Home » , , , » Gubernur Jambi: Lomba Pacu Perahu, Tradisi Jambi yang Harus Dilestarikan

Gubernur Jambi: Lomba Pacu Perahu, Tradisi Jambi yang Harus Dilestarikan

Written By jambipos-online on Tuesday, January 10, 2017 | 09:05


Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli (tengah) didampingi Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum (kanan) saat wawancara.


Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli menyapa masyarakat saat pelepasan peserta Lomba Pacu Perahu Tradisional HUT Provinsi Jambi Ke - 60 Tahun, Minggu (8/1/2017).

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan bahwa lomba pacu perahu merupakan tradisi Provinsi Jambi yang harus dipertahankan. Hal tersebut disampaikan oleh Zola kepada para wartawan yang mewawancarainya usai Pelepasan Lomba Pacu Perahu dalam rangka Peringatan Ulang Tahun ke-60 Provinsi Jambi, di Sungai Batanghari di kawasan Kelurahan Olak Kemang, Kota Jambi, Minggu (8/1/2017) sore. Pelepasan Lomba Pacu Perahu dilakukan diatas ponton pengangkut batubara.

Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Erwan Malik, dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, H.Cornelis Buston juga turut melepas Lomba Pacu Perahu.

“Lomba Pacu Perahun sudah menjadi tradisi dalam setiap ulang tahun Provinsi Jambi, termasuk Lompa Pacu Perahu Naga. Saya dan Pak Wagub sangat bersyukur, peserta Lomba Pacu Perahu tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya (tahun 2017 jumlah peserta 39, tahun 2016 jumlah peserta 28), artinya animo masyarakat semakin meningkat, dan mudah-mudahan terus meningkat," ujar Zola.

Dikatakan, acara-acara yang kita lakukan dalam peringatan ulang tahun Provinsi Jambi adalah untuk masyarakat, termasuk jalan santai, panjat pinang, masyarakat kita libatkan. Kita menginginkan masyarakat lebih banyak terlibat.

“Saya berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkenan untuk ikut memeriahkan acara ini. Isyaallah, selain ada segi olahraganya, juga ada segi hiburannya. Masyarakat sangat banyak yang menyaksikannya, kanan kiri jembatan Gentala Arasy penuh. Mudah-mudahan ini memberikan sesuatu yang baik kepada masyarakat,” ujar Zola.

Ditambahkan, Lomba Perahu ini sudah menjadi tradisi dan harus dipertahankan. Kalau memang ini bisa kita dorong menjadi lomba perahu di tingkat nasional, kenapa tidak. 

“Ini jumlah pesertanya semakin meningkat, kita sudah mengarah kesana. Kita lihat suatu hari nanti, kalau memang memungkinkan kenapa tidak," jelas Zola.

Selain itu, Zola mengucapkan terimakasih kepada pihak swasta yang banyak berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun ke-60 Provinsi Jambi. 

"Saya terimakasih sekali kepada pihak-pihak swasta, kita ambil contoh, kemarin, malam pesta rakyat, sebagian besar adalah bantuan swasta, dan hiburannya memang untuk masyarakat. Saya apresiasi kepada swasta, mudah-mudahan swasta bisa terus bekerjasama. Kami bisa memberikan kemudahan-kemudahan sesuai dengan kewenangan kami bagi swasta berbisnis di Jambi ini, memajukan usaha-usaha di Jambi, dan juga pihak swasta bisa mendukung program-program kami, khususnya memperhatikan masyarakat Provinsi Jambi," pungkas Zola.

Ketua Panitia Penyelenggara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Arif Munandar menyampaikan, peserta lomba perahun terdiri dari, 9 Perahu Tipe A, 23 Perahu Tipe B, dan 7 Perahu Naga, dengan total Rp 81 juta piala dan uang pembinaan yang diperebutkan. (ADV/Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos