Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Sukses Promosikan “Lacak”, Zumi Zola- Sherrin Tharia Zola “Mendadak” Model Batik Jambi


Gubernur Jambi H Zumi Zola beserta istri Hj Sherrin Tharia Zola.IST

Jambipos Online, Jambi-Setelah sukses menjadi “Model” dan mempromosikan “Lacak Jambi” penutup kepala khas Jambi, kini Gubernur Jambi H Zumi Zola beserta istri Hj Sherrin Tharia Zola mendadak jadi “model” Batik Jambi. Kini Batik Jambi juga gencar disosialisasikan secara Nasional hingga Internasional.(Baca: Zola Bawa Lacak Ke Senayan)

Sementara Desainer kondang Barli Asmara juga dinobatkan menjadi Duta Batik Jambi. Desainer langganan Presiden Jokowi ini menampilkan karya-karyanya yang menggunakan Batik Jambi dalam even Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) yang digelar Kamis (23/3/2017) lalu.

Dalam even bergengsi di tanah air ini, Barli menghadirkan karya dengan batik Jambi sebagai tema besarnya. Motif dan warna batik Jambil yang biasa solid dan cerah, misalnya merah itu lalu kini digantikan oleh warna gelap yang lebih modern dalam nuansa hitam putih.

Barli menampilkan 36 set busana yang seluruhnya memakai batik Jambi. Warna-warna pilihan Barli bernuansa monokrom misalnya hitam, putih, abu-abu, silver dan semburat warna biru muda dan biru tua sebagai aksennya.

“Saya Ucapan terima kasih buat Barli Asmara, yang telah membantu para pengrajin Batik Jambi, kita bersama-sama berkerja dalam upaya peningkatan mutu batik agar diterima oleh masyarakat banyak,” ujar Gubernur Jambi Zumi Zola.

“Even yang spektakuler seperti ini merupakan ajang mempromosikan dan melestarikan kerajinan dan budaya daerah. Selain itu, kita juga berharap dengan diselenggarakannya even ini bisa mengangkat sektor kepariwisataan daerah dengan tujuan bersama mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah,” jelas Zola.

Dekranasda Promosikan Batik Jambi

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj Sherrin Tharia Zola menyampaikan, dalam upaya memajukan kriya Jambi khususnya batik dan songket, Dekranasda Provinsi Jambi terus bersinergi dengan pengrajin dan pengusaha batik bersama instansi terkait untuk mempromosikan hasil kerajinan batik dan songket Jambi ditingkat nasional dan internasional, dengan menggandeng desainer ternama Barli Asmara yang ikut mengangkat batik Jambi di tingkat nasional.

Sherrin Tharia menyatakan, Dekranasda berkomitmen untuk memajukan UMKM yang ada di Provinsi Jambi dan mempromosikan batik Jambi sebagai produk unggulan yang bernuansa budaya lokal. Dekranasda, lanjut Sherrin Tharia, bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi akan terus berupaya untuk meningkatkan mutu batik Jambi.

Dikatakan oleh Sherrin Tharia untuk memajukan batik Jambi, perlu adanya desainer yang bisa mendorong dan melatih pembatik-pembatik local Jambi. 

"Setahun lalu, saya kenal Barli Asmara yang kita tahu beliau adalah desainer terkenal, kemudia kita menyampaikan program-program kita, ternyata disambut positif dan mau berkerja sama dengan Dekranasda untuk melatih dan membina pembatik Jambi. Pada Fashion Week 2017 nanti malam, Barli Asmara akan mengeluarkan koleksi Batik dan Songket Jambi dibawah binaan Barli.

Sementara Berli Asmara menjelaskan, Jambi merupakan daerah yang kaya akan budaya dan alam, untuk itu budaya dan tradisi membatik Jambi cukup menjanjikan, tingal perlu pembinaan berkesinambungan.

“Tujuan utama kita untuk mengakat hasil kerajinan daerah di tingkat nasioanal. Kita akan berkerja sama dengan pengrajin Jambi untuk mengakat motif Jambi yang dituangkan didalam kain sutra, semi sutra dikembangkan, visconse, sifon, dan organdi dengan warna-warna, hitam, putih, abu dan biru sebagai khas. Kita juga akan memberikan bahan tambahan serti satin, jinain james, plisket dan jaguar, agar batik jambi bisa diterima oleh semu lapisan masyarakat” terang Barli.

“Kita juga menginginkan program kebudayaan Jambi dan peningkatan UMKM Jambi bisa terwujud. Kita sangat mengharapkan daya saing batik Jambi bisa meningkat dan UMKM bisa hidup dan berkarya yang lebih positif,”katanya.

Ketua Dewan Penasehat Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi Zumi Zola berharap agar pengrajin batik Jambi bisa mensinergikan produk kreatif dengan kebudayaan Jambi. Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam konferensi pers menjelang pelaksanaan Fashion Week dengan tema Kain Negeriku Jambi bertempat di Dining Room Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (23/03/2017) sore.

Selain Zumi Zola, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Sherrin Tharia, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Rahima Fachrori Umar, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi, dan Chairunissa Erwan Malik serta para pengrajin batik Jambi turut serta dalam konferensi pers tersebut.

Zola mengatakan, seperti halnya daerah lain, Jambi mempunyai budaya dan tradisi, yang salah satunya adalah kain batik dengan corak yang khas. 

“Namun, kita perlu perluasan dan pendalam prending yang membedakan Batik Jambi dengan batik daerah lain, sehingga batik Jambi memiliki karakter tersendiri. Batik Jambi ada khas khusus, yang perlu kita perbaiki lagi disamping mempromosikan ke tingkat nasional, dengan tujuan mendongkrak dan memajukan UMKM yang berada di Provinsi Jambi,” ungkap Zola.

“Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung langkah yang diambil oleh Dekranasda Jambi untuk mempromosikan dan mengembangkan batik Jambi di tingkat nasional, sehingga prospek ke depan lebih baik. Mari kita kembangkan dimensi-dimensi baru untuk peningkatan UMKM yang berada di Provinsi Jambi agar kita dapat menjawab permintaan pasar,” sambung Zola.

Zola berharap dengan diselenggarakannya Fashion Week Kain Negeriku Jambi bisa memberikan hasil yang positif bagi pengrajin yang berada di Provinsi Jambi.

“Even yang spektakuler seperti ini merupakan ajang mempromosikan dan melestarikan kerajinan dan budaya daerah. Selain itu, kita juga berharap dengan diselenggarakannya even ini bisa mengangkat sektor kepariwisataan daerah dengan tujuan bersama mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah,” jelas Zola.

Sherrin Tharia Zola menyampaikan dalam upaya memajukan kriya Jambi khususnya batik dan songket, Dekranasda Provinsi Jambi terus bersinergi dengan pengrajin dan pengusaha batik bersama instansi terkait untuk mempromosikan hasil kerajinan batik dan songket Jambi ditingkat nasional dan internasional. (JP-Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar