Home » , , » Mencari Ketua PWI Jambi Baru

Mencari Ketua PWI Jambi Baru

Written By jambipos-online on Saturday, February 11, 2017 | 01:29


Konfercab PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017 di Hotel Ceria Kota Jambi, Sabtu (19/5). Foto Asenk Lee Saragih.


Muhtadi Putera Nusa (kiri), Saman (kanan) Sakti Alam Watir (tengah).IST

Jambipos Online, Jambi-Mencari Ketua PWI Jambi Periode 2017-2022. Konfrensi Cabang (Konfercab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jambi akan dilaksanakan Mei 2017 mendatang. Kini sangat minim muncul kandidat calon untuk memimpin PWI Cabang Jambi. Namun kini baru ada satu nama yang sudah secara terang-terangan dengan slogan jumpa pers siap mencalonkan diri sebagai Ketua PWI Cabang Jambi.

Dia adalah Muhtadi Putera Nusa, Pimpinan Redaksi Jambi TV. Dia sudah mendeklarasikan diri maju sebagai calon Ketua PWI Jambi pada Konfercab PWI yang menurut rencana akan digelar pada Mei 2017.

Satu kandidat lain yang berniat baik maju sebagai Ketua PWI Jambi adalah Saman (Pimred Jek TV). Sekretaris PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017 ini berniat dengan dorongan anggota PWI Jambi untuk merangkul seluruh anggota PWI dan memajukan PWI secara bersama-sama, bukan individual.

Dalam jumpa pers, Kamis (9/2/2017) lalu, Muhtadi menyatakan mengusung motto "Membangun Kebersamaan untuk PWI Bangkit Menuju Jambi Tuntas". Padahal sebelumnya santer terdengar kabar bahwa Muhtadi Putera Nusa tidak akan maju di Konfercab PWI Jambi karena dirinya fokus di Partai Golkar. 

Namun keanggotaan Muhtadi Putera Nusa di Partai Golkar juga menjadi salah satu poin dipertayakan pada Konfercab PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017 di Hotel Ceria Kota Jambi, Sabtu (19/5/2012) lalu. 

Salah satu calon kala itu, Mursid Sonsang dan salah seorang anggota peserta Konfercab, Saman meminta agar Pimpinan Sidang Konfercab dan Pengurus PWI Pusat melakukan verifikasi kedua calon karena diduga salah satunya ikut pengurus partai politik.

Muhtadi Putra Nusa saat itu memberikan keterangan bahwa dirinya tidak anggota partai politik dan dirinya meminta kalau aktif dipartai politik ada surat keputusan partai. Namun hal itu tidak ada dan selanjutnya dilakukan verifikasi oleh Pengurus PWI Pusat (Attal Depari) dan tim ferifikasi lainnya.

Dari hasil verifikasi, tidak ditemukan bahwa Muhtadi Putra Nusa aktif sebagai anggota parpol. Sehingga dilanjutkan proses pemilihan Ketua PWI Cabang Jambi antara calon Mursid Sonsang dan Muhtadi Putra Nusa. 

Seharusnya Muhtadi Putra Nusa Sudah Ketua

Pada Konfercab PWI Cabang Jambi Mei 2012 lalu, peluang besar mengarah kepada Muhtadi Putra Nusa menjadi Ketua PWI Cabang Jambi. Hingga putaran kedua pemilihan Muhtadi Putra Nusa final dengan Drs Mursid Sonsang (Ketua PWI Cabang Jambi Periode 2008-2012). Namun secara mengejutkan Muhtadi Putra Nusa mundur dari pencalonan dan akhirnya Drs Mursid Sonsang  terpilih aklamasi jadi Ketua PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017, Minggu (20/5/2012).

Pengunduran diri Muhtadi Putra Nusa saat itu menjadi tanda tanya besar bagi pendukungnya. Tanpa ada berembuk dengan pendukung, Muhtadi Putra Nusa mundur dari pencalonan final. Sungguh politik pemilihan yang luar biasa dalam mengelabui pendukung.

Hingga kini, teka-teki mundurnya Muhtadi Putra Nusa saat pemilihan final itu belum terjawab. Ataukah saat itu ada bargaining “politik” dengan kandidat lain, hanya rumput yang bergoyang yang tahu.

Menolak Lupa Pada Konfercab Mei 2012

Mengutip berita Blog Mei 2012 lalu, Drs Mursid Sonsang (Ketua PWI Cabang Jambi Periode 2008-2012) terpilih kembali jadi Ketua PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017, Minggu (20/5/2012). 

Mursid terpilih secara aklamasi karena rifalnya Muhtadi Putra Nusa (Pemred Jambi TV) mengundurkan diri saat akan dilakukan pemilihan usai lolos penjaringan bakal calon. 

Sementara Busyafrizal (Kepala Seksi Pemberitaan RRI Jambi) terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Jambi dalam satu putaran dengan suara terbanyak 43 suara dari tujuh nama yang muncul.

Konfrensi Cabang (Konfercab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jambi saat itu dibuka oleh Sekda Provinsi Jambi Ir Sahrasaddin, Sabtu (19/5/2012) dan dihadiri Ketua Bidang Organissai PWI Pusat, Attal Depari, Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah dan undangan lainnya.

Proses pemilihan Ketua PWI Cabang Jambi berlangsung demokratis. Pertama dilakukan proses penjaringan bakal calon dengan memilih calon dari 139 anggota biasa PWI Cabang Jambi yang memberikan hak suara. Pimpinan Sidang Konfercab pemilihan dipimpin oleh Nalom Siadari ME (Ketua), Amir Syam (Anggota) dan Septimen (Sekretaris). 

Dalam proses penjaringan tersebut muncul lima nama dengan perolehan suara yakni Mursid Sonsang 67 suara, Muhtadi Putra Nusa 37 suara, RS Marpaung 12 suara,  Busyafrizal 22 suara dan Mardi Salmi (Alm) (Antara Jambi) hanya satu suara.

Kemudian dilanjutkan ke tahap pemilihan dua calon suara terbanyak sebagai calon yakni Mursid dan Muhtadi. Proses pemilihan baru berjalan 10 menit, Muhtadi Putra Nusa meminta waktu untuk memberikan peryataan pengunduran dirinya dari pencalonan. Suasaya Konfercab mendadak ramai dan mempertayakan alasan pengunduran Muhtadi Putra Nusa.

Menurut Muhtadi Putra Nusa saat itu, dirinya mundur untuk menjaga ketertiban Konfercab karena suara anggota terbagi dua dan persaingan sangat ketat. 

Dirinya menyesalkan desakan-desakan Saman (anggota konfercab) yang juga satu group media (Jawa Pos Group) yang ngotot dalam memberikan statemen bahwa Muhtadi pengurus parpol.

“Saya tidak mau ada pertengkaran di Konfercab karena kami sama-sama satu perusahaan dan malu menjadi tontotan. Saya sadar ada pihak-pihak yang menunggangi hal-hal itu sehingga sangat memojokkan saya dalam Konfercab tersebut,”katanya.

Sementara itu proses pemilihan Ketua DKD PWI Jambi berjalan satu putaran dengan syarat terpilih suara terbanyak. Jumlah suara pemilihan DKD berjumlah 112 pemilih dan masing-masing yang mendapat suara yakni Busyafrizal 43 suara, Nalom Siadari 40 suara, RS Marpaung 25 suara. 

Penutupan Konfercab PWI Cabang Jambi dilakukan setelah penyusunan Formatur Pengurus PWI dan DKD PWI Jambi. Konfercab ditutup dengan pengukuhan Ketua PWI Cabang Jambi terpilih dan Ketua DKD PWI Cabang Jambi terpilih. 

Ketua Penasehat PWI Jambi Daniel Sijan dan salah seorang dari tujuh pendiri PWI Cabang Jambi yang masih hidup, Akang Mahmud mengatakan, ketua PWI Jambi harus benar-benar menjalankan tugas sebagaimana yang diamanatkan dalam PDPRT.

Daniel Sijan juga berpesan kepada ketua PWI Cabang Jambi terpilih, agar terus melanjutkan pembangunan perumahan PWI Jambi yang kini prosesnya sudah 70 persen serta merangkul seluruh anggota PWI Cabang Jambi danselalu menjalin silaturahmi. 

Muhtadi Putera Nusa Deklarasikan Diri

Sementara Muhtadi Putera Nusa, Pimpinan Redaksi Jambi TV, mendeklarasikan diri maju sebagai calon Ketua PWI Jambi pada Konfercab PWI yang menurut rencana akan digelar pada Mei 2017.

Dalam jumpa pers, Kamis (9/2/2017) itu, Muhtadi menyatakan mengusung motto "Membangun Kebersamaan untuk PWI Bangkit Menuju Jambi Tuntas". 

“Supaya ke depan PWI bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten," katanya, seperti dilansir Tribunjambi.com.

Ia menyatakan, majunya sebagai calon Ketua PWI atas permintaan dan dorongan teman-temannya. “Saya maju tidak maju begitu saja. Tapi saya mampu untuk maju membangun PWI Jambi," katanya.

Ia juga menceritakan soal perjalanannya di dunia jurnalis. Berawal dari Riau di salah satu media. Ia merantau ke Provinsi Jambi juga masuk ke dunia jurnalis. Muhtadi juga menceritakan bagaimana dia banyak memimpin media di Jambi. “Intinya saya sekarang siap untuk menjadi calon Ketua PWI Jambi," ujarnya. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos