Home » , » Masih Banyak Warga Kota Jambi Tinggal di Permukiman Kumuh

Masih Banyak Warga Kota Jambi Tinggal di Permukiman Kumuh

Written By jambipos-online on Saturday, January 14, 2017 | 21:58


Gubernur Jambi, Zumi Zola dibonceng tukang ojek ( dua dari kiri) meninjau pembangunan jalan ke permukiman kumuh di Kelurahan Legok, Kota Jambi baru-baru ini.


Jambipos Online, Jambi- Sedikitnya sekitar 1.000 jiwa warga Kota Jambi masih tinggal di kawasan permukiman kumuh dan tidak layak huni. Warga yang tinggal di kawasan tersebut berasal dari kalangan kurang mampu.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengatakan, masih banyak warga miskin yang tinggal atau bermukim di pemukiman kumuh di Kota Jambi. Hal tersebut, akibat kurang maksimalnya pembangunan sarana dan prasarana, seperti jalan, kesehatan, dan perumahan layak huni.

"Karena itu, untuk tahun ini pemerintah provinsi (Pemprov) Jambi menganggarkan dana pembangunan pemukiman kumuh sekitar Rp 30 miliar," kata Zumi Zola di Kota Jambi, Jumat (13/1/2017).

Menurut Gubernur, pemukiman kumuh di Kota Jambi mencapai luasan 73 hektare (ha). Pemukiman tersebut, lanjut dia, terdapat di Kelurahan Legok, Kecamatan Danausipin sekitar 50 hektare (ha), Kelurahan Tanjungsari dan Tanjungpinang, Kecamatan Jambi Timur (22 ha).

"Untuk tahun 2016, baru sekitar 60 persen areal pemukiman kumuh di ketiga kawasan tersebut yang sudah diperbaiki. Sebagian sarana dan prasarana sudah dibangun dengan dana sekitar Rp 24 miliar. Pembangunan kawasan tersebut, akan dilanjutkan pada tahun ini," tambahnya.

Menurut Zumi Zola, pembangunan infrastruktur dan sarana kesehatan lingkungan di pemukiman kumuh di Kota Jambi akan dipercepat untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, aman dan terintegrasi.

"Pembangunan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan keluarga tidak mampu untuk memiliki rumah layak huni serta pemukiman yang sehat, nyaman dan asri," kata Zumi Zola. (BS)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos