Home » , , , , , , » Idola Apresiasi Musrenbang RKPD Pemkot Jambi Melibatkan Elemen Masyarakat

Idola Apresiasi Musrenbang RKPD Pemkot Jambi Melibatkan Elemen Masyarakat

Written By jambipos-online on Wednesday, April 5, 2017 | 00:12



H Ivan Wirata ST MM MT-Dodi Sularso (Idola) saat menghadiri  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Pemerintah Kota Jambi di Abadi Convention Centre (ACC) Jambi, Senin (3/4/2017).IST

Jambipos Online, Jambi-Mantan Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Muarojambi H Ivan Wirata ST MM MT-Dodi Sularso (Idola) mengapresiasi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Pemerintah Kota Jambi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat secara terbuka. Pelaksanaan Musrenbang berlangsung di Abadi Convention Centre (ACC) Jambi, Senin (3/4/2017) juga disiarkan secara langsung oleh stasion televisi lokal dan radio lokal Jambi.

Keterlibatan ribuan peserta Musrenbang mulai dari para Ketua RT, LPM, Lurah, Camat, perwakilan organisasi masyarakat, Akademisi, SKPD Kota Jambi, DPRD Kota Jambi, unsur Forkompimda, unsur DPRD dan Pemerintah Provinsi Jambi, kalangan Pers serta stakeholders pembangunan lainnya merupakan suatu kemajuan dalam mewujudkan Good Government dan Good Governance. 

Demikian disampaikan Ivan Wirata ST MM MT kepada Jambipos Online Selasa (4/4/2017) terkait dengan diundangnya Ivan Wirata ST MM MT-Dodi Sularso pada Musrenbang RKPD Pemerintah Kota Jambi tersebut. 

“Ini pertama kali di Indonesia adanya Musrenbang RKPD melibatkan seluruh elemen masyarakat dan dilakukan secara terbuka. Ini merupakan transparansi program kepada masyarakat. Musrenbang RKPD Kota Jambi dengan Tema "Mantapkan Era Kebangkitan untuk mewujudkan Kota Jambi Terkini" merupakan bagian dari Good Government dan Good Governance,” kata Ivan Wirata yang juga  menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Jambi ini.

Menurutnya, selain mendengarkan paparan Wali Kota Jambi Syarif fasha dan pihak-pihak terkait, Musrenbang Pemkot Jambi  juga diisi dengan dialog publik. Pelaksanaan  Musrenbang RKPD Kota Jambi itu menjadi wahana antar pihak-pihak yang langsung dan tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dengan pendekatan partisipatif. 
 
“Model Musrenbang Pemerintah Kota Jambi yang terbuka dengan memanfaatkan berbagai media ini patut mendapat apresiasi. Selain memang telah diamanahkan pemerintah pusat, setidaknya hal ini juga menunjukan spirit kolektif jajaran Pemerintah Kota Jambi dalam mewujudkan Good Government dan Good Governance. Ide kreatif Walikota Jambi Syarif Fasha dalam melaksanakan model baru Musrenbang ini adalah kemajuan dalam pemerintahan,” kat Ivan Wirata.

“Kami telah mendengar paparan Wali Kota Jambi dalam acara Musrenbang RKPD Pemerintah Kota Jambi 2018 dan siap memenangkan Jambi Terkini 2018-2023. Organisasi SOKSI juga akan berkontribusi dalam pembangunan kemajuan Kota jambi “Terkini,” ujar Ivan Wirata.

Kata Ivan Wirata, Musrenbang RKPD Kota Jambi itu telah memaparkan pokok-pokok rencana pembangunan Pemerintah Kota Jambi Tahun 2018, yang disampaikan langsung oleh Wali Kota Jambi H Syarif Fasha dihadapan ribuan peserta.

Pokok-pokok rencana pembangunan itu di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, sosial budaya, birokrasi dan juga pelayanan publik. 

Dikatakan, kepemimpinan Walikota Jambi Syarif Fasha yang sudah mampu menunjukkan kinerja dalam pembangunan Kota Jambi harus didorong. Kepemimpinan yang memiliki managemen, tegas dan berwibawa merupakan aset dalam memajukan suatu daerah. 

“Sudah sepatutnya kepala daerah itu memiliki kemampuan manajerial dalam birokrasi. Kemudian memiliki integritas dan komitmen dalam memajukan suatu daerah. Jadi kepala daerah itu bukan sebatas dukungan partai politik. Namun lebih kepada kemampuan dalam memimpin suatu pemerintahan yang mumpuni,” kata Ivan Wirata.

Ivan Wirata juga komit, mendorong Syarif Fasha untuk melanjutkan kepemimpinan untuk periode berikutnya. Karena Syarif Fasha dinilai mampu dan telah berhasil mengangkat derajat Kota Jambi sebagai Ibukota Provinsi Jambi yang berprestasi dan nyaman bagi penduduknya. (Asenk Lee)  

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos