Home » , , , , » Zola Harap Pengrajin Batik Jambi Bisa Sinergikan Produk Kreatif dengan Budaya Jambi

Zola Harap Pengrajin Batik Jambi Bisa Sinergikan Produk Kreatif dengan Budaya Jambi

Written By jambipos-online on Friday, March 24, 2017 | 20:05

Gubernur Jambi H Zumi Zola dalam Konferensi Pers menjelang Pelaksanaan Fashion Week dengan tema Kain Negeriku Jambi, bertempat di Dining Room Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (23/3/2017) sore.


Batik Jambi.Humas
Sherrin Tharia : Dekranasda Terus Tingkatkan Pembinaan Pengrajin

Jambipos Online, Jakarta- Gubernur Jambi yang juga Penasehat Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP,MA berharap agar pengrajin Batik Jambi bisa mensinergikan produk kreatif dengan kebudayaan Jambi. 

Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam Konferensi Pers menjelang Pelaksanaan Fashion Week dengan tema Kain Negeriku Jambi, bertempat di Dining Room Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (23/3/2017) sore.

Selain Gubernur Jambi, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia Zola, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Chairunissa Erwan Malik, Barli Asmara, utusan dari Optik Sais dan 5asec serta para pengrajin batik Jambi turut serta dalam konferensi pers tersebut.

Zola mengatakan, seperti halnya daerah lain, Jambi mempunyai budaya dan tradisi, yang salah satunya adalah kain batik dengan corak yang khas. 

“Namun, kita perlu perluasan dan pendalam prending yang membedakan Batik Jambi dengan batik daerah lain, sehingga Batik Jambi memiliki karakter tersendiri. Batik Jambi ada khas khusus, yang perlu kita perbaiki lagi disamping mempromosikan ketingkat nasional, dengan tujuan mendongkrak dan memajukan UMKM yang berada di Provinsi Jambi," ungkap Zola.

“Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung langkah yang diambil oleh Dekranasda Jambi untuk mempromosikan dan mengembangkan Batik Jambi di tingkat nasional, sehingga prospek kedepan lebih baik. Mari kita kembangkan dimensi-dimensi baru untuk peningkatan UMKM yang berada di Provinsi Jambi agar kita dapat menjawab permintaan pasar," sambung Zola.

Zola berharap dengan diselenggarakannya Fashion Week Kain Negeriku Jambi bisa memberikan hasil yang positif bagi pengrajin yang berada di Provinsi Jambi.

Selain itu, Zola juga mengucapkan terima kasihnya kepada Barli Asmara yang telah menjadi Duta Batik Jambi. “Saya Ucapan terima kasih buat Barli Asmara, yang telah membantu para pengrajin Batik Jambi, kita bersama-sama berkerja dalam upaya peningkatan mutu batik agar diterima oleh masyarakat banyak," sebut Zola.

“Even yang spektakuler seperti ini merupakan ajang mempromosikan dan melestarikan kerajinan dan budaya daerah. Selain itu, kita juga berharap dengan diselenggarakannya even ini bisa mengangkat sektor kepariwisataan daerah dengan tujuan bersama mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah," jelas Zola.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj.Sherrin Tharia Zola menyampaikan, dalam upaya memajukan kriya Jambi khususnya batik dan songket, Dekranasda Provinsi Jambi terus bersinergi dengan pengrajin dan pengusaha batik bersama instansi terkait untuk mempromosikan hasil kerajinan batik dan songket Jambi ditingkat nasional dan internasional, dengan menggandeng desainer ternama Barli Asmara yang ikut mengangkat Batik Jambi di tingkat nasional.

Sherrin Tharia menyatakan, Dekranasda berkomitmen untuk memajukan UMKM yang ada di Provinsi Jambi dan mempromosikan batik Jambi sebagai produk unggulan yang bernuansa budaya lokal. Dekranasda, lanjut Sherrin Tharia, bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi akan terus berupaya untuk meningkatkan mutu batik Jambi.

Dikatakan oleh  Sherrin Tharia untuk memajukan batik Jambi, perlu adanya desainer yang bisa mendorong dan melatih pembatik-pembatik local Jambi. 

“Setahun lalu, saya kenal Barli Asmara yang kita tahu beliau adalah desainer terkenal, kemudia kita menyampaikan program-program kita, ternyata disambut positif dan mau berkerja sama dengan Dekranasda untuk melatih dan membina pembatik Jambi. Pada Fashion Week 2017 nanti malam, Barli Asmara akan mengeluarkan koleksi Batik dan Songket Jambi dibawah binaan Barli,” katanya.

Sementara  Berli Asmara menjelaskan, Jambi merupakan daerah yang kaya akan budaya dan alam, untuk itu budaya dan tradisi membatik Jambi cukup menjanjikan, tingal perlu pembinaan berkesinambungan.

“Tujuan utama kita untuk mengakat hasil kerajinan  daerah di tingkat nasioanal. Kita akan berkerja sama dengan pengrajin Jambi untuk mengakat motif Jambi yang dituangkan didalam kain sutra, semi sutra dikembangkan, visconse, sifon, dan organdi dengan warna-warna, hitam, putih, abu dan biru sebagai khas. Kita juga akan memberikan bahan tambahan serti satin, jinain james, plisket dan jaguar, agar batik jambi bisa diterima oleh semu lapisan masyarakat" terang Barli.

“Kita juga menginginkan program kebudayaan Jambi dan peningkatan UMKM Jambi bisa terwujud. Kita sangat mengharapkan daya saing batik Jambi bisa meningkat dan UMKM bisa hidup dan berkarya yang lebih positif,” katanya. (ADV-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos