Home » , , , , » Banjir di Bungo Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

Banjir di Bungo Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

Written By jambipos-online on Friday, March 3, 2017 | 07:10


Ilustrasi banjir (Istimewa)


Jambipos Online, Muarabungo - Sedikitnya 1.000 orang warga sembilan kecamatan di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi hingga Jumat (3/3/2017) pagi masih mengungsi menyusul meluasnya banjir yang melanda daerah itu. Akibat banjir tersebut, beberapa sekolah diliburkan dan aktivitas warga terganggu. Namun belum ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bungo, Hasan Effendi di Muarabungo, Kabupaten Bungo, Jumat (3/3/2017) pagi menjelaskan, pihaknya masih terus mendistribusikan bantuan pangan dan peralatan masak kepada para pengungsi. Distribusi bantuan tidak bisa dilakukan cepat karena jumlah desa yang terendam banjir cukup banyak dan tersebar di sembilan kecamatan.

Hasan Effendi menambahkan, penyaluran bantuan juga sulit karena beberapa ruas jalan dari Muarabungo ke beberapa desa putus akibat terendam banjir. Kemudian tenda pengungsi dan posko penanganan korban banjir juga baru didirikan BPBD Bungo di empat lokasi paling rawan banjir. Tenda dan posko tersebut didirikan di Desa Padang Palangeh, Muara Kuamang, Lubuk dan Sungaipinang.

“Sedangkan penyaluran bantuan pangan dan peralatan masak kepada para pengungsi juga baru kami lakukan ke desa-desa yang lebih mudah dijangkau. Penyaluran bantuan ke desa-desa yang sulit dilakukan dengan mengerahkan bantuan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Namun demikian bantuan tetap kami upayakan sampai kepada seluruh pengungsi,” katanya.

Dijelaskan, berdasarkan pantauan di lapangan, jumlah rumah warga yang terendam banjir di Bungo hingga Kamis mencapai 1.775 unit. Rumah warga yang terendam banjir hingga ketinggian air rata-rata setengah meter tersebut tersebar di puluhan desa, Kecamatan Pelepat, Pelepat Ilir, Bathin III Ulu, Bathin VII, Bathin VIII Babeko, Muko-muko, Bungodani, Rantau Pandan dan Pasar Muarabungo.

Banjir yang melanda sembilan kecamatan di Bungo, lanjut Hasan Effendi akibat meluapnya tiga sungai besar di daerah itu, yakni Sungai Batangbungo, Batangtebo dan Batangpelepat. Meluapnya ketiga sungai itu disebabkan hujan ebat yang melanda daerah itu sepekan terakhir.

“Melihat masih tingginya luapan ketiga sungai itu, kami mengimbau warga masyarakat di Bungo tetap siaga banjir. Kemungkinan banjir semakin meluas dan luapan sungai semakin tinggi masih ada karena hujan lebat masih turun di Bungo dan daerah lain di hulu sungai, yakni di Kerinci, Sungaipenuh, Merangin dan Sarolangun,”katanya. (JP-05)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos