Home » , , , , » Gubernur Jambi: Anak Autis Punya Kesempatan untuk Berkarya

Gubernur Jambi: Anak Autis Punya Kesempatan untuk Berkarya

Written By jambipos-online on Sunday, April 2, 2017 | 22:12


Zumi Zola dalam Hari Peduli Autis Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Minggu (2/4/2017) pagi.



Zumi Zola dalam Hari Peduli Autis Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Minggu (2/4/2017) pagi.
Jambipos Online, Jambi- Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan bahwa anak-anak autis pun punya kesempatan untuk sukses berkarya dan untuk menjadi orang hebat. Namun, Zola menekankan, anak-anak autis butuh perhatian dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, dunia usaha, dan masyarakat. 

Hal itu disampaikan Zumi Zola dalam Hari Peduli Autis Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Minggu (2/4/2017) pagi. Tema acara yang diisi dengan kegiatan pentas seni dan bazar tersebut adalah “Grow Your Awareness” (Tumbuhkan Kepedulian Anda).

 Zola mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan acara ini tentu sebagai bentuk perhatian kepada anak-anak autis dan anak-anak berkebutuhan khusus, bahwa anak-anak autis tersebut butuh dukungan dan perhatian dari semua kalangan masyarakat.

 Zola mengungkapkan, semua orang, termasuk anak-anak autis dan berkebutuhan khusus harue mendapatkan akses pendidikan. Dan untuk itu, lanjut Zola, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan perhatiaan dan pelayanan khusus bagi anak-anak autis dalam bentuk Pusat Layanan Autis, agar anak-anak autis mendapatkan pelayanan yang lebih baik. 

“Pusat Layanan Autis merupakan fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, dengan tenaga pendidiknya. Kita juga berharap, bukan hanya di provinsi saja, tetapi juga Pemerintah Kabupaten/Kota memberikan perhatian yang sama, terutama dalam pendidikan mereka,” ujar Zola.

Zola mengungkapkan, anak-anak autis memang berkebutuhan khusus dan butuh perlakuak khusus, namun, anak-anak autis juga banyak yang mempunyai kelebihan. 

“Anak-anak autis itu anak-anak yang luar biasa sekali, memang berkebutuhan khusus dalam artian perlu perhatian lebih, dari orangtua dan keluarga, dan kita semua. Tetapi mereka punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh anak-anak pada umumnya. Misalnya tingkat konsentrasi yang luar biasa. Ketika dia sudah fokus pada satu hal, satu bidang, dia akan konsentrasi sampai pada akar-akarnya. Bahkan bisa menjadi ahli atau sangat terikat sekali. Ini sudah dibuktikan, orang yang autis ini bisa menjadi orang-orang hebat, diantaranya Albert Einstein, Mozart, Kim Borton (salah satu sutradara di Hollywood). Artinya apa, memiliki autis itu tidak menghambat seseorang untuk menjadi orang sukses, itu juga yang kita harapkan dari anak-anak kita di Jambi ini,” jelas Zola. 

 “Tentu ini butuh dukungan dan perhatian dari orangtua, kakak, adik , dan semua keluarga, dan juga para guru di sekolah. Saya apresiasi sekali kepada semua pendidik anak-anak autis dan berkebutuhan khusus, termasuk juga pendidik dari SLB. Ini bukan pekerjaan mudah, butuh dedikasi dan komitmen yang sudah mereka berikan kepada nak-anak. Ini menjadi perhatian dari kami Pemerintah Provinsi Jambi kepada anak-anak kita. Insyaallah, mereka pun punya kesempatan untuk menjadi orang hebat dan sukses,” tutur Zola. 

 Pada kesempatan tersebut, panitia memberikan kue ulang tahun dilengkapi lilin ulang tahun kepada Gubernur Jambi, Zumi Zola, yang pada 31 Maret2017 tepat berusia 37 tahun. Zola menyuapkan kue ulang tahunnya tersebut kepada semua anak-anak autis tersebut satu per satu. Menanggapi hak tersebut, Zola menyatakan bahwa dirinya sangat senang dan terharu, dan merupakan kesempatan yang sangat istimewa meniup lilin ulang tahun bersama anak-anak autis dan berkebutuhan khusus. 

 “Saya sangat terharu karena tidak menyangka mendapatkan kejutan, tiup lilin dengan anak-anak autis, suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Saya mohon doanya supaya dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat Provinsi Jambi, dan kita doakan juga anak-anak autis ini, agar mereka bisa menjadi kebanggaan kita,” ujar Zola.

Selain itu, Zola mengapresiasi semangat para anak-anak autis, orangtua, keluarga, guru, dan panitia, yang tetap antusias menyelenggarakan acara, meskipun dalam kondisi hujan yang cukup deras.

Pada kesempatan tersebut, Zola menyerahkan secara simbolis dana yang terkumpul dari Gerakan Seribu Koin untuk Anak-anak Khusus, dengan dana yang terkumpul Rp22.995.000, dan Zola memberikan (menambahkan) bantuan Rp13 juta, agar setiap anak autis mendapatkan Rp1 juta per orang. Namun, Zola menyatakan bahwa dia dan istrinya Hj. Sherrin Tharia Zola akan menambah bantuan kepada anak-anak autis sehingga setiap anak autis bisa mendapatkan Rp2 juta per oang.

Selanjutnya, Zola melepas sekumpulan balon sebagai pertada Hari Peduli Autis Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, serta meninjau bazar makanan sehat.

Ketua Pusat Layanan Autis Provinsi Jambi, Triono,S.Pd,M.Pd menyampaikan, Pusat Layanan Autis Provinsi Jambi beroperasi sejak Januari 2015, dengan tugas pokok dan fungsi adalah memberikan terapi kepada anak-anak autis sebelum sekolah, dan setelah siap untuk masuk sekolah baru ditempatkan di sekolah, baik sekolah regular maupun sekolah luar biasa.

Triono menyatakan, dalam rangka Hari Peduli Autis Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, telah dilakukan seminar nasional pada 25 Maret 2017, Gerakan Seribu Koin untuk Anak-anak Autis, yang dimaksudkan untuk menggugah kepedulian masyarakat, khususnya remaja supaya peduli dan lebih peduli lagi kepada anak-anak autis dan berkebutuhan khusus, dengan donasi yang terkumpul Rp22.995.000.

Dikatakan oleh Triono, sedianya direncanakan untuk melaksanakan Jalan Sehat pada Minggu (2/4/2017) jam 06.30, namun karena hujan cukup deras dan lama, maka kegiatan jalan sehat tersebut pun ditiadakan.

Penampilan lagu, main angklung bersama, dan pantomim, yang semuanya diperagakan oleh anak-anak autis, turut memeriahkan acara tersebut. Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM dan Asisten III, H.Saipudin turut hadir dalam acara tersebut.  (ADV-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos