Home » , , » Atasi Banjir, Pemkot Gelar Goro Bersama Bersihkan Drainase

Atasi Banjir, Pemkot Gelar Goro Bersama Bersihkan Drainase

Written By jambipos-online on Sunday, March 5, 2017 | 07:47


Walikota Jambi SY Fasha

Jambipos Online, Jambi-Guna mengantisipasi banjir ditengah pusat pasar Kota Jambi, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi bersama TNI dan Polri Sabtu (4/3/2017) menggelar gotong-royong bersama. Dalam kegiatan bersama ini, dilakukan pembersihan drainase dikawasan Terminal Rawasari Pasar Jambi.

Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir pada saat hujan lebat. Walikota Jambi SY Fasha yang turut langsung mengikuti gotong-royong mengatakan, ada beberapa titik banjir di kawasan kota Jambi jika terjadi hujan lebat. Salah satunya dikawasan terminal yang kerap tergenang ketika turun hujan deras.

Fasha mengatakan, banjir yang ada di Kota Jambi dikarenakan tertutupnya saluran drainase karena sedimentasi limbah. “Hari ini Pemkot bersama TNI dan Polri bekerjasama untuk membersihkan saluran drainase. Khususnya di kawasan terminal Rawasari karena pada saat hujan beberapa waktu lalu,kawasan ini digenangi air,” kata Fasha.

Menurut Fasha, banyak drainase yang tersumbat karena limbah,sampah rumah tangga hingga sedimentasi limbah. Sehingga saat hujan,air tidak tertampung melalui drainase sehingga memgakibatkan banjir. 

“Drainasenya terpaksa kami buka untuk membersihkan sumbatan. Untuk masyarakat sekitar kami mohon maaf dengan ketidaknyamanan ini. Tujuan kami bongkar agar saluran airnya kembali lancar,”katanya.

Fasha menambahkan bahwa jalan di terminal Rawasari pada 2018 mendatang akan diperlebar dan ditambahkan untuk pedestarian. “Tahun depan kawasan ini akan saya lakukan pelebaran jalan dan dibuat pedestarian,” sebutnya. 

Dalam Goro bersama tersenut Pemkot Jambi menurunkan dua unit mobil Damkar dan dua unit traktor untuk membongkar drainase. Sedangkan ASN lainnya ikut melakukan pembersihan dengan mencangkul dan mengumpulkan sampah. Setelah drainase di bongkar dan dibersihkan,giliran petugas Damkar menyemprotkan air untuk membersihkan sumbatan kecil di dalam drainase.
Menurut Fasha, pembongkaran dan pembersihan drainase juga dilakukan di beberapa titik dikawasan yang rentan banjir. Dirinya mencontohkan kawasan SD 84 yang selalu banjir tiap kali hujan,setelah dilakukan pembongkaran drainase, SD tersebut akhirnya bebes dari banjir. 

“Di semua titik drainase kita akan lakukan hal yang sama. Seperti di SD 84 yang saat ini tidak banjir lagi. Juga kawasan lainnya,” ujarnya. (ADV/JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos