Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Wagub Jambi Harap Kerjasama Pemda –SKK Migas Semakin Baik




Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr  Drs  H  Fachrori Umar,M Hum mengharapkan kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) dengan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) lebih baik lagi. Wagub Jambi juga mengapresiasi kunjungan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Jambi.

Hal ini disampaikan Wagub Jambi saat menerim kunjungan SKK Migas Perwakilan Aumatwra Bagian Selatan (Sumbagsel)  di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Kantor Gubernur Jambi, Jum’at (10/3/2017) pagi. Hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan dari setiap KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) Wilayah Jambi.

Wagub menyatakan, untuk CSR (Corporate Social Responsibilty) dari perusahaan-perusahaan telah dilaksanakan dengan baik seperti apa yang telah disampaikan oleh Perwakilan dari SKK Migas tadi. "Tinggal merangkul masyarakat setempat lebih erat lagi dengan mengadakan sosialisasi untuk kerjasama yang lebih baik lagi," kata Wagub.

Wagub berharap sekaligus menekankan supaya perusahaan-perusahaan lingkup SKK Migas merekrut putra putri daerah Provinsi Jambi yang memiliki kemampuan dalam bidang Migas. “Jika ada putra putri daerah Provinsi Jambi yang memiliki kemampuan tersebut kenapa kita harus merekrut orang dari luar daerah Jambi.  Kita harus menghilangkan kesan-kesan negatif yang selama ini berkembang terhadap putra pitri daerah Jambi,” ujar Wagub.

Dijelaskan Wagub bahwa Jambi terjepit oleh Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Selatan dalam hal Migas ini. "Kita harus bersama-sama membangun Jambi untuk lebih maju lagi dengan cara membangun semua dari pinggiran dan merangkul semua lapisan masyarakat agar bekerjasama mewujudkan itu semua," tutur Wagub.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Tirat Sambu Ichtijar menyampaikan bahwa kunjungan SKK Migas Perawakilan Sumbagsel ini merupakan tindak lanjut dari Upacara Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tanggal 9 Februari 2017 di Lapangan Pertamina EP Kenali Asam, serta mengenalkan SKK Migas lebih jauh kepada Wagub. 

Tirat mengatakan, kunjungan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel ini memang ingin menyapa Wagub untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan maupun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh SKK Migas Perwakilan Sumbagsel.

“SKK Migas Perwakilan Sumbagsel ini memiliki 5 wilayah kerja yaitu: Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung,” ujar Tirat.

Tirat menerangkan, Wilayah Jambi memiliki 14 KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) terdiri dari 9 KKS Produksi dan 5 KKS Eksplorasi yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi kecuali di Kabupaten Kerinci. 

"Untuk kegiatan eksplorasi di Jambi yang dilaksanakan pada Tahun 2017 masih terkendala banjir karena curah hujan yang tinggi, semua lokasi eksplorasi masih terendam banjir sehingga belum bisa dilaksanakan," ungkap Tirat.

Dilanjutkan Tirat bahwa SKK Migas telah melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibilty) melalui pemberdayaan masyarakat guna merubah perilaku masyarakat untuk lebih baik lagi, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat secara bertahap.

Kegiatan yang dilaksanakan, lanjut Tirat, seperti kerjasama dalam pembuatan pupuk organik, peternakan kambing, dan pelayanan kesehatan, dan pada Tahun 2016 Petrochina International Jabung Ltd mendapatkan CSR Award 2016 Achievement yang langsung diserahkan oleh Buapti Tanjung Jabung Barat.

Tirat juga mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan operasional di lapangan terdapat gangguan keamanan seperti pencurian fasilitas migas (kabel, pipa, trafo, dll), klaim kepemilikan lahan oleh masyarakat, dan pencurian minyak bumi di jalur pipa-pipa gas. Namun, kata Tirat, gangguan keamanan ini sudah mulai berkurang seiring dengan dilakukannya patroli-patroli ke lokasi operasional.

Perwakilan Petrochina International Jabung Ltd, Johan Halim menyampaikan, tahun 2017 Petrochina masih melakukan eksplorasi untuk mencari tambahan cadangan minyak dan melakukan kegiatan mengebor sumur guna menambah cadangan minyak serta meningkatkan produktivitas.

Dalam hal kegiatan CSR, lanjut Johan Halim, Petrochina telah melakukan kegiatan seperti menjadi sponsor untuk acara MTQ Tahun 2017 Jambi, mengadakan acara bersama anak yatim setiap bulan Ramadhan, dan memfasilitasi budidaya kopi liberika untuk menjadi kopi unggulan. (ADV-Humas Prov Jambi)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar