lain-lain) 
Pendidikan/Latihan/Kursus di DN (disebut gelar jika ada)                              
•1995 : Kursus Penyusunan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL / UPL) bidang PU (Komisi Pusat AMDAL Dep.PU)                   
•1999 : Pendidikan dan Pelatihan Tata Cara Pengadaan Jasa Konstruksi (Pusdiklat Peg. Dep. PU)       
•2000 : Diseminasi Penerapan Hukum di Lingkungan Sub Dinas Pengairan Dinas PU Provinsi Jambi (Dinas PU Prov. Jambi)                      
•2001 : Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Proyek (LAN)               
•2004 : Pelatihan Pejabat Inti Proyek (PIP) (Ditjen SDA)                     
•2005 : Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi (Pem. Prov.Jambi)                  
•2006 : Seminar Nasional Peran dan Prospek Pengembangan Rawa dalam Pembangunan Nasional (Ditjen SDA)                      
•2007 : Workshop Reformasi Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menuju ) Penyelenggaraan Infrastruktur ke-PU-an di Era Globalisasi Univ. Diponegoro)               
•2007 : Pelatihan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Sesuai Keppres RI No. 80 tahun 2003 (Angkatan XXIX) (LPPM Univ. Airlangga)                     
•2008 : Kuliah Perdana Mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil dengan Topik Pengaruh Kebijakan Nasional tata Ruang dalam Pembangunan Insfrastruktur dan Pengendalian Bencana Alam (Univ. Diponegoro)                     
•2009 : Pelatihan Perencanaan Strategik, kepemimpinan dan Teknik Negosiasi (PPM)
•2009 : Pelatihan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Sesuai Keppres (L4)
•2010 : Pendidikan dan Pelatihan Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (Pusdiklat BPKP)        
•2010: Diskusi Panel Nasional Tema Rawa untuk Pangan (HIMALIRA dan Ditjen SDA)                      
•2013 : Pelatihan Ahli Pengadaan Nasional                               
                                                                                  
PANGKAT GOLONGAN                                                                
•1997 : Penata Muda  ( III/a )              
•2001 : Penata Muda Tk. I  ( III/b )                 
•2002 : Penata  ( III/c )            
•2006 : Penata Tk. I  ( III/d )               
•2010 : Pembina  ( IV/a )                     
•2011 : Pembina TK.1  ( IV/b )            
•2013: Pembina Utama Muda  ( IV/c )             
                                                                  
TANDA JASA PENGHARGAAN                                                             
•2008 : Satyalancana Karya Satya 10 Tahun Presiden RI                      
•2008 : Penghargaan Kinerja Pelaksanaan tugas Tahun 2007-2008                   
                                                                      
KETERANGAN ORGANISASI                                                                 
Keterangan dalam Organisasi Profesi                                                          
•1. Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNIBB)                     
•2. Himpunan Ahli Teknik Hidrolik Indonesia (HATHI)            
•3.HimpunanMasyarakatPeduliRawa (HIMALIRA)                                                                                                                                                              
Keterangan dalam Organisasi Kemasyarakatan                                                      
•2012 : Pemuda Pancasila                    
•2013 : Pemuda Panca Marga              
•2014 : Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI)   



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar