Home » , , , , » Hj Sherrin Tharia Zola, Ketua TP PKK Provinsi Jambi yang Berprestasi

Hj Sherrin Tharia Zola, Ketua TP PKK Provinsi Jambi yang Berprestasi

Written By jambipos-online on Thursday, March 9, 2017 | 07:54



Ganteng dan Cantik. Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli Pakai Lacak dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi  Hj Sherrin Tharia Zola.


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi  Hj Sherrin Tharia Zola.
Jambipos Online, Jambi-Sejak dilantik menjadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi oleh Ketua Dekranasda Pusat, Hj Mufida Jusuf Kalla, istri Gubernur Jambi, Hj Sherrin Tharia Zola mengambil langkah-langkah untuk membuat daerah ini makin terkenal. Ya, itulah kiprah Sherrin Tharia yang bagi masyarakat Jambi dikenal cantik dan baik hati.(Baca Juga: Begini Zumi Zola Memupuk Kemesraan Bersama Istri)

Seperti dilansir Metrojambi.com, Istri gubernur ganteng Zumi Zola Zulkifli tersebut, tidak pernah tinggal diam dalam mempromosikan produk-produk Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini. Termasuk diantaranya produk batik Jambi, kain songket dan mutumanikam.

Ibu dua anak ini sudah bertekad akan terus mengembangkan program Dekranasda Provinsi Jambi, diantaranya dengan membina para pengrajin Jambi secara berkesinambungan, supaya para pengrajin tersebut bisa menghasilkan karya kerajinan yang kompetitif.

Sherrin mengemukakan, kerajinan dan karya tenun, batik, dan Songket yang merupakan kerajinan lama Jambi akan diutamakan. 

Namun demikian, Sherrin mengatakan Dekranasda Provinsi Jambi juga akan berupaya untuk terus menggali, mengembangkan, dan mempromosikan karya kerajinan potensial lainnya di Provinsi Jambi, sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan Provinsi Jambi dan menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan, yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. 

Tingkatkan Kinerja 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi  Hj Sherrin Tharia Zola mengajak kader PKK gemar bercocok tanam di pekarangan rumah.
Mempromosikan karya-karya pengrajin Jambi dan mempopulerkan dikanca nasional serta internasional, bukanlah perkara mudah. Karena itu, Dekranasda Provinsi Jambi dibawah kepemimpinan Hj Sherrin Tharia Zola terus mendorong pengurus Dekranasda bekerja lebih professional.
Hj. Sherrin berharap kepada semua pengurus dan anggota Dekranasda Provinsi Jambi dapat membuat program-program yang bersifat riil, selain itu dirinya juga berharap agar Dekranasda selalu mengadakan event-event seperti pameran agar kerajinan Provinsi Jambi dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Hj. Sherrin juga berharap agar pengurus dan anggota Dekranasda Provinsi Jambi dapat merangkul anak muda seperti anak-anak sekolah untuk dapat turut serta berkreasi dan berkarya terutama dalam bidang seni kerajinan serta merangkul para pengrajin untuk lebih meningkatkan lagi kreasinya.
Penghargaan Nasional

1. Dekranasda Award

Kepiawaian dan tangan dingin Shrerrin tak sia-sia, bendera Dekranasda Provinsi Jambi nampaknya semakin berkibar. Buktinya, sejumlah prestasi mampu disabet, diajang nasional.  Salah satu prestasi terbaiknya yakni meraih Dekranas Award 2016 pada acara puncak Peringatan Hari Ulang Tahun ke 36 Dekranas dan sekaligus Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional serta pameran nasional yang diselenggarakan di Smesco Convention Center Jakarta Pusat, tahun lalu. 
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi  Hj Sherrin Tharia Zola memperkenalkan perhiasan kerajinan Jambi.

“Kita tunjukkan bahwa kerajinan dari Provinsi Jambi ini tidak kalah dengan kerajinan dari provinsi lain yang ada di Indonesia,” ujarnya bertekad usai menerima prestasi itu.

Penyerahan Dekranas Award 2016 diserahkan langsung oleh Ketua Umum Dekranas Pusat Hj, Mufida Jusuf Kalla kepada Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola. Dekranas Award 2016 ini merupakan penghargaan  kepada salah satu provinsi yang dapat mengangkat Kearifan Lokal.
2.Jambi Juara 1 Lomba Mutu Manikam Nusantara

Perhiasan tradisional buatan tangan (hand made) yang dihasilkan oleh pengrajin Provinsi Jambi juga diakui. Ini dibuktikan dengan diraihnya prestasi membanggakan di tingkat nasional, yakni Penghargaan Karya Terbaik (Pemenang Pertama) Kategori Desain Tradisional Indonesia Kontes Desain Mutumanikam Nusantara 2016.

Selain pemenang pertama dalam lomba desain perhiasan untuk kategori tradisional, Dekranasda Provinsi Jambi juga meraih prestasi lainnya, yaitu Stan Terbaik Dekranasda dalam Mutumanikam Nusantara Indonesia 2016 tersebut. 

Perhiasan yang meraih penghargaan terbaik tersebut adalah kalung perhiasan motif Raghanca, terbuat dari tembaga dilapisi emas, perpaduan motif Batik Kuno dengan tulisan Sansekerta (basurek) dan Batu Lalang Kuning.

“Saya merasa sangat bangga sekali dengan pengrajin-pengrajin kita ini. Tidak gampang untuk meraih, apalagi untuk mempertahankan posisi terbaik di tingkat nasional,” sebutnya.
Promosikan Batik

Hj. Sherrin Tharia Zola menyampaikan, kain batik dan songket Jambi serta potensi perhiasan yang terbuat dari logam yang dapat bersaing dengan daerah lain serta telah mendapat pengakuan dan penghargaan baik dari nasional maupun internasional. Salah satunya penghargaan dari Unesco pada tahun 2012 yang lalu.
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi  Hj Sherrin Tharia Zola memperkenalkan kain Batik Jambi.
Namun, memang diakuinya Jambi masih kesulitan mendapatkan bahan baku yang bermutu dan berkualitas yang memenuhi standar bagi para pengrajin dalam pembuatan tenun songket.
Karena itu, Sherrin Tharia minta bantuan agar membantu pengadaan bahan atau kerja sama dengan perusahaan untuk mempermudah mendapatkan bahan baku benang yang memenuhi standar untuk pembuatan songket yang dibutuhkan serta pelatihan dari Dekranas untuk para pengrajin di daerah sangat dibutuhkan.

Trend Busana

Pembukaan Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta Convention Center (JCC).
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola terus berupaya meningkatkan kualitas dan pangsa pasar busana yang terbuat dari kain Jambi, agar kualitas busana kain Jambi semakin baik dan semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Salah satunya dilakukan Sherrin Tharia dengan menghadiri Pembukaan Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), beberapa waktu lalu.

Dalam Indonesia Fashion Week yang bertema Celebrations of Culture, Mengangkat Kearifan Budaya Lokal dalam Menghadapi Persaingan Global tersebut, setiap Provinsi di Indonesia menampilkan busana dari kain daerah masing-masing.
Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli Pakai Lacak dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi  Hj Sherrin Tharia Zola bersama anak PAUD Jambi.
Provinsi Jambi menampilkan berbagai model busana dengan berbagai varian motif yang berbahan kain dan batik Jambi. 

Sherrin Tharia  mengatakan, untuk meningkatkan kualitas dan pangsa pasar busana kain Jambi, pengrajin harus dibina secara berkelanjutan, terutama para pengrajin kecil. 

Untuk itu, lanjut Sherrin Tharia, Dekranasda Provinsi Jambi bersinergi dengan Dekranasda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi berupaya untuk merangkul dan lebih mengintenskan lagi pemberian pelatihan kepada para pengrajin, serta berusaha bekerja sama dengan seluruh pihak terkait.
Sherrin Tharia menerangkan, salah satu langkah yang ditempuh oleh Dekranasda Provinsi Jambi untuk meningkatkan kualitas dan pangsa pasar busana kain Jambi adalah dengan mendatangkan perancang busana yang sudah mumpuni dalam bidang desain busana, termasuk dalam jaringan pemasaran busana, yakni Barley Asmara, untuk memberikan pelatihan pengembangan busana kain Jambi, sekaligus memberikan wawasan tentang busana kepada para pengrajin. (ADV-Rel)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos