Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gubernur Jambi: Perkuat Pembangunan dari Desa



Jambipos Online, Kerinci-Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli MA menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya memperkuat pembangunan dari desa. Memperkuat pembangunan dari bawah, dengan memadukan bercocok tanam, memelihara ikan, beternak, menanam kopi, wisata desa, dan kegiatan keagamaan. Hal ini disampaikan pada acara Balek Dusun Bangun Desa, yang bertempat di Desa Pendung Talang Genting (Pentagen) Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci, Senin (17/4/2017) Sore. 

Zola menjelaskan, acara balek dusun bangun desa ini adalah bagian dari program Desa TUNTAS (Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera). “Kita ingin memperkuat pembangunan dari tingkat desa, dengan melihat potensi desa yang ada yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jambi”. 

Zumi Zola menyampaikan, kebijakan kebijakan yang diberikan pemerintah oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, memberikan kesempatan untuk masyarakat ditingkat desa agar lebih maju lagi. Dana yang telah diberikan pemerintah dalam bentuk dana desa dan anggaran dasar desa yang telah dipercayakan kepada kepala desa, untuk digunakan demi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. 

“Masyarakat memiliki peran sangat penting untuk memonitor dana yang telah diberikan kepada desa, apakah dana yang diberikan benar-benar digunakan bagi kesejahteraan masyarakat. Saya berpesan kepada kepala desa agar dana ini digunakan untuk memajukan desa,” ujar Zola. 

Zola mengatakan, acara Balek Dusun Bangun Desa ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat yang tinggal didesa dan perlu adanya bimbingan dari bupati untuk memberitahu peran dan fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bagi masyarakat desa. 

 “Potensi yang dimiliki Kerinci ini ada pada sektor pertanian dan pariwisata, contoh dari sektor pertanian adalah kayu manis yang memiliki kualitas terbaik didunia, begitu pula dengan kualitas teh Kayu Aro dan Beras Payo Kerinci,” ungkapnya. 

Zola mengharapkan agar Badan Urusan Logistik (Bulog) dapat menampung hasil panen dari masyarakat dengan harga yang stabil, karena selama ini masyarakat bingung untuk menyalurkan hasil panen yang berlimpah dan harganya rendah. Lebih lanjut, Zola menjelaskan, potensi dari sektor wisata ada di Kerinci sudah dikenal oleh masyarakat luas, seperti Gunung Kerinci, Danau Kerinci dan Danau Kaco yang bisa dikembangkan lebih baik lagi. 

“Kita bisa lihat bersama sama pemandangan alam desa ini sangat menarik, tapi itu tidak cukup untuk menjadikan desa ini sebagai desa wisata, harus ada fasilitas pendukung lainnya seperti bisa dibangun flying fox dan tempat outbond,” kata Zola Bupati Kerinci Dr H Adirozal M Si menyampaikan, acara balek desa bangun desa merupakan bagian dari Desa TUNTAS. 

“Sirencanakan akan dibangun sebuah sinergi di desa, dimana akan ada peternakan, sawah, kebun kopi, kolam ikan, dan menjadikannya sebagai desa wisata. Desa ini dalam setiap kelompok masyarakatnya mempunyai tahfiz Al-Qur’an, setiap sore rutin diadakan pengajian dan anak muda di sini, semua bisa membaca Al-Qur’an bahkan menjadi hafiz Qur’an dan selalu mengirimkan anak mudanya untuk mewakili Kabupaten Kerinci dalam mengikuti Majelis Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi,” ujar Adirozal. 

Sebelumnya, Zola bersama Bupati Kerinci melakukan penanaman padi di lokasi luas tambah tanam padi jajar legowo, melepaskan benih ikan yang merupakan bantuan langsung kepada masyarakat, dan melakukan penanaman perdana jagung komposit di lahan perluasan areal tanam baru yang merupakan wilayah dari Desa Pentagen. 

Pada kesempatan ini, Gubernur Zola melantik Patriot Desa TUNTAS sebagai penggerak BUMDes provinsi dan melakukan launching Beras Kayo Kincai sebagai Beras Keluarga Indonesia. Pemerintah Provinsi Jambi memberikan bantuan alat pertanian kepada Bupati Kerinci berupa mesin pertanian pra panen dan sarana produksi untuk budidaya padi, jagung dan kedelai. (JP-Humas)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar