Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gangguan Internet Buyarkan Konsentrasi Peserta UNBK di Jambi

Jambipos Online, Jambi-Gangguan jaringan internet dan padamnya listrik mengecewakan dan membuyarkan konsentrasi para siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. Pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah di Kabupaten Sarolangun dan Batanghari misalnya terganggu akibat terputusnya jaringan internet dan padamnya listrik. 

Wakil Kepala Sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sarolangun, Elizar di Sarolangun, Selasa menjelaskan, pelaksanaan UNBK di satu kelas SMAN 1 Sarolangun, Senin terganggu akibat jaringan internet untuk 25 unit komputer terputus. 

Gangguan jaringan internet tersebut sempat mengecewakan dan membuyarkan konsentrasi para siswa peserta UNBK di sekolah itu. Dijelaskan, ketika UNBK mulai pukul 08.00 WIB, jaringan atau koneksi internet di kelas tersebut bagus.

Tapi setelah sekitar 20 menit ujian berlangsung, mendadak jaringan internetnya terputus. Akibatnya, satu kelas siswa peserta UNBK tidak bisa melanjutkan ujian. Namun, peserta UN di dua kelas lainnya tetap bisa melaksanakan UNBK karena jaringan internetnya tidak terputus. 

“Kami meminta para siswa tidak kecewa dan bersabar menunggu perbaikan jaringan internet tersebut. Hari ini, Selasa (11/4) peserta UNBK di SMAN 1 Sarolangun sudah bisa melanjutkan ujian karena jaringan internetnya sudah bagus kembali,” katanya. 

Sementara itu, para peserta UNBK di Kabupaten Batanghari, Jambi juga kecewa akibat terputusnya jaringan internet dan padamnya listrik. 

Pelaksanaan UNBK sesi satu atau tahap pertama di SMAN 8 Batanghari yang seharusnya dimulai pukul 07.30 WIB diundur hingga pukul 14.00 WIB akibat jaringan internet terganggu. Kepala SMAN 8 Batanghari, Amir Husni mengatakan, padamnya listrik Senin pagi menyebabkan jaringan internet terganggu. 

Setelah listrik hidup kembali, aplikasi komputer siswa tidak terhubung dengan server. Perbaikan jaringan internet di SMAN 8 Batanghari baru bisa dilakukan pukul 14.00 WIB. 

Kemudian pelaksanaan UNBK di SMAN 10 Batanghari juga sempat terganggu Senin pagi akibat padamnya listrik. Pelaksanaan UNBK di sekolah itu baru bisa dilaksanakan pukul 09.00 WIB setelah listrik hidup kembali. 

Secara terpisah, Gubernur Jambi, Zumi Zola ketika meninjau pelaksanaan UNBK di SMAN 9 Kota Jambi, Senin lalu mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat kepada PT PLN di Jambi agar tidak memadamkan listrik selama UNBK berlangsung.

“Kasihan siswa yang mengikuti UNBK jika listrik padam. Konsentrasi mereka menjadi buyar. Karena itu saya minta pihak PLN di Kota Jambi dan di daerah kabupaten tidak memadamkan listrik selama UNBK berlangsung,” katanya. 

Berdasarkan pantauan Zumi Zola, pelaksanaan UNBK hari pertama di Kota Jambi, Senin berlangsung lancar. Gangguan jaringan internet dan pemadaman listrik tidak terjadi di Jambi. Namun, di beberapa kabupaten, UNBK sempat terganggu karena gangguan jaringan internet dan padamnya listrik.

“Saya harapkan tidak terjadi lagi gangguan jaringan internet dan pemadaman listrik di daerah kabupaten hingga UNBK berakhir Kamis ini,” katanya. (JP-Sp)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar