Home » , , » Diknas Provinsi Jambi Prioritaskan Perluasan Akses, Mutu, Relevansi dan Daya Saing

Diknas Provinsi Jambi Prioritaskan Perluasan Akses, Mutu, Relevansi dan Daya Saing

Written By jambipos-online on Wednesday, January 11, 2017 | 12:54


Puluhan siswa siswi SMK Negeri 9 Kabupaten Muarojambi melakukan unjukrasa di Kantor Gubernur Jambi, Senin (9/1/2017) siang.

Jambipos Online, Jambi-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi siap menyukseskan program Jambi bidang pendidikan sejalan dengan visi “Jambi Tuntas 2021” pembangunan Provinsi Jambi dibawah kepemimpinan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi Periode 2016 - 2021 H Zumi Zola Zulkifli-H Fachrori Umar. Sejalan dengan Visi Provinsi Jambi “Terwujudnya Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera 2021 (Jambi Tuntas 2021), tentunya pembangunan pendidikan  merupakan prioritas dalam mewujudkan Visi tersebut. 

Bahkan Rencana Strategi (Renstra) Disdik sendiri telah mengacu pada visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi. Dimana hal tersebut telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) daerah 5 tahun ke depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Dra. Hj. Eni Suhartaty, menyatakan bahwa isu strategis yang menjadi program pihaknya adalah perluasan akses, peningkatan mutu pendidikan, dan relevansi daya saing lulusan yang ada di Provinsi Jambi.

“Fokus kita pada peningkatan pelayanan pendidikan menengah yang memang jadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kita secara maksimal. Baik dari proses belajar maupun peningkatan SDM tenaga gurunya,” ujar Eni kepada wartawan.

Untuk meningkatkan pelayanan pendidikan, maka pihaknya juga akan mempersiapkan sarana prasarana pendidikan, khususnya bagi SMA/SMK. Salah satunya dengan prioritas membangun RKB dalam rangka pemenuhan akses pendidikan.

“Dengan adanya penambahan RKB, maka kita memperbanyak daya saing SMA dan SMK. Sehingga kesenjangan jumlah lulusan SMP dengan SMA/SMK  berkurang. Selain itu, kita juga menganggarkan dana untuk beasiswa mulai jenjang SMA/SMK hingga S3,” bebernya.

Mengenai daya saing lulusan SMK, dikatakan mantan Kepala Museum Siginjai Jambi ini bahwa hal ini sudah ditindaklanjuti dengan dunia usaha. Dimana beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengundang perusahaan di Jambi, yang juga dihadiri langsung Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli.

Sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, maka ada sekitar 44 perusahaan di Jambi yang memberikan informasi kepada pihaknya mengenai kebutuhan tenaga kerja. Sehingga pihaknya akan mempersiapkan lulusan SMK sesuai kebutuhan perusahaan. Terutama kesesuaian jurusan dengan kebutuhan tenaga kerja oleh perusahaan yang ada di Jambi.

“Semua program ini sudah termasuk dalam Renstra Disdik Provinsi Jambi yang mengacu pada Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yaitu Jambi TUNTAS 2021,” katanya. (JP-03/Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos